Pompa Sentrifugal End Suction Type

Assalamualaikum Wr.. Wb...



Halo selamat sore para blogger's dunia....
Semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat...Amin.



Sesuai dengan judul diatas, hari ini penulis ingin berbagi pengalaman tentang pompa sentrifugal, tepatnya type end suction.
Pada kesempatan kali ini kita akan mebahas tentang nama nama spare parts dari pompa end suction untuk model Mechanical Seal dan Gland Packing.



Seperti yang kita ketahui, kenapa disebut dengan pompa sentrifugal ????
Sentrifugal sendiri adalah suatu gaya yang bekerja menjauhi titik pusat. ini berarti ada gaya sentrifugal yang dilakukan oleh salah satu dari spare parts pompa tersebut.
Parts yang membuat gaya sentrifugal itu adalah impeller. impeller memiliki bentuk blade yang melengkung dan pada saat impeller berputar maka fluida yang masuk dari arah suction akan dilemparkan (posisi blade seperti menampar fluida) ke bagian discharge atau keluaran.



Sedangkan end suction sendiri lebih ke konstruksi dari arah isap dan buang pompa itu atau bisa dibilang pompa end suction memiliki posisi isap atau suction yang horizontal dan posisi buang atau discharge yang vertical.



Pada umumnya pompa end suction ini memiliki 2 model seal antara lain model yang menggunakan Mechanical Seal (tanpa bocor) dan model yang menggunakan Gland Packing (bocor).
Penggunaan model pompa mechanical seal dan gland packing tergantung dari aplikasi pompa itu sendiri dilapangan, apakah mau digunakan untuk pompa transfer, pompa sirkulasi maupun pompa pemadam kebakaran.



Komponen utama pompa model mechanical seal dan gland packing
  1. Casing
  2. Casing cover
  3. Bearing Housing
  4. Bearing Cover
  5. Impeller
  6. Shaft
Cut Model End Suction Pump

Memang terlihat sama untuk nama dari komponen utama pembentuk sebuah pompa model mechanical seal maupun gland packing, tapi yang berbeda terdapat pada komponen no 2 atau pada komponen casing cover.
Casing cover untuk model mechanical seal akan memiliki sebuah stuffing box yang merupakan tempat dudukan untuk stationary mechanical seal dan untuk bagian rotarynya akan menempel ke shaft.
Sedangkan untuk casing cover model gland packing, stuffing box yang diberikan adalah untuk dudukan dari parts gland packing. Gland packing akan duduk diam di casing cover meskipun posisi shaft berputar. tingkat kekencangan dari gland packing dapat disetting pada 2 buah nut yang ada di gland bolt sesuai dengan standard yang ada.

Kedua pompa yang disebutkan diatas biasa disebut dengan bare pump, karena belum bisa beroperasi atau belum memiliki driver.



Salam hormat,
Penulis

Belum ada Komentar untuk "Pompa Sentrifugal End Suction Type"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel