Postingan Terbaru

Cara Mengajar Anak Berbahasa Inggris Dirumah

Cara Membersihkan Mesin Mobil

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam para blogfer semua. Semoga disyawal tahun ini kita semua selalu diberikan kesehatan dan dimurahkan rejekinya. Amin.


Apakah mesin mobil anda kotor atau berdebu? Dan mungkin karena biaya salon mobil yang lumayan mahal sehingga anda mencari cara untuk melakukannya sendiri?
Ada dua alasan bagus mengapa Anda harus melakukan pembersihan mesin mobil. Pertama, mesin yang bersih lebih enak dipandang dan tentunya mobil terawat dengan baik oleh sang pemilik.
Kedua, mesin bersih membawa keuntungan lebih jika suatu saat anda ingin menjualnya kembali. 
Namun Anda tidak bisa hanya dengan menyemprotkan degreaser kemesin baik area atas maupun bawah. 
Disini penulis akan berbagi dalam hal bagaimana mempersiapkan mesin sebelum melakukan proses pembersihan dengan tujuan untuk melindungi koneksi listrik pada engine mobil. Selain itu juga penulis aka  berbagi kepada Anda beberapa tips untuk membersihkan mesin mobil dengan cara yang aman bagi anda dan lingkungan.

Memilih produk degreasing mesin.
Produk degreasing ada dalam dua jenis.
pelarut dan berbasis air atau sering dikenal dengan istilah water base dan yang Kedua jenis yang bekerja pada mesin yang berminyak atau solvent. 
Keduanya membutuhkan penanganan  secara khusus meskipun sudah tertulis pada label aman bagi lingkungan atau dapat terurai secara hayati. Karena begitu larutan pembersih mulai melarutkan minyak yang ada pada engine atau mesin mobil anda itu sudah dianggap sebagai limbah yang berbahaya.

Penulis lebih suka degreaser jenis solvent sebagai pembersih engine, karena mereka bekerja lebih cepat dan cepat dalam menghilangkan kerak, oli maupun minyak pada mesin mobil daripada kebanyakan produk pembersih engine yang berbasis air. Kelemahannya adalah aroma pelarut mereka yang kuat. Jika Anda sensitif terhadap pelarut, pilih produk berbasis air terkonsentrasi lah sebagai gantinya.

Untuk mendapatkan “daya kerja” yang lebih baik pada permukaan vertikal, pilih busa atau formula gel untuk degreaser engine (seperti GUNK Heavy Duty Gel Degreaser, produk jenis itu biasanya tersedia di toko onderdil mobil mauoun toko online.

Pastikan untuk melindungi semua bagian listrik dimesin mobil anda.
Bungkus kabel dan koil pengapian dan semua konektor listrik dengan bungkus plastik.
Jangan pernah menyemprotkan pembersih mesin (terutama jenis pelarut yang mudah terbakar) pada mesin dalam kondisi panas.

Jika Anda menggunakan produk pembersih engine berbasis air terkonsentrasi, ujilah di tempat yang berminyak terlebih dahulu. Jika itu tidak terlihat baik hasilnya maka tambahkan degreaser engine yang lebih terkonsentrasi cairan tersebut.
Pada dasarnya perawatan mobil dapat membantu memperpanjang umur mobil Anda. Karena pernahkah Anda berpikir berapa biaya untuk mengganti mesin mobil anda? Hehehe.

Selanjutnya tempatkan wadah atau kain di bawah mesin untuk menyerap limpahan dari hasil pembersihan mesin mobil nanti. 
Kemudian oleskan atau semprotkan degreaser dengan hati-hati untuk mencegah penyemprotan yang berlebihan yang dapat terkena area yang tidak diinginkan. Bilas sesekali dengan air dan lepaskan bungkus plastik tadi.
Setelah selesai, kain yang berada dibawah tadinsegera dibuang. Karena jika berada di bawah sinar matahari memungkinkan untuk menguap.

Untuk perlindungan ekstra, semprotkan pelindung mesin (GUNK Engine Shine adalah salah satu merek yang tersedia di toko onderdil mobil maupun toko online. Semprotan akan memberi sedikit kilauan dan sekaligus sebagai pelindung dari minyak dan debu yang mana akan membantu kita dalam membersihkan engine dimasa yang akan datang.

Alat yang Diperlukan untuk Proyek ini
Siapkan alat yang diperlukan untuk membersihkan mesin mobil anda sebelum memulai pekerjaan seperti :
1. Kompresor udara
2. Selang udara
3. Panci tetes atau kain
4. Senter
5. Bantalan untuk lutut
6. Sikat nilon
7. Sikat kawat

Secara manusiawi, jika kita melihat mesin mobil kita dalam keadaan bersih pasti kita memiliki rasa ingin selalu ia nya dalam keadaan bersih selalu dan secara otomatis tanpa sadar kita akan selalu melakukan pengecekan dan pembersihan mesin mobil secara berkala baik seminggu maupun dua minggu sekali.


Salam hormat,
Penulis

0 Response to "Cara Membersihkan Mesin Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel