Penyebab dan Cara Mengobati Telinga Berdengung Sebelah

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat malam teman-teman semua. Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin

Hampir semua pasti pernah mengalami yang namanya telinga tiba-tiba berdengung. Apakah sebelah atau kedua-duanya. Terkadang hal mitos langsung dikaitkan dengan kejadian tersebut. Sebut saja “Ada seseorang yang sedang membicarakan kita” dan lain sebagainya.

Namun apakah teman-teman semua tahu penyebab dan bagaimana cara mengatasi telinga yang tiba-tiba berdengung?

Pada dasarnya kejadian telinga berdengung tersebut biasanya tidak lah terlalu lama, hanya dalam hitungan beberapa detik atau biasanya maksimal Cuma 1 menit. Setelah itu kembali normal lagi. Kondisi telinga yang berdengung itu dalam istilah medis disebut juga dengan tinnitus yang bisa terjadi pada siapapun tanpa mengenal usia. Namun yang paling beresiko untuk mengalaminya adalah para lansia.



Penyebab telinga berdengung sebelah

Adapun beberapa hal yang menyebabkan telinga berdengung antara lain:

  • Adanya infeksi pada telinga
  • Adanya gangguan pada gendang telinga
  • Adanya kotoran atau cairan yang menumpuk didalam telinga
  • Adanya kelainan pada telinga karena penyakit Meniere
  • Adanya pertumbuhan tulang yang tidak normal pada bagian telinga bawah (otosklerosis)
  • Adanya penggunaan obat-obatan tertentu dengan dosis yang tinggi seperti obat aspirin dengan dosis yang tinggi, obat anti malaria, obat antibiotic dengan jenis tertentu bahkan pernah melakukan proses kemotrapi bagi penderita kanker.
  • Adanya otot yang tegang dibagian dalam telinga
  • Adanya cedera kepala atau leher
  • Memiliki tekanan darah yang tinggi
  • Memiliki kadar kolestrol yang tinggi

 

Nah, dari berbagai macam penyebab diatas mungkin anda bisa melihat penyebab mana yang lebih mendekati ke diri anda masing-masing. Disamping itu dengan adanya penyebab yang beragam pula, maka model penyembuhannya juga bermacam-macam juga tergantung dari penyebab utamanya.

 

Cara mengobati telinga berdengung sebelah

Pada umumnya dokter akan menanyakan Riwayat penyakit atau beberapa hal pemicu yang kita alami selama ini apakah itu Riwayat penyakit, keluhan dan lain sebagainya. Selanjutnya beberapa pemeriksaan seperti fisik, test pendengaran dengan audiometri dan pemeriksaan CT Scan pun akan turut dilakukan bahkan MRI test jika di curigai adanya kerusakan pada struktur telinga.

Namun secara umum hal yang dapat dilakukan pada telinga yang berdengung sebelah adalah:

a. Melakukan pembersihan telinga secara berkala

Kotoran yang menumpuk yang berada didalam telinga adalah penyebab utama dari telinga berdengung sebelah. Biasanya dokter akan menyemprot cair hangat pada telinga kita dengan tujuan untuk mengeluarkan kotoran yang menumpuk tadi atau juga bisa menggunakan alat khusus untuk menghisap kotoran yang ada di dalam telinga.

b. Melakukan terapi pendengaran

Terapi yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu dengar ini memiliki tujuan untuk  meredakan gejala tinnitus. Alat ini akan mengeluarkan suara alami seperti suara ombak laut, suara hujan dan suara lainnya yang bertujuan untuk menutupi dengungan yang muncul pada telinga.

c. Mengonsumsi obat yang direspkan oleh dokter

Dalam beberapa kasus untuk penyakit tertentu, diperlukan pengobatan yang lebih lanjut. Misalnya kita akan menerima resep dari dokter untuk mengkonsumsi obat-obat tertentu yang bertujuan untuk mengatasi infeksi atau keluhan pendengaran yang ada pada telinga yang diakibat kan oleh hal tersebut.

d. Pengobatan mandiri

Selain itu juga pengobatan secara mandiri juga dapat kita lakukan seperti mendengarkan music-musik tertentu yang menenangkan, melakukan releksasi dengan tujuan menghilangkan stress atau bahkan melakukan aktivitas yang menyenangkan sehingga dapat mengakibatkan dengungan telinga sebelah dapat hilang.

 

Namun jika hal tersebut tidak kunjung reda, maka sebaiknya hubungi dokter untuk mendapatkan saran terkait apa yang harus dilakukan agar telingan berdengung sebelah dapat di atasi.

 

Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengobati Telinga Berdengung Sebelah "

Iklan atas artikel

Middle side 1

Middle side 2

Iklan bawah artikel