Perbedaan Pompa Hydrant NFPA 20 dan UL & FM

 Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat malam teman-teman semua. Semoga selalu dalah keadaan sehat dan dipermudahkan dalam mencari rejeki. Amin

Pompa pemadam kebakaran atau lebih dikenal dengan nama Fire Pump adalah salah satu unit yang dipandang sangat diperlukan dibeberapa bangunan maupun titik pemukiman warga. Pompa ini memang sangat jarang digunakan, namun wajib hukumnya bisa langsung beroperasi kapanpun jika ingin digunakan.

Brand atau merk dari pompa fire pump juga bermacam-macam baik yang diproduksi dari dalam negeri hingga dari luar negeri. Hal yang paling penting oleh sebuah unit fire pump adalah harus mengacu ke standard yang telah ditetapkan seperti NFPA20, UL maupun FM.



Namun apakah teman-teman mengetahui apa yang dimaksud dari standard NFPA20, UL maupun FM tersebut? Dan mengapa standard tersebut wajib diikuti oleh unit dari sebuah fire pump. Nah melalui postingan kali ini mari kita sama-sama mengetahui tentang makna dan fungsi dari standard tersebut yang wajib dimiliki oleh sebuah fire pump.


NFPA 20


NFPA 20 adalah standard yang dikeluarkan oleh National Fire Protection Association (NFPA), dimana standard tersebut mengatur semua tentang instalasi yang digunakan pada pompa tersebut serta semua accecoriest yang digunakan untuk system proteksi kebakaran. Sebagai organisasi nirlaba yang didanai sendiri secara global didirikan tahun 1896 menjadi acuan oleh beberapa produsen pompa fire pump guna pencegahan kebakaran, masalah kelistrikan serta keamanan sebuah gedung yang mana memiliki tujuan untuk mengurangi angka dari resiko kematian, kehilangan harta benda, kematian maupun kerugian lainnya akibat adanya sebuah kebakaran.


UL



Underwriters Laboratories atau dikenal dengan istilah UL merupakan sebuah badan sertifikasi yang menetapkan keandalan sebuah produk fire pump yang mengacu pada standard NFPA 20. Bisa dibilang bahwa UL memastikan bahwa fire pump tersebut sudah mengikuti standard NFPA 20 yang ada. Tak hanya pada fire pump, UL juga memiliki ruang lingkup sertifikasi hingga ke bahan bangunan yang akan digunakan, penerangan maupun system kebakaran.

UL sendiri akan memberikan ijin penggunaan logo mereka jika perusahaan tersebut sudah mengantongi sertifikat atau ijin dari mereka. Biasanya hal tersebut diawali dengan dilakukan proses Audit terlebih dahulu yang kemudian jika sudah memenuhi maka audit tahunannya akan dilakukan setiap 3 bulan sekali atau 1 tahun ada 4 kali audit.


FM



FM atau Factory Mutual adalah sebuah entitas teknis yang independent dimana memiliki wewenang dalam mengesahkan kinerja suatu material dan system oleh Factory mutual insurance (FMI) yang menjamin dalam hal resiko baik kecil maupun besar. FM sendiri merupakan sebuah perusahaan approval terbesar yang ada di USA dimana didirikan oleh beberapa perusahaan besar yang ada di Amerika dalam hal keamanan kebakaran.

FM dikenal sebagai salah satu standard yang mewajibkan sebuah produk tak hanya mengikuti standard dari NFPA 20 namun juga beberapa persyaratan lainnya di luar yang dipersyaratkan oleh NFPA 20. Sehingga FM dikenal sebagai standard tertinggi dalam sebuah produk. Biasanya sebuah pompa yang sudah memiliki standard FM tersebut akan di supply dalam bentuk komplit set mulai dari pompa, base, coupling, engine, panel dan lain sebagainya atau bisa dibilang siap pakai yang mengacu ke standard yang sudah ditentukan.

Nah, dengan syarat yang sudah dipersyaratkan oleh FM sudah pasti harga dari sebuah produk yang memiliki lisensi ini lumayan tinggi. Bagi perusahaan yang ingin memiliki sertifikat FM sama seperti UL yaitu harus dilakukan audit terlebih dahulu dan jika sudah dipandang layak, maka audit tahunan juga akan dilakukan terhadap perusahaan yang sudah memiliki sertifikat ini secara berkala atau 3 bulan sekali.

 

Sampai disini teman-teman sudah mulai paham kan perbedaan dari ketiga standard diatas. Hal yang mendasar dalam perbedaan antara ketiga standard tersebut adalah sertifikat. Untuk NFPA 20 tidak memiliki sertifikat sedangkan untuk UL atau FM memiliki sertifikat dan diAudit secara berkala.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Pompa Hydrant NFPA 20 dan UL & FM"

Iklan atas artikel

Middle side 1

Middle side 2

Iklan bawah artikel