Postingan Terbaru

Orang Paling Kuat Di Dunia, Tahun 2020

Ciri Khas Budaya Melayu


Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam para sahabat blogger semua. Maaf suydah beberapa hari ini saya sedikit sibuk sehingga belum bisa memuat tulisan tulisan lagi. Nah sebelumnya saya berharap semoga kita selalu diberikan kesehatan dan dimudah kan galam segala hal oleh Nya. Amin
Suku Melayu. Dengan slogan bhenika tunggal ika dari negara kita, maka sudah pasti negara kita terdiri dari berbagai macam suku, ras, adat istiadat, agama, bahasa dan lain sebagainya.


Dengan keanekaragaman dalam berbagai hal yang ada di Indonesia, menjadikan bangsa kita memiliki kebiasaan yang berbeda pula. Dengan perbedaan tersebut dan ditambah dengan semangat bhenika tunggal ika menjadikan bangsa kita bangsa yang kuat dan mampu bersatu hingga saat ini. Di indonesia sendiri tercatat ada sekitar 1340 suku (data badan pusat statistik tahun 2010) yang tersebar diseluruh penjuru nusantara. Dengan perbedaabn kebudayaan dari masing masing suku yang ada menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan manca negara untuk berkunjung ke Indonesia.
Salah satu suku dari 1340 suku yang ada tersebut adalah suku Melayu. Suku melayu merupakan salah satu suku yang tidak hanya dimiliki di Indonesia, namun juga dimiliki di Malaysia, Singapore, thailand dan Brunai Darusalam. Kutipan dari wikipedia, Suku melayu berasal dari orang orang Austronesia yang terlebih dahulu menghuni Semenanjung Malaya, Sumatra bagian timur, Tahiland bagian selatan, pantai selatan Burma, Singapore, Kalimantan dan brunai.

Panggilan didalam Budaya Melayu
Panggilan yang biasanya di gunakan untuk suku melayu dalam keluarga berbeda beda. Seperti untuk anak pertama biasanya dipanggil dengan istilah Pak Long atau Pak Sulong artinya anak tertua. Sedangkan untuk saudara yang ditengah biasa dipanggil dengan Pak Ngah atau Pak Tengah. Sedangkan untuk Saudara yang paling bungsu biasanya dipanggil dengan sebutan Pak Cik atau Bapak Kecik yang artinya bapak yang paling kecil dari silsilah keluarga.
Bahasa Melayu
Pada dasarnya bahasa yang paling mudah di pahami adalah bahasa melayu. Karena pada dasarnya sama seperti bahasa Indonesia. Yang membedakannya hanya huruf A diganti ke huruf E. seperti Saya di bahasa indonesia menjadi Saye di bahasa melayu.

Adat Istiadat
Sudah menjadi rahasia umum, pada dasarnya suku melayu dikenal sebagai orang yang memiliki sopan santun serta ramah pada semua orang. Budaya tersebut sudah berakar sejak zaman dahulu. Adat istiadat yang ada pada suku melayu terbagi menajdi 3 bagian, antara lain adalah Adat Sebenarnya (adat yang tidak bisa diubah karena perintah agama), adat yang diadatkan (adat yang dibuat oleh penguasa), serta adat teradat yaitu Adat yang merupakan konsensus yang ditentukan bersama dengan sebagai pedoman di dalam tiap-tiap lini kehidupan bermasyarakat.

Kepercayaan
Sejak abad ke 13M, suku melayu dikenal dengna suku yang sudah menganut agama Islam. Dengna datangnya agama islam di kehidupan suku melayu membawa perubahan yang signifikan terhadap adat istiadat, kesenian, bahasa, sastra, kepercayaan, politik dan lain sebagainya. Dimana pada dasarnya menjadikan masyarakat melayu menjadi masyarakat yang lebih baik. Disamping itu juga sistem pendidikan dan pemerintahan juga ikut mengalami perubahan dan telah menyesuaikan dengan kebiasaan dan proses pembelajaran di Islam sendiri yang lebih rasional dan intelektual serta berpatokan pada kitab suci (Al-Quran) dan Al-hadist.

Kesenian
Dalam hal kesenian melayu juga memiliki banyak ragam jenis kesenian dan sastra yang dimiliki. Seperti Baju Kurung, Gurindam 12 (Karya Raja Haji Fisabillilah), Silat dan lain sebagainya. Untuk kesenian musik sendiri suku melayu memiliki lirik dengan kandungan syair dan memiliki pesan-pesan tertentu dan biasanya di hadirkan bersamaan dengan Joget khas melayu yang dipadukan dengna pakaian traditional dari suku melayu sendiri.

0 Response to "Ciri Khas Budaya Melayu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel