5 Lubang Paling Besar di Bumi

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat malam para blogger semua. Semoga selalu diberikan kesehatan dan dimurahkan rejekinya. Amin

Tambang. Jika kata itu disebutkan, hampir sebagian besar dari anda akan berpikir tentang penggalian, penebangan, pengeboran, panas, badai dan lain sebagainya.

Bisa di bilang, hal tersebut diatas adalah benar bagian dari dunia pertambangan. Apakah itu di darat maupun dilaut. Biasanya jika suatu daerah melakukan proses penambangan, maka akan terlihat banyaknya penggalian, lubang dan dataran yang sudah ditebang pohon-pohonnya. Bukan hal yang kecil yang bisa dibuat oleh manusia dalam proses penambangan. Hasil yang terlihat pada wilayah yang melakukan penambangan salah satunya adalah lubang yang sangat besar dan dalam yang merupakan buah karya dari umat manusia dalam memanfaatkan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki oleh suatu daerah atau bahkan negara tertentu.

Bahkan hingga beberapa tambang tersebut ditutup, ia nya masih tetap beroperasi. Namun bukan beroperasi dalam hal mengambil sumber daya alam lagi, tapi beroperasi sebagai tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh semua orang untuk menyaksikan hasil buah tangan manusia yang sangat mengesankan didunia.

 

Nah, berikut adalah 5 buah lubang hasil buatan manusia yang dulunya digunakan sebagai wilayah penambangan.

Tambang Bingham Canyon, Salt Lake County, Utah



Tambang Bingham Canyon merupakan sebuah tambang yang dulunya digunakan sebagai penghasil Tembaga dalam jumlah yang sangat besar ditahun 1900-an. Lubang ini memiliki kedalaman 804.5 meter degnan lebar 4,023.4 meter dan tercatat sebagai lubang buatan manusia yang terbesar di bumi. Wilayah pertambangan ini memiliki Luas sekitar 2.200 hektar. Sejak tahun 1966 wilayah tambang tersebut di tetapkan sebagai kawasan National Historic Landmark oleh Negara.

 

 

Tambang Berlian Kimberley, Kimberley, Afrika Selatan



Bisa dikatakan ini merupakan tambang yang paling terkenal karena Berlian merupakan hasil yang didapat dari proses penambangan di Tambang Kimberley tersebut. Selain juga dikenal sebagai Lubang Besar, Tambang Berlian Kimberley memiliki kedalaman 213.4 meter dan lebar 463 meter, sehingga menjadikan Tambang Berlian Kimberley merupakan Tambang Berlian terbesar di Dunia. Konon tambang ini digali hanya dengan menggunakan sekop dan cangkul dan mampu menghasilkan 2,721.5 Kg berlian. Tambang ini pada akhirnya ditutup pada tahun 1914.

 

 

Lubang Bor Kola Superdeep, Semenanjung Kola, Rusia



Sejak pertengahan abd ke-20, Uni Soviet dan Amerika Serikat berlomba-lomba melakukan penggalian untuk melihat siapa yang bisa menggali paling jauh ke dalam kerak bumi. Upaya Amerika berakhir pada tahun 1966 karena kurangnya dana, Namun tidak dengan Soviet, Negara ini masih terus melakukan penggalian hingga mendapatkan lubang dengan kedalaman 12,070.5 metert yang sekaligus tercatat sebagai lubang terdalam buatan manusia. Namun upaya penggalian Soviet akhirnya juga berhenti. Bukan karena dana, namun panas yang ekstrim sehingga membuat proses penggalian berhenti dilakukan oleh para ilmuan Soviet tersebut.

 

 

Lubang Berkeley, Butte, Montana



Berkeley Pit adalah salah satu tambang tembaga terbuka terbesar di dunia yang didirikan tahun 1955. Memiliki panjang 2,133.6 meter dan lebar 1,707 meter. Proses penambangan pada lubang tersebut menghasilkan lebih dari 290 juta ton bijih tembaga. Lubang Barkeley ditutup pada tahun 1982 dan hingga sekarang dijadikan sebagai objec wisata oleh para wisatawan untuk melihat salah satu lubang terbesar buatan manusia yang pernah ada.

 

 

Observatorium IceCube Neutrino, Stasiun Kutub Selatan Amundsen – Scott, Antartika



Kutub Selatan Bumi atau sering disebut dengan Benua Antartika. Dibenua ini para ilmuwan menggunakan selang bertekanan tinggi dan air yang sangat panas untuk mencairkan es yang terdapat di benua Antartika tersebut hingga kedalaman lebih dari2,438,4 meter dalam upaya pembangunan observatorium internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mencari partikel subatom yang disebut neutrino. Hasil dari penelitian para ilmuan di IceCuve tersebut membuahkan hasil berupa sifat materi gelap dalam bidang ilmu pengetahuan Fisika. 

Belum ada Komentar untuk "5 Lubang Paling Besar di Bumi"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel