Penyebab Sakit Punggung

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat malam para blogger semua. Semoga kita semua dijauhkan dari segala macam penyakit yang sedang melanda saat ini. Amin

Sakit Punggung Bagian Belakang. Bisa dikatakan hampir semua orang pernah mengalaminya. Saat saya menuliskan postingan kali ini juga yang saya rasakan malam ini adalah sakit pada punggung juga. Pegal dan ingin rasanya ada yang memijit saat ini. 


Hal yang biasa saya lakukan saat mengalami hal tersebut adalah dengan mengangkat tangan dan terkadang memelintir serta menekan-nekan pundak bagian belakang lalu diakhiri dengan membunyikan leher ke kiri dan kekanan. Meskipun hal tersebut tidak mengobati sakit punggung yang saya alami, minimal hal tersebut bisa meminimalisir sedikit akan sakit punggung yang saya rasakan saat ini. Hingga saya pun memutuskan untuk mencari tau penyebab terjadinya sakit punggung ini.

Setelah saya membaca dibeberapa artikel dan referensi-referensi yang ada ternyata banyak hal yang menyebabkan kita bisa mengalami sakit pada pungung bagian belakang.

 

Masalah Tulang Belakang

Nyeri punggung sering kali terjadi karena ada sesuatu yang tidak beres pada sendi, otot, cakram, dan saraf tulang belakang Anda yang bersatu dan bergerak.

Diskus mengalami hernia atau tergelincir. Jika dokter Anda pernah menyebutkan hal tersebut, jaringan lunak di diskus di antara persendian Anda telah keluar. Ini biasanya disebabkan oleh keausan. Diskus yang mengalami hernia dapat menyebabkan nyeri pada punggung bawah atau pinggul karena saraf di sana akan tertekan.

 

Diskus menonjol. Terlihat seperti menonjol, tetapi tidak seperti diskus hernia. Gejala ini biasanya dirasakan saat ia nya menekan akar syaraf.

 

Penyakit cakram degenerative. Diskus, atau "peredam kejut" yang terletak di antara tulang belakang Anda, terjadi penyusutan atau robek. Itu akan menyebabkan tulang menjadi bergesekan. Hal tersebut kemungkinan dikarenakan seiring pertambahan usia.

 

Peradangan dan keausan sendi sakroiliak. Ini terletak di tempat tulang belakang dan panggul Anda. Bisa dikatakan bagian ini tidak banyak bergerak, tetapi sangat penting karena fungsinya memindahkan beban tubuh bagian atas ke tubuh bagian bawah. Pembengkakan dan pengikisan tulang rawan sendi dapat terjadi pasca cedera, karena artritis, infeksi, atau bahkan kehamilan.

 

Stenosis tulang belakang. Jika Anda mengalami hal ini, saluran tulang belakang Anda mungkin telah menyempit. Itu akan menambah tekanan pada tulang belakang dan saraf Anda. Akibatnya, kaki dan bahu Anda mungkin terasa kaku. Ini terjadi pada banyak orang yang berusia di atas 60 tahun.

 

Radiculopathy serviks. Ini adalah saraf terjepit. Biasanya disebabkan oleh taji tulang atau hernia diskus.

 

Spondylolisthesis. Tulang yang berada pada tulang belakang tergelincir ke depan dan keluar dari tempatnya, biasanya di punggung bawah. Bentuk degeneratif dari kondisi ini adalah arthritis, yang bisa melemahkan sendi dan ligamen yang menjaga tulang belakang tetap sejajar. Ini dapat menyebabkan cakram bergerak maju di atas tulang belakang.

 

Kecelakaan dan Cedera. Kecelakaan mobil, jatuh, keseleo otot, tegang, dan patah tulang juga menjadi penyebab sakit punggung. Cedera dapat menyebabkan beberapa masalah fisik, tetapi beberapa dapat menyebabkan rasa sakit dengan sendirinya.

 

Patah tulang belakang. Patah tulang belakang Anda dapat disebabkan oleh pukulan ke punggung, jatuh, atau bisa juga jika Anda menderita osteoporosis, yaitu dimana suatu kondisi yang melemahkan tulang Anda.

 

Terkilir dan tegang. Cedera pada ligamen, otot, dan tendon yang menopang tulang belakang dan persendiannya dapat menyebabkan nyeri punggung. Ini sering terjadi saat Anda mengangkat sesuatu dengan posisi memelintir pada saat yang bersamaan. Bisa juga terjadi karena kecelakaan mobil dan cedera yang didapat dari aktifitas olahraga.

 

Kejang. Anda bisa mengalami gejala ini ketika otot dan tendon robek di bagian punggung bawah Anda. Itu biasanya terjadi saat Anda mengangkat beban atau berolahraga.

 

Gaya Hidup. Sakit punggung dapat disebabkan oleh hal-hal lain yang Anda lakukan atau tidak lakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti:

  • Membungkuk di meja
  • Mengangkat benda berat
  • Kelebihan berat badan
  • Tidak berolahraga
  • Merokok
  • Mengenakan sepatu hak tinggi
  • Emosi

Jangan meremehkan kekuatan perasaan yang bisa menimbulkan rasa sakit. Stres dapat menyebabkan ketegangan otot di punggung, dan depresi serta kecemasan bahkan dapat membuat rasa sakit semakin parah.

 

Penyebab Lain

  1. Sakit punggung juga bisa disebabkan oleh kondisi medis seperti:
  2. Arthritis. Ini adalah penyakit sendi yang menyebabkan kekakuan dan pembengkakan.
  3. Osteoartritis. Jenis artritis ini terjadi ketika tulang rawan dan tulang Anda rusak. Ini paling sering terjadi pada orang-orang di usia paruh baya.
  4. Ankylosing spondylitis. Ini adalah jenis arthritis yang mempengaruhi sendi dan ligamen di sepanjang tulang belakang.
  5. Skoliosis, atau kelengkungan tulang belakang. Ini biasanya sesuatu yang Anda alami sejak lahir. Jika ada rasa sakit, biasanya dimulai pada paruh baya.
  6. Kehamilan. Berat badan yang bertambah yang berakibat punggung anda menjadi tegang.
  7. Tumor. Mungkin bisa dikatakan kasus yang jarang terjadi. Namun tumor merupakan salah satu penyebab sakit punggung ini juga. Mereka biasanya disebar oleh kanker yang ada dibagian lain dari tubuh anda.

 

Penyebab sakit punggung yang kurang umum adalah:

  1. Batu ginjal dan infeksi
  2. Endometriosis atau penumpukan jaringan rahim di luar rahim)
  3. Osteomielitis atau diskitis yaitu infeksi pada tulang dan cakram tulang belakang
  4. Fibromyalgia merupakan suatu kondisi yang menyebabkan nyeri otot yang meluas

 

Penyembuhan

Bergantung pada penyebab rasa sakit yang Anda alami, perawatan yang dapat dilakukan mencakup perubahan gaya hidup, pengobatan, atau mungkin operasi. Silahkan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter specialis yang ada, mereka akan memberikan masukan terbaik yang bisa anda jalani.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Sakit Punggung"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel