Cara Menabung Dari Gaji Bulanan Yang Benar

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat sore teman-teman semua. Semoga kita selalu diberikan rahmat dan limpahan rejeki oleh Allah SWT. Amin

Pernahkan anda berada pada posisi yang memiliki banyak uang atau memiliki tabungan yang memadai? Atau sebaliknya???

Nah pada postingan kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana cara menabung yang benar khususnya bagi teman-teman yang memiliki penghasilan bulanan dari gaji agar dapat memiliki tabungan yang terus-menerus bertambah seiring bertambahnya waktu.



Adapun 9 tips yang bisa anda jalani demi menghemat uang gaji anda adalah:

1. Anggaran sebelum gajian

Maksud disini adalah dengan nominal tertentu take home pay yang anda dapatkan nanti, maka sebaiknya anda harus menganggarkan pengeluaran bulanan dengan cara membuat catatan apa saja yang anda butuhkan dalam 1 bulan. Sesaat akhir bulan tiba dan gaji anda sudah di transfet, maka lakukan penggunaan gaji anda tersebut sesuai dengan anggaran yang sudah tercatat di buku anda sebelumnya.


2. Lakukan proses Autodebet atau setoran langsung

Maksudnya adalah, jika gaji anda di transfer via bank maka coba lakukan proses auto debet gaji anda tersebut pada tanggal tertentu (sebaiknya sesuaikan dengan tanggal gaji anda ditambah 1 hari) ke rekening yang sudah ditentukan. Apakah itu kerekening tabungan atau ke seseorang yang harus secara rutin anda transfer ditiap bulannya.


3. Lakukan review ulang terhadap pengeluaran

Sebaiknya anda harus melakukan review terhadap pengeluaran bulanan anda, mungkin dalam 3 bulan terakhir. Biasanya anda merasa pengeluaran di satu hal tersebut hanya 1 atau 2 kali dalam 1 bulan. Namun pada kenyataannya anda melakukan hal tersebut 4-6 kali dalam 1 bulan dan secara teori keluar dari anggaran yang sudah anda tetapkan sebelumnya.

Jika memang memungkinkan, lakukan pemotongan kembali terhadap anggaran yang dikira tidak perlu dan di alokasikan ke rekening tabungan.


4. Kurangi nilai pengeluaran pada 3 hal

3 hal yang mungkin bisa anda lakukan dalam menekan nilai pengeluaran bulanan anda adalah transportasi, makanan dan perumahan.

Jika anda merupakan pengguna mode transportasi selama bekerja, jika memungkinkan lakukan pembelian ticket secara bulanan. Kemungkinan untuk mendapatkan discont dari ticket tersebut adalah besar.

Selanjutnya pada bidang makanan mungkin anda bisa mengurangi waktu makan keluar dalam 1 bulan. Contohnya jika dalam 1 bulan anda memiliki 3 atau 4 kali acara makan keluar, maka anda bisa lakukan dengan mengurangi nya menjadi 1 atau 2 kali saja dalam 1 bulan.

Sedangkan dalam bidang perumahan yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan penghematan dalam penggunaan air, listrik dll sehingga pada akhirnya akan berdampak pada tagihan bulanan yang anda dapatkan.


5. Penghematan dalam bidang komunikasi

Komunikasi disini maksudnya bukan berbicara dengan orang, namun spesifiknya adalah berbicara dengan orang menggunakan telephone. Mungkin anda bisa mereview ulang dalam beberapa bulan terakhir. Jenis komunikasi apa saja yang anda lakukan yang memakan kuota maupun pulsa di HP anda.

Jika memungkinkan, maka lakukan penghematan dibidang ini dengan menurunkan volume penggunaan pulsa maupun kuota dari HP anda.


6. Buat akses tabungan yang sulit

Jika anda memiliki rekening tabungan sendiri, maka anda bisa melakukan hal yang tersebut diatas dengan hanya memiliki buku tabungan saja. Itu berarti anda tidak memiliki ATM, Mobile Banking atau akses lainnya untuk mengambil uang tersebut dengan cepat. Ini berarti anda hanya memiliki 1 cara untuk mengambil uang tersebut dengan cara langsung mendatangi Bank dihari kerja agar bisa mencairkan uang tersebut.

Namun sisi negatifnya adalah akan sangat sulit jika kita membutuhkan uang secara mendesak di waktu itu juga. Namun hal tersebut bisa di coba.


7. Uninstall program belanja online

Jika belanja online menjadi masalah bagi anda, sebaiknya lakukan uninstall terhadap aplikasi-aplikasi yang menawarkan belanja secara online….Hehehehheee…..


8. Investasi

Jika memang anda memiliki link investasi yang benar dan terawasi, maka hal tersebut bisa anda coba demi tujuan akhir anda bisa tercapai. Namun jangan salah salam memilih provider penyedia investasi tersebut. Bisa -bisa bukan investasi yang anda lakukan, namun judi.


9. Mind set

Atur mindset anda agar tujuan yang ingin anda capai dapat terlaksana. Ini sebenarnya adalah hal utama yang ada didalam diri anda. Pada dasarnya uang itu adalah benda mati, dia digerakkan oleh orang dan orang tersebut adalah anda. Jika memang anda berfokus pada tujuan utama untuk menyisihkan Sebagian uang gaji anda ke dalam tabungan, maka sebaiknya hari dan pikiran anda harus benar-benar ditanamkan hal tersebut sehingga tujuan anda pada akhirnya bisa tercapai.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menabung Dari Gaji Bulanan Yang Benar"

Iklan atas artikel

Middle side 1

Middle side 2

Iklan bawah artikel