Postingan Terbaru

Cara Mengatasi Kutu Air Di Kaki

4 Wabah Penyakit di Dunia

Assalamualaikum Wr. Wb..

Selamat siang para blogger's semua. semoga selalu dalam lindungan Allah SWT.
Nah hari ini penulis ingin berbagi pengetahuan tentang beberapa wabah yang pernah terjadi di dunia dari dahulu sampai sekarang yaitu Covid 19 atau lebih dikenal dengan Corona.


Ilustrasi
Adapun beberapa wabah yang pernah ada tersebut antara lain :
  • Wabah Besar Marseille. Wabah ini merupakan salah satu wabah bubonik terakhir yang signifikan yang pernah terjadi di Eropa. Wabah ini terjadi di Marseille, Prancis ditahun 1720 dan telah membunuh hampir 100.000 orang. Namun wabah ini kota Marseille dapat cepat pulih dari wabah tersebut. Dampak dari wabah ini perekonomian Prancis membutuhkan waktu dalam beberapa tahun untuk dapat pulih dan dan prancis juga memanfaatkan jalur pedagangan yang sedang berkembang pesat menuju Hindia barat dan Amerika latin pada saat itu. Jumlah populasi negara prancis bisa pulih kembali ditahun 1765 seperti ditahun 1720 sesaat sebelum wabah Merseille datang. Wabah Marseille melanda terjadi pada tanggal 25 Mei 1720-1722. 
  • Pandemi Kolera Pertama (1817-1824). Wabah ini juga dikenal dengan nama Pandemi Kolera Asiatik atau Kolera Asia. Pandemi kolera diawali dinegara Hindia, tepatnya didekat Calcutta yang menyebar kebeberapa belahan dunia seperti  Asia tengara, Timur tengah, Afrika timur dan Pantai Mediterania. Namun sebelumnya juga Wabah Kolera sudah pernah menyebar ke Hindia. Namun wabah Pendemi kolera ini semakin parah dan menyebar hingga ke Cina dan Laut mediterania sebelum surut. Ratusan ribu orang meninggal akibat wabah ini termasuk para tentara Inggris dan saat itu menjadi perhatian utama Negara Negara di Eropa.Pandemi Kolera ini adalah yang pertama kalinya menyebar hingga  ke asia dan eropa pada abad 19 dan abad 20 dan belum pernah terjadi dampak seperti ini sebelumnya hingga mempengaruhi hampir setiap negara negara di kawasan Asia.
  • Pandemi Influenza. Wabah ini dikenal juga dengan sebutan Flu Spanyol dan merupakan wabah yang paling mematikan dengan jumlah orang yang terinfeksi sekitar 500 Juta orang diseluruh dunia atau sekitar 27% dari populasi umat manusia diseluruh dunia yaitu antara 1.8 hingga 1.9 milliar orang. Jumlah korban dari wabah ini diperkirakan hingga 17 Juta, namun bertambah ke 50 Juta hingga 100 Juta. Oleh karena itu Pandemi influenza ini merupakan Pandemi yang paling mematikan dalam sejarah peradaban umat manusia. Namun secara historis dan data epidemiologis, tidak dapat mengidentifikasi secara pasti asal Pandemi ini. Pandemi influenza ini sendiri yang pertama melibatkan virus H1N1 sedangkan yang kedua adalah Flu Babi yang terjadi pada tahun 2009. Periode terjadinya wabah ini pada Januari 1918-December 1920.
  • Covid 19 atau lebih dikenal dengan Virus Corona. Terjadi pada tahun 2019-2020 yang merupakan salah satu sebagai wabah international karena hampir sebagian besar negara didunia mengalami kasus tersebut. Penyakit ini merupakan jenis penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernafasan akut akut coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Wabah ini pertama kalinya ditemukan di Provinsi Wuhan, Hubei China pada December 2019 dan sudah diakui sebagai Pandemi (wabah penyakit global) oleh WHO pada tanggal 11 maret 2020. Pada tanggal 18 maret 2020, lebih dari 220.000 kasus Covid 19 telah dilaporkan oleh lebih dari 150 Negara. Dalam kasus ini hingga Maret 2020 menghasilkan lebih dari 8.900 angka kematian dan 85.000 angka pemulihan. Adapun negara negara yang paling banyak terkena dampak Covid 19 ini antara lain Cina daratan, Italy, Eropa, Iran, Korea Selatan, Amerika Serikat, Malaysia, Singapura, Indonesia dan masih banyak lagi.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin



Salam hormat,
Penulis

0 Response to "4 Wabah Penyakit di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel