Negara Teraman di Dunia – 2020

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam para blogger dunia semua. Semoga selalu diberikan kesehatan dan diberikan.

Global Peace Index adalah peringkat untuk negara negara teraman didunia. Laporan ini diterbitkan setiap tahun oleh Institute for Economics and Peace, "sebuah organisasi independen, non-partisan, nirlaba yang didedikasikan untuk mengubah fokus atau pandangan dunia menuju perdamaian sebagai menentukan ukuran kesejahteraan dan kemajuan manusia yang positif, dapat dicapai dan nyata." Laporan tersebut meneliti negara-negara untuk menentukan negara mana yang paling aman, dan juga peringkat negara yang paling berbahaya.


Sebanyak 163 negara ditampilkan dalam laporan ini. Ada 23 indikator berbeda yang digunakan untuk menentukan seberapa aman atau seberapa berbahaya suatu negara. 

Faktor-faktor ini dibagi ke dalam kategori ini:

Konflik Domestik dan Domestik yang sedang berlangsung

Keselamatan dan Keamanan Sosial

Militerisasi


Faktor-faktor yang digunakan untuk menyusun laporan ini meliputi:

Jumlah konflik kekerasan internal dan eksternal

Tingkat ketidakpercayaan

Ketidakstabilan politik

Potensi untuk aksi teroris

Jumlah pembunuhan

Pengeluaran militer sebagai persentase dari PDB.


source : manado.tribunnews.com


Berdasarkan faktor-faktor ini, skor dihitung untuk masing-masing dari 163 negara yang ditampilkan dalam laporan. Semakin rendah skornya, semakin tinggi peringkat negara dalam hal keamanan atau semakin aman.
Mayoritas dari 25 negara teraman teratas adalah negara-negara Eropa. Eropa adalah satu-satunya benua yang belum melihat penurunan keselamatan sejak 2009. Wilayah kedua yang paling umum di 25 besar adalah Asia. Kedua wilayah memiliki tingkat pembunuhan sekitar 3 per 100.000 penduduk.


Yang paling menonjol adalah negara-negara Nordik di Eropa. Norwegia, Swedia, Denmark, Islandia, dan Finlandia semuanya berada di 25 negara teraman teratas, itulah mengapa wilayah ini dianggap sebagai yang teraman di dunia. Tingkat pembunuhan di wilayah ini adalah 0,8 insiden per 100.000 penduduk. Kelima negara Nordik ini juga termasuk dalam 10 negara paling aman dan bahagia di dunia.


1. Islandia

Menurut Global Peace Index, Islandia adalah negara teraman di dunia selama 12 tahun berturut-turut. Islandia adalah negara Nordik (Negara Nordik adalah sebutan untuk negara-negara yang secara geografisnya terletak di bagian Timur Eropa dan Samudera Atlantik Utara) dengan populasi yang relatif kecil yaitu 340.000. Islandia memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah yang dikaitkan dengan standar hidup yang tinggi, populasi kecil, sikap sosial yang kuat terhadap kejahatan, tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap kepolisian yang terlatih, berpendidikan tinggi, dan kurangnya ketegangan antara sosial dan ekonomi. Islandia tidak memiliki militer dan polisi tidak membawa senjata api (hanya tongkat dan semprotan merica). Islandia juga memiliki undang-undang untuk menjamin kesetaraan, seperti pernikahan sesama jenis yang sah dan adopsi sesama jenis, kebebasan beragama, dan upah yang setara untuk pria dan wanita.


2. Selandia Baru

Selandia Baru adalah negara teraman kedua di dunia. Seperti Islandia, Selandia Baru memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah, terutama kejahatan dengan kekerasan. Pencurian, bagaimanapun, adalah kejadian umum, terutama bagi wisatawan. Selandia Baru tidak memiliki hewan yang mematikan, tidak seperti tetangganya di bawah, Australia, yang dikenal memiliki beberapa satwa liar yang berbahaya. Skor Selandia Baru sedikit menurun dari tahun sebelumnya karena serangan teror terhadap dua masjid di Christchurch pada 15 Maret 2019, yang menewaskan 51 orang. Warga Selandia Baru pada umumnya berpikiran terbuka dan memiliki undang-undang untuk mencegah penyalahgunaan kebebasan berbicara atau berekspresi. Seperti Islandia, polisi di Selandia Baru tidak membawa senjata api pribadi.


3. Portugal

Portugal berada di posisi ketiga di peringkat negara-negara paling damai. Pada tahun 2014, Portugal berada di peringkat ke-18 di dunia dan sejak itu membuat langkah besar untuk menjadi peringkat ketiga. Tidak seperti Islandia dan Selandia Baru, Portugal memiliki polisi bersenjata; Namun, tampaknya kehadiran polisi yang meningkat telah mengakibatkan penurunan tingkat kejahatan di negara ini. Dalam enam tahun terakhir, Portugal telah benar benar meningkatkan ekonomi negaranya, menurunkan tingkat pengangguran dari lebih dari 17% menjadi di bawah 7%. Sebagian besar karena tingkat keamanannya, Portugal berada di peringkat sebagai negara terbaik untuk pensiun pada tahun 2020 menurut Indeks Pensiun Global Tahunan.


4. Austria

Austria adalah negara teraman keempat di dunia. Pada peringkat 2019, Austria meningkat di beberapa bidang termasuk peningkatan dana pemeliharaan perdamaian PBB, ekspor senjata, dan dampak terorisme yang berkurang. Austria, bagaimanapun, melihat kemunduran dalam kemungkinan indikator demonstrasi kekerasan setelah pemilihan Partai Rakyat Sebastian Kurz pada Oktober 2017. Karena ketidakstabilan politik negara itu, kerusuhan sosial telah meningkat. Kejahatan serius jarang terjadi, meskipun orang harus selalu waspada terhadap para pencopet dan pencuri dompet. Selain itu, Austria telah dibebaskan dari segala tindakan terorisme besar.


5. Denmark

Peringkat kelima di Global Peace Index, Denmark adalah salah satu negara paling aman dan paling bahagia di dunia. Denmark adalah salah satu dari sedikit negara di mana orang melaporkan merasa aman setiap saat, siang atau malam hari, bahkan anak-anak. Denmark memiliki tingkat kesetaraan yang tinggi dan rasa tanggung jawab bersama yang kuat untuk kesejahteraan sosial yang merupakan dua hal yang berkontribusi pada keselamatan dan kebahagiaan Denmark. Korupsi jarang terjadi dalam bisnis atau politik, karena kejujuran dan kepercayaan adalah prioritas utama di Denmark. Denmark juga negara kesejahteraan, yang berarti bahwa setiap orang menerima layanan dan fasilitas yang membantu mereka menjalani kehidupan yang nyaman. Setiap orang di Denmark memiliki akses ke layanan kesehatan tanpa biaya tambahan untuk mereka, pendidikan gratis, dan para manula diberikan bantuan perawatan di rumah.


6. Kanada

Kanada adalah negara teraman keenam di dunia menurut Global Peace Index, ia berhasil mempertahankan posisinya sejak tahun 2018. Kanada menerima skor yang sangat baik untuk konflik internal, tingkat kejahatan, dan stabilitas politik. Selain peluang kerja yang baik, akses yang bagus ke layanan kesehatan, dan pemerintahan yang efektif, Kanada memiliki beberapa orang yang paling ramah di dunia. Kanada memiliki tingkat kejahatan sekitar sepertiga dari negara tetangganya, Amerika Serikat (masing-masing 1,6 insiden per 100.000 vs 4,5 per 100.000). Dalam survei Gallup 2018, 84% warga Kanada yang disurvei mengatakan bahwa mereka merasa aman di negara mereka.


7. Singapura

Singapura berada di peringkat ketujuh pada GPI. Dalam laporan Gallup yang sama dari tahun 2018, penduduk Singapura merasakan rasa keamanan pribadi tertinggi dan memiliki pengalaman positif dengan penegakan hukum dibandingkan negara lain. Singapura memiliki salah satu tingkat kejahatan terendah di dunia, yang disebabkan oleh hukuman berat yang dikeluarkan untuk kejahatan kecil sekalipun. Pemerintah dan polisi secara ketat mengontrol senjata dan senjata api lainnya, sehingga kejahatan kekerasan dan konfrontasi jarang terjadi di Singapura. Negara-kota juga merupakan kota teraman kedua di dunia menurut Safe Cities Index dari Economist Intelligence Unit (EIU). Singapura menempati peringkat pertama untuk keamanan infrastruktur dan keamanan pribadi, kedua untuk keamanan digital, dan kedelapan untuk keamanan kesehatan.


8. Slovenia

Peringkat kedelapan dalam peringkat Global Peace Index adalah Slovenia. Slovenia meningkat dengan tiga posisi, peringkat ke-11 pada tahun 2018. Slovenia berada di peringkat lima negara teratas untuk demiliterisasi, termasuk penurunan dalam pengeluaran militer sebagai persentase dari total PDB dan ukuran militernya. Tingkat kejahatan, terutama tingkat kejahatan kekerasan, sangat rendah di Slovenia, dan masalah kejahatan terbesar adalah pencurian kecil-kecilan, pengambilan tas, dan pembobolan mobil. Slovenia juga memiliki risiko terorisme yang sangat rendah. Slovenia dianggap sebagai salah satu negara paling aman untuk dikunjungi di Eropa Timur.


9. Jepang

Negara teraman kesembilan di dunia adalah Jepang. Jepang telah berada di sepuluh negara teratas dalam Global Peace Index selama 12 tahun, secara konsisten menerima nilai tinggi untuk tingkat kejahatan yang rendah, konflik internal, dan teror politik. Beberapa bidang yang menjadi perhatian termasuk hubungan Jepang yang bermasalah dengan tetangganya dan meningkatnya ukuran dan kekuatan pasukan bela diri negara itu. Jepang dikenal memiliki imigrasi terbatas dan akses terbatas ke senjata api. Jepang tidak melihat membawa senjata api sebagai hak individu. Tokyo dianggap sebagai kota teraman di dunia, menurut Safe Cities Index dari Economist Intelligence Unit, peringkat pertama dalam cybersecurity, kedua untuk keamanan kesehatan, dan keempat untuk keamanan infrastruktur dan keamanan pribadi.


10. Republik Ceko

Menyelesaikan sepuluh negara teraman di dunia adalah Republik Ceko. Republik Ceko turun tiga peringkat dari peringkat 2018 dari tujuh menjadi sepuluh. Tingkat kejahatan terus menurun selama bertahun-tahun, terutama kejahatan dengan kekerasan. Republik Ceko juga memiliki akses senjata yang rendah dan dampak terorisme yang rendah. Jatuhnya peringkat negara ini disebabkan oleh keterlibatannya yang relatif tinggi dalam konflik asing, tingginya rasio jumlah tahanan per kapita, dan penilaian pasukan keamanan dan polisi.


Ada beberapa kesamaan di antara negara-negara teraman di dunia, seperti tingkat kekayaan, kesejahteraan sosial, dan pendidikan mereka. Selain itu, negara-negara ini memiliki sistem peradilan pidana yang efektif dan pemerintah yang mempertahankan hubungan yang sangat sehat dengan warganya.

Amerika Serikat saat ini berada di peringkat 128 dalam Global Peace Ranking. Peringkat Amerika Serikat telah turun setiap tahun sejak 2016 dan dapat dikaitkan dengan penurunan kepuasan hidup dan kesenjangan kekayaan yang meningkat.


Ketika membandingkan laporan 2019 dengan laporan sebelumnya yang dirilis pada 2018, total 86 negara lebih damai daripada di tahun sebelumnya. Namun, 76 "kemunduran" dilaporkan dalam laporan 2019, menunjukkan bahwa 76 negara kurang damai pada 2019 dibandingkan 2018. Rata-rata skor negara meningkat 0,09%. Eropa tetap merupakan kawasan paling damai di dunia, posisi yang dipegangnya setiap tahun untuk Indeks Perdamaian Global.


Kedamaian global sedikit meningkat untuk pertama kalinya dalam lima tahun. Kedamaian meningkat secara rata-rata pada domain Keselamatan dan Keamanan dan Militerisasi, tetapi ada sedikit kemunduran dalam domain Konflik yang Sedang Berlangsung.

Belum ada Komentar untuk "Negara Teraman di Dunia – 2020"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel