Perbedaan Linux dengan Windows

Assalamualaiku Wr. Wb.

Selamat siang para blogger semua....semoga selalu diberi kesehatan. Amin


OS atau lebih dikenal dengan sebutan operating system merupakan bagian yang penting dari sebuah komputer. Tanpa adanya operating system dari sebuah perangkat maka perangkat tersebut tidak akan bisa digunakan. Operating system juga bisa dikatakan sebagai jembatan antara pengguna komputer terhadap piranti dari komputer itu sendiri sehingga pengguna bisa menempatkan beberapa aplikasi ke dalam OS itu sendiri sesuai kebutuhan.
Ada 2 jenis Operating System yang selalu digunakan oleh pengguna komputer saat ini. System operasi itu adalah Windows dan Linux. Baik windows maupun linux masing masing memiliki versi dan jenis varian sendiri.

Nah, untuk memilih OS mana yang lebih cocok untuk kita gunakan, disini kita akan membahas perbedaan antara kedua jenis OS tersebut. Diharapkan dengan content blog ini, para suhu suhu blogger’s semuanya bisa menentukan yang baik dan cocok digunakan.
Secara garis besar jika si pengguna basicnya adalah menyukai permainan atau gamers, maka OS yang paling cocok digunakan adalah jenis Windows. Namun jika si pengguna ingin menjadikan perangkatnya sebuah server data, maka OS yang lebih cocok digunakan adalah model Linux.
Berikut adalah prbedaan antara OS Windows dan Linux yang ada.


1.      Keamanan
Dikarenakan banyak nya pengguna dari OS windows sendiri, maka windows lebih rentan terhadap virus dikarenakan banyak yang mengembangkan virus untuk OS yang satu ini. Sedangkan untuk Linux sendiri, dikarenakan OS nya tidak sepopuler windows dan jarang digunakan, maka sangat jarang para pengguna mengembangkan virus untuk berjalan pada program OS ini.

2.      Harga
Pada umumnya windows merupakan OS yang sangat terkenal dan digunakan oleh banyak orang. Kita bisa menemukan OS Windows banyak yang tersebar di internet beserta crack an nya. Fenomena yang ada menunjukkan bahwa pada dasarnya windows merupakan OS yang berbayar.
Sementara Linux sendiri adalah sebuah OS yang berbasis open sourch yang free atau gratis. Sejak pertama kali kamu menggunakan Linux, kami tidak akan membayar apapun juga.

3.      Penampilan
Dari segi penampilan windows lebih terlihat elegan dibandingkan linux. Tampilan yang diberikan oleh windows lebih ramah dan memanjakan mata pengguna OS tersebut. Sedangkan linux sendiri memiliki tampilan yang lebih tertinggal jauh dibandingkan windows. Namun saat ini kedua OS tersebut sudah mulai bersaing dalam memberikan tampilan yang lebih ramah dan memanjakan mata para pengguna OS.
Bisa dibilang, semakin populer suatu OS, maka pengguna akan semakin familiar menggunakan OS tersebut dan dapat membuat program lain seperti virus untuk berjalan pada OS itu juga.

4.      Software Pendukung
Dikarenakan pengguna OS windows yang lebih banyak, maka banyak sekali developer software mengembangkan applikasi yang bisa dijalankan oleh OS Windows. Mereka berlomba lomba dalam mengembangkan jenis aplikasi baru yang bisa digunakan oleh pengguna windows. Sebagai contoh software gambar yang diciptakan oleh para developer agar bisa dijalankan di OS Windows ada lebih dari 1 applikasi. Sedangkan linux sendiri, dikarenakan jarang digunakan maka jenis OS yang satu ini sangat sedikit aplikasi pendukung nya seperti game dan lain lain. Namun tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti Linux akan membuat beberapa aplikasi pada menu open sources yang menyaingin windows.

5.      Aplikasi
OS windows lebih sering digunakan oleh pekerja kantoran, mahasiswa dan pelajar. Apakah untuk urusan desain grafis, game, mengetik, editing dalan lain sebagainya.
Sedangkan karna tingkat keamanan yang dimilikinya (baca item no 1) hehehheee.. maka OS Linux lebih sering digunakan pada domain domain yang membutuhkan kemanan tinggi seperti server komputer, administrasi LAN kantor, layanan web proxy, SSH dll.

6.      Pengembangan
Windows merupakan produk dari salah satu perusahaan raksasa dunia yaitu Microsoft. Oleh karena itu dalam hal developement produk hanya bisa dikembangkan oleh Microsoft sendiri. Berbeda dengan Linux, dikarenakan system OS nya yang open sources, maka setiap orang atau pengguna bisa dengan mudah mengembangkan produk ini dengan terlebih dahulu mendownload sourch code nya. System operasi yang dikembangkan oleh banyak orang pada OS Linux ini dikenal dengan istilah Distro Linux.

7.      Dukungan Hardware
Pada OS Windows sendiri untuk dukungan piranti keras (hardware) jauh lebih unggul dikarenakan sangat mudah ditemui untuk hardware maupun software (driver) dari perangkat keras itu. Sehingga bisa digunakan oleh para pengguna OS Windows sendiri. Sedangkan untuk linux sendiri sangat sulit didapatkan driver dari hardware yang terpasang pada CPU kita.

8.      Hak Kekayaan Intelektual
Windows adalah jenis OS yang berbayar jika mau di gunakan oleh pengguna komputer. Sedangkan Linux adalah piranti lunak yang memiliki lisensi gratis, sehingga bisa dengan bebas digunakan oleh siapa saja.

9.      System Partisi
Seperti yang kita ketahui bahwa partisi pada windows meliputi NTFS, exFAT, FAT32, FAT dan lain sebagainya. Sedangkan pada Linux jenis partisi nya adalah ext2, ext3, reiserfs, xfs, jfs, FAT32, NTFS, dan lain sebagainya. Kelebihan pada OS Linux disini adalah, Linux masih memiliki kemungkinan membaca partisi yang dibuat dan digunakan untuk window, tergantung dari item no.6 diatas yaitu tergantung si pengguna dalam mengembangkan piranti lunak dari Linux itu sendiri.

Adapun perbedaan lainnya antara OS Windows dan Linux adalah :
  1. Linux lebih kebal terhadap spyware bila dibandingkan dengan Windows
  2. Linux lebih hemat resources dibandingkan dengan windows yang mewajibkan menginstal banyak aplikasi tambahan
  3. Linux memiliki banyak varian yang dibuat oleh bnayak pihak. Sedangkan window meskipun terdiri dari banyak versi, namun semua versi hanya dikeluarkan oleh Windows sendiri
  4. Linux bisa didapat dari banyak pihak, sedangkan windows secara resmi berada dibawah naungan Microsoft.
  5. Untuk orang kantoran, OS windows lebih disarankan. Sedangkan untuk penguna perangkat sebagai komputrisasi notworking maupun akan dijadikan sebagai server, maka OS linux lebih disarankan.
  
Itulah beberapa perbedaan dari kedua OS Windows dan Linux. Semoga para blogger’s semua sudah bisa memilih jenis OS apa yang lebih cocok digunakan pada perangkat blogger’s semua.



Salam hormat,
Penulis

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Linux dengan Windows"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel