Apa Itu Water Hammer dan Bagaimana Cara Pencegahannya Pada Pompa

 Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat malam teman-teman semua. Semoga kita selalu diberikan Kesehatan dan dipermudah dalam segala hal. Amin

Pernahkah anda mengalami kejadian dimana pada saat anda melakukan proses shutoff suatu unit pompa dan dalam beberapa detik kedepan disertai dengan suara dentuman keras yang mungkin juga kada berakibat dengan adanya getaran dalam suatu piping system atau yang lebih parahnya unit pompa yang anda miliki menjadi rusak?

 

Water Hammer

Nah jika memang itu pernah anda alami, itulah namanya Water Hammer. Pada dasarnya water hammer bisa terjadi karena adanya aliran dalam pipa yang dihentikan secara mendadak, bisa dikatakan juga karena pemutusan daya secara mendadak alias shutoff. Saat itu terjadi maka tekanan air pada sisi bagian atas akan meningkat secara signifikan dan berdampak pada terjadinya gelombang tekanan yang kemudian merambat dengan kecepatan tertentu, lalu dipantulkan kembali ke tempat asal. Gejala ini menimbulkan kenaikan tekanan yang sangat tajam sehingga menyerupai suatu pukulan balik dan biasa dinamakan dengan water hammer.

Mungkin saya bisa sederhanakan seperti ini, jika anda memiliki unit pompa yang sedang bekerja di duty point tertentu, maka tiba-tiba anda ingin mematikan pompa tersebut dengan menekan tombol off pada panel pompa. Saat proses penekanan tombol panel off pompa tersebut dilakukan, maka aliran air dari discharge pompa menuju suatu area akan terhenti seketika, lalu akan terjadi adanya aliran balik kearah discharge pompa tersebut dengan tekanan tertentu. Nah hal tersebutlah yang akan mengakibatkan water hammer.

 

source : https://www.thefabricator.com/stampingjournal/article/stamping/mitigting-the-water-hammer-effect-in-hydraulic-presses

Kerusakan

Water hammer sendiri dapat berakibat kerusakan pada unit pompa yang anda miliki. Mulai dari piping system, casing, impeller, mechanical seal, bearing mungkin dan lain sebagainya.

Jadi pada dasarnya water hammer sangat di hindari dalam membuat sebuah system piping. System piping yang baik akan memperhatikan banyaknya elbow yang digunakan serta menghindari terjadinya water hammer terhadap pompa yang ada.

Selain itu juga water hammer biasa terjadi pada:

  • Pada wilayah valve
  • Pada wilayah tekanan air yang tinggi didalam system piping
  • Pada wilayah piping yang memiliki kecepatan aliran yang tinggi
  • Pada wilayah system piping yang memiliki banyak jalur keatas maupun kebawah dalam suatu system piping yang lurus, serta
  • Pada wilayah pipoing yang memiliki temperature fluida yang tinggi

 

Pencegahan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya water hammer pada suatu system piping. Seperti pemberian katup pelepasan udara, pemasangan valve, pembuatan system perpipaan yang baik dan lain sebagainya. Salah satu yang bisa dilakukan antara lain adalah dengan menginstall sebuah alat untuk mencegah terjadinya water hammer pada pompa. Dalam hal ini water hammer tetap terjadi, namun akan di cegah oleh alat yang diinstall tersebut pada system piping yang ada.

Alat yang dimaksud adalah check valve.

Check valve yang diinstall harus diperhatikan dalam pemilihannya. Seperti tekanan dan standard yang digunakan.

 

Pengalaman

Sebenarnya saya pernah mengalami kejadian dimana sebuah system pipa mengalami yang namanya water hammer. Saat itu sedang proses commissioning dan pada saat semua proses sudah selesai, maka pompa dengan segera dilakukan shutoff dari panel pompa yang ada diatas.

Secara tiba-tiba dentuman yang keras terdengar dari arah pipa discharge yang ada di sebelah kanan. Ternyata setelah dilihat dentuman tadi ditahan oleh check valve yang sudah terinstall di area sisi piping discharge dengan posisi vertical.

Secara system memang sudah benar dengan melakukan penginstalan actuator check valve, namun menurut saya dentuman yang terjadi masih terlalu tinggi dan sebaiknya harus di turunkan lagi. Karena pada dasarnya jika satu or dua kali terjadi seperti itu masih bisa ditahan oleh actuator check valve yang terinstall tersebut. Namun bagaimana jika volume terjadinya sering. Pasti dapat mempengaruhi umur dari actuator check valve yang di install tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Water Hammer dan Bagaimana Cara Pencegahannya Pada Pompa"

Iklan atas artikel

Middle side 1

Middle side 2

Iklan bawah artikel