Penyebab Vibrasi Pada Pompa

Assalamualaikum Wr. Wb.

Semoga para blogger’s semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin.
Vibrasi atau getaran adalah efek yang ditimbulakan dari adanya parts yang berputar seperti kipas, rotor dll. Pada dasarnya vibrasi akan selalu ada pada suatu benda yang sedang beroperasi, namun nilai besarannya yang di tentukan oleh standard. Jika melebihi standard yang ada, maka bisa dikatakan peralatan atau pompa tersebut mengalami masalah dan akan membuat masalah terhadap part parts lainnya jika tidak cepat diturunkan nilai vibrasinya.
Sourch: mobiusinstitute.com

Alat untuk mengukur vibrasi sendiri biasa disebut dengan vibration meter atau vibrometer. Melalui alat tersebut maka kita akan mengetahui nilai suatu vibrasi atau getaran. Apakah masuk didalam standard atau keluar dari standard yang diijinkan. Adapun penyebab secara umum vibrasi pada suatu pompa antara lain :



1.    Unballance
Unballance atau tidak seimbang adalah fenomena dimana terjadinya pergeseran titik pusat putarnya. Sehingga pada saat rotor assy berputar maka akan menimbulkan getaran yang tinggi. Besar nya amplitudo sebuah getaran berdanding lurus dengan besarnya putaran. Adapun parts yang mempengaruhi vibrasi pada pompa tersebut adalah impeller. Sedangkan untuk lebih memperkecil nilai vibrasinya bisa dilakukan proses unballance terhadap impeller assy dengan metodey dynamic ballance.
Ketidakseimbangan secara umum juga disebabkan oleh kerusakan mekanis, kesalahan manufacture, keausan dalam pemakaian, ballance hole yang terhalang, proses pemompaan yang mengandung bahan padat.
2.    Misalignment
Vibrasi yang disebabkan oleh proses penyambungan poros yang tidak simetris. Semakin besar nilai peyimpangan dari suatu proses allignment pompa, maka akan memperbesar nilai vibrasi dari pompa itu sendiri. Pada dasarnya nilai misalignment pada suatu pompa sudah distandardkan yaitu 0.050 mm tiap sisi atau TIR nya adalah 0.100mm.
Kegagalan proses allignment juga akan berpengaruh pada kerusakan motor bearing, pump bearing, kerusakan seal dll


Ilustrasi misalignment

Untuk menghindari beberapa penyebab dari timbulnya vibrasi lakukan proses ballancing dan allignment coupling dengan benar.




Salam hormat,

Penulis

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Vibrasi Pada Pompa"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel