-->

Asal Usul Lambang Zodiak

 Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat malam teman-teman semua. Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin

ZODIAK. Siapa yang tidak kenal dengan istilah tersebut. Istilah tersebut biasanya lebih berhubungan dengan ramalan dari masing-masing orang yang ada di bumi ini.

Apakah itu hanya sekedar hiburan atau bahkan ada beberapa orang yang sangat mempercayainya. Sebenarnya Zodiak sendiri merupakan bagian dari ilmu astrologi. Namun ilmu yang mempelajari tentang pergerakan benda-benda dilangit ini memiliki perbedaan dengan ilmu Astronomi.

Ilmu astrologi sendiri merupakan ilmu yang menghubungkan tentang pergerakan benda-benda dilangit yang kemudian dihubungkan dengan kehidupanb manusia, sedangkan ilmu astronomi merupakan ilmu sains yang mempelajari tentang kemungkinan-kemungkinan kejadian alam yang akan terjadi di alam semesta.



Zodiak berasal dari bahasa Yunani, disebut dengan Zoodiacos Cyclos. Secara harfiah dapat diartikan sebagai lingkaran hewan. Kemungkinan dikarenakan kebanyakan dari Rasi bintang yang ada adalah rasi hewan atau binatang seperti: kepiting, domba, singa, kalajengking, ikan dan juga ada juga beberapa rasi bintang yanbg dilambangkan dengan manusia, seperti si kembar gemini, dan virgo sang perawan.

Zodiak sendiri terdiri dari 12 macam, yakni: Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius dan Pisces. Perhitungan zodiak dimulai dari Aries, yakni rasi bintang yang berada dalam titik nol derajat atau titik potong vernal equinox.

Setiap zodiak memiliki lambang tertentu. Setiap lambing atau symbol tersebut memiliki makna tersendiri yang berhubungan langsung dengan kepribadian seseorang atau manusia mulai dari sifat, karier, keuangan, percintaan dam lain sebagainya. Nah didasarkan dengan hal tersebut, maka kini sudah beraneka ragam cara-cara dalam hal pembacaan masing-masing zodiak. Namun yang paling populer saat ini adalah dengan metode kartu tarot.


Adapun untuk mengetahui seseorang tersebut memiliki zodiac apa, maka tanggal dan bulan lahir sangat di butuhkan untuk menentukan zodiac tersebut.

Aquarius (20 Januari-18 Februari)

Aquarius yang memiliki lambang air yang lebih tepatnya digambarkan sebagai seorang pria yang sedang menuang air. Pria yang ada di lambang Aquarius ini adalah Ganimedes yang memiliki wajah tampan dan juga baik serta sopan. Konon Ganimedes yang merupakan anak raja Troya ini diculik oleh Zeus dan kemudian menjadikannya sebagai salah satu pembawa air minum bagi sang dewa Zeus.

Kebaikan dan juga kesetiaan dari Ganimedes inilah yang membuat akhirnya lambang ini digunakan sebagai salah satu zodiak dan bisa mempresentasikan sifat seorang Aquarius yang memiliki daya tarik tinggi. Lambang yang digunakan dalam cincin zodiac ini, adalah air.


Pisces (19 Februari-20 Maret)

Pisces dilambangkan dengan dua ekor ikan. Kedua ekor ikan ini telah berjasa membawa dewi Venus (dewi kecantikan) dan dewa Mars (dewa perang) ke sungai Eufrat, waktu mereka di kejar oleh Typhon.

Kedua ikan itu tidak berenang ke satu arah, tapi justru berlawanan arah. Satu melawan arus, satunya lagi mengikuti arus. Cerita ikan yang berlawanan arah itu berkaitan dengan Aphrodite si Dewi Cinta. Seperti asal usul kisahnya, cincin yang dikeluarkan dalam model zodiac, juga memiliki desain dua ekor ikan.


Aries (21 Maret-19 April)

Si domba berbulu emas. Berasal dari domba berbulu emas yang dikirim oleh Nephele untuk menyelamatkan putra-putrinya Phrixus dan Helle yang hendak dihukum mati oleh ayahnya, King Athamas, atas hasutan ibu tiri mereka, Ino. Domba tersebut membawa Phrixus & Helle terbang meninggalkan Boeotia menuju ke Colchis di Caucasus.

Tetapi dalam perjalanan, Helle jatuh ke laut dan tenggelam ke laut yang saat itu dinamai Hellespont. Sesampainya di Colchis, Phrixus diterima oleh King Aetes yang menikahkannya dengan putri sulungnya. Sebagai tanda terima kasih kepada para dewa-dewi yang telah melindunginya selama perjalanan, Phrixus mengorbankan domba tersebut dan memberikan bulu emasnya kepada mertuanya.


Taurus (20 April-20 Mei)

Dilambangkan dengan sapi jantan. Berasal dari kata Taureau yang artinya sapi jantan. Sapi ini adalah jelmaan dari dewa Zeus (Yupiter). Konon, dewa Zeus menyukai para gadis cantik. Ia juga terkenal sebagai dewa yang paling banyak istri. Maka, ketika ia melihat kecantikan putri Eropa yang cantiknya tiada tara, saking cintanya ia mengubah dirinya menjadi sapi jantan agar dapat menculik putri Eropa. Desain cantik dari Zodiac juga melambangkan kepala sapi jantan. Lambang ini akan mempercantik jari Anda ketika memakainya.


Gemini (21 Mei-20 Juni)

Gemini dilambangkan dengan sepasang dua anak kembar. Mereka adalah putra dari dewa Zeus. Kedua anak kembar ini bernama Castor dan Polux. Lambang Zodiak tersebut memiliki banyak arti. Menurut Astrologi Mesir, Gemini dilambangkan dengan sepasang ayam jago kembar. Kekembaran ini, menurut mitologi Yunani, dihubungkan dengan si kembar Romulus dan Remus, pendiri kota Roma.


Cancer (21 Juni-22 Juli)

Dilambangkan oleh kepiting. Merupakan jelmaan ular bernama Hydra. Ular ini di kirim olehYuno untuk melawan Hercules (pemuda yang dikenal kuat dan gagah berani).

Ular yang di kirim oleh Yuno ini ternyata sangat beracun dan mempunyai banyak kepala. Apabila kepalanya ditebas oleh Hercules maka akan tumbuh lagi. Hercules dengan cerdiknya membakar leher ular itu.


Leo (23 Juli-22 Agustus)

Dilambangkan oleh singa. Jelmaan dari Nemean Lion yang dibunuh Hercules. Juno dalam kebenciannya terhadap Hercules membuatnya gila sehingga membunuh ketiga putranya dari Princess Megara of Thebes.

Untuk menebus kesalahannya, Hercules harus mengabdi kepada King Eurystheus of Mycaena serta menunaikan dua belas tugas berat. Tugas pertama yang harus ditunaikan adalah membunuh Nemean Lion yang telah membuat penduduk Nemea selama bertahun-tahun hidup tercekam ketakutan.


Virgo (23 Agustus-22 September)

Lambangnya adalah seorang putri yang sangat cantik. Putri ini adalah jelmaan putri Astrea yang hidup di zaman emas. Pada waktu itu ia turun dari langit ke bumi. Tetapi ia tak tinggal di bumi, karena tidak tahan melihat penderitaan dan kejahatan yang dilakukan manusia di bumi.

Maka ia kembali ke langit dan menjelma menjadi bintang. Orang Yunani membagi zaman ini menjadi 4, yaitu zaman emas, perak, perunggu dan besi.


Libra (23 September-22 Oktober)

Virgo adalah jelmaan dari Justicia sendiri dan bukan Astrea, karena dalam urutan berikutnya adalah rasi bintang Libra yang merupakan penjelmaan timbangan yang dibawa oleh Justicia sebagai dewi keadilan. Dilambangkan dengan neraca atau timbangan yang merupakan simbol dari keadilan. Putri yang menguasai keadilan adalah putri Justicia. Asal-usulnya tidak diketahui secara pasti.


Scorpio (23 Oktober-21 November)

Zodiak dengan lambangnya kalajengking ini mempunyai asal-usul yang sangat menarik. Konon telah terjadi cinta segi 4 antara Orion (pemuda yang tampan), Diana (dewi bulan), Venus (dewi kecantikan) dan Aurora (dewi fajar). Karena ketampanan Orion, ia dicintai 3 cewek cantik nan menawan sekaligus. Akibat cemburu kepada kedua saingannya, Diana mengirim kalajengking kepada Orion.

Kalajengking itu menggigitnya hingga mati. Diana menyesal atas perbuatannya. Dan memohon kepada dewa Zeus agar Orion dijadikan bintang. Karena ia tidak bersalah, maka dewa Zeus mengangkatnya menjadi bintang dalam gugusan bintang scorpio. 


Sagitarius (22 November-21 Desember)

Zodiak yang dilambangkan dengan seorang manusia dengan kaki kuda yang sedang memanah. Konon menurut kepercayaan bangsa Yunani mahluk seperti itu ada yang baik dan juga ada yang jahat. Sisi baiknya biasanya dia selalu membantu orang lain yang sedang dalam kesusahan atau butuh bantuan. Sedangkan yang jeleknya adalah dia suka mencuri gadis-gadis yang akan menikah dari calon suaminya.


Capricorn (22 Desember-19 Januari)

Zodiak terakhir yang memiliki lambang berupa seekor kambingan dengan tanduk yang besar tersebut adalah Capricorn. Zodiak ini sebenarnya memiliki nama asli Theus yang merupakan penjaga saat Zeus masih bayi. Zeus dijaga karena ketakutan sang ibu oleh suaminya (ayah Zeus) Kronos yang akan memakan anaknya Sehingga ia menyembunyikan sang bayi (Zeus) didalam Goa yang di rawat oleh seekor kambing yang pada akhirnya Zeus menjadikannya salah satu Zodiak dengan nama Capricorn yang melambangkan penyayang. Tak salah bahwa siapa saja yang memiliki Zodiak Capricorn biasanya memiliki sifat penyayang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Asal Usul Lambang Zodiak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel