Sponsor

5 Aktifitas Penambah Imun Tubuh

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam para blogger semua, semoga selalu dalam lindungan dan rahmat Allah SWT. Amin.
Sebagai manusia salah satu yang wajib kita lakukan adalah menjaga kesehatan. dengan menjaga kesehatan maka segala jenis kegiatan dapat dilakukan tanpa adanya kendala.

Namun jika kesehatan terganggu, banyak hal yang akan berdampak seperti pekerjaan yang tertunda, keuangan yang terkuras dan lain sebagainya.


Nah disini saya akan memberikan 5 jenis aktifitas yang dapat dilakukan guna meningkat kan imun atau daya tahan tubuh kita.

1. Istirahat yang cukup.
Terkadang kita lupa pentingnya istirahat dalam kehidupan sehari hari. kita merasa sudah cukup beristirahat dengan tidur dimalam hari. tapi coba di hitung secara dengan seksama, apakah jumlah jam tidur yang kita lakukan sudah benar?? Apalagi jika esok hari libur, tanpa sadar kita ngobrol maupun bergadang hingga dini hari. 
Pada dasarnya waktu tidur yang baik untuk orang dewasa adalah antara 7-8 jam sehari dan untuk remaja berkisar antara 9-10 jam sehari.

2. Rutin berolahraga
Mungkin anda semua sudah tahu bahwa olah raga akan berdampak ke kesehatan. Benar, memang salah satu dari fungsi olah raga adalah membuat kita menjadi sehat (sesuai aturan) dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam hal melawan infeksi virus. setidaknya lakukan olah raga minimal 30 menit tiap hari. dan tahukan anda, bahwa berjalan kaki saya adalah salah satu bentuk olah raga yang dapat dilakukan baik di rumah maupun tempat kerja.

3. Tidak Stress
Masalah yang kita hadapi terkadang mengakibatkan stress pada diri kita sendiri. namun usahakan jangan sampai membuat kita pusing dan menjadikan stress tersebut berlangsung lama. karena dengan stress yang tidak terkendali dapat meningkatkan dalam hal produksi hormon kortisol. sedangkan dalam jangka waktu yang lama hormon tersebut akan berdampak pada penurunan sistem kekebalan tubuh.

4. Perbanyak Asupan Sayur dan Buah
Dalam hal menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh maka konsumsi sayur dan buah sangat dianjurkan. dalam beberapa penelitian menyatakan bahwa seseorang yang sering mengkonsumsi kedua jenis makanan tersebut akan jarang terserang penyakit maupun virus. karena kedua jenis makanan itu salah satu fungsinya adalah menaikkan sistem imum pada tubuh kita.

5. Hindari Rokok dan Konsumsi Alkohol
Pada dasarnya asap rokok dapat merusak sistem kekebalan tubuh seseorang. perokok sendiri memiliki resiko tinggi terkena infeksi paru seperti bronkitis dan pnoumonia.
Sedangkan jika seseorang tersebut selain sebagai perokok juga penikmat sejati alkohol, maka resiko terhadap infeksi paru akan semakin besar. karena pada dasarnya baik rokok maupun alkohol tersebut berdampak pada penurunan sistem kekebalan tubuh kita.

Semoga kita semua dijauhkan dari segala penyakit yang ada.
Amin.



Salam hormat,
Penulis

Belum ada Komentar untuk "5 Aktifitas Penambah Imun Tubuh"

Iklan atas artikel

Sponsor

Sponsor

Iklan bawah artikel