Sifat Iri Hati

 Assalamualaikum Wr. Wb.


Selamat siang teman-teman semua. Semoga di penghujung minggu ini kita semua selalu diberikan kesehatan dan dimurahkan rejeki oleh Allah SWT. Amin

Iri Hati



Bisa dikatakan semua orang sudah tahu yang namanya Iri Hati. Mulai dari anak kecil hingga ke orang tua. Mungkin sebagian besar orang mengetahui bahwa jika seseorang iri hati terhadap orang lain itu disebabkan karena ketidakmampuan seseorang tersebut menjadi atau mendapatkan seperti apa yang orang lain miliki yang pada akhirnya dia mengalami iri hati.

Namun pada kenyataannya itu cuma salah satu dari penyebabnya, karena tidak semua orang iri hati tersebut tidak mampu memiliki apa yang dimiliki orang lain. Bahkan orang yang memiliki sifat iri hati tersebut bisa dibilang mapan dalam hal ekonomi, memiliki kesehatan yang baik dan lain sebagainya. Namun tetap saja dia memiliki sifat iri hati.

Nah, pada kali ini saya ingin berbagi pengalaman yang salah satu nya menjadi pengebab seseorang memiliki iri hati terhadap orang lain, sedangkan dianya sudah memiliki jauh dari apa yang dimiliki orang yang di iri kannya tersebut.


Tidak Senang Melihat Orang Lain Senang

Nah, seperti subjudul diatas "tidak senang jika melihat orang lain atau tetangga senang", itu lah salah satu hal yang menajdi penyebab iri hati atau bisa juga dibilang penyakit hati.

Sangat mudah terlihat orang yang memiliki sifat tersebut yang ada disekitar anda. Apakah itu teman maupun tetangga. Konon mereka jika sedang berbicara seakan menunjukkan iba jika melihat orang yang kesusahan, namun itu hanyalah topeng yang menutup wajah mereka yang sebenarnya senang melihat kejadian tersebut.

Hal tersebut bisa anda buktikan sendiri dilingkungan teman atau tetangga yang anda miliki.

Lanjut...

Jika seseorang tetangga anda mengalami musibah apapun itu, mungkin jenis orang yang memiliki penyakit hati tersebut seakan akan memberikan masukan dan lain sebagainya terhadap orang yang sedang mengalami musibah tersebut, namun sesaat setelah dia meninggalkan orang tersebut biasanya jenis orang ini akan berbicara ke orang lain yang mengatakan ini itu tentang keburukan dan lain sebagainya sehingga dia mengalami hal tersebut. intinya adalah dianya merasa senang dengan keadaan seseorang yang mengalami musibah tersebut.

Nah sebaliknya, jika seseorang tersebut katakanlah mendapatkan rejeki dan berbagi keorang lain sehingga orang yang memiliki sifat iri hati tersebut mengetahui datau mendengarnya, maka hal yang sama juga akan diucapkan orang tersebut. Orang yang memiliki sifat iri hati tersebut akan mengatakan hal-hal yang jelek terhadap tindakan orang yang melakukan hal mulia tersebut.

Katakanlah orang yang mendapatkan rejeki tersebut melakukan pembagian nasi box atau selamatan dan lain sebagainya dilingkungannya, maka hal yang terjadi pada orang yang memiliki sifat iri hati tersebut adalah berusaha untuk menganggap remeh hal yang dilakukan tersebut dengan cara berbicara pada orang-orang lain yang ada disekitarnya.

Kegiatan

Biasanya orang yang iri hati tersebut melakukan beberapa trik dalam hal menampakkan ketidaksenangannya terhadap kebahagiaan orang lain, itu dapat berupa:

1. Memberikan masukan ke orang yang sedang mengalami musibah

2. Membicarakan orang yang terkena musibah tersebut ke orang lain

3. Tidak dapat dipercaya jika diminta menyimpan informasi

4. Tidak senang melihat orang lain senang

5. Selalu mengatakan kebaikan yang sudah dilakukannya keorang lain (Ria)

6. Selalu merasa paling benar, dan

7. Tidak senang jika ada orang lain lebih baik maupun pintar darinya


Orang yang memiliki sifat iri hati atau penyakit hati tersebut akan semakin menjadi-jadi, jika dianya dikelilingi orang yang meng-iya kan apa yang dilakukannya  (penjilat).

Hal tersebut akan semakin sering dilakukan sehingga tanpa disadari bisa dibilang jika setiap ngobrol dan lain sebagainya pasti ada saja topik yang membahas kejelekan tentang orang-orang terdekat. Jika anda mencoba untuk mengalihkan topik, biasanya jenis orang tersebut akan cepat terpancing dan mengikuti jalan pikiran anda dalam hal membahas yang lain. Namun sesaat ada jeda diam, maka dianya akan membahas hal yang sama lagi. Ya Allah.....

 

Kenyataannya

Padahal pada kenyataannya bagi orang yang memiliki sifat iri hati dan membicarakan seseorang ke orang lain, belum tentu orang lain sebagai lawan bicaranya tersebut setuju dengan apa yang dikatakannya tersebut. Kebanyakan orang hanya mendengar dan menganalisa sendiri dari pernyataan yang sudah dikeluarkannya tersebut. namun sepenuhnya dari dalam lubuh hati yang paling dalam, lawan bicara tersebut tidak setuju.

Bisa dikatakan bahwa "Jangan pernah berharap lawan bicara anda setuju dengan apa yang anda katakan", Mereka diam karena tidak mau ikut campur atau memang tidak mau berdebat dengan apa yang sedang anda perdebatkan.


Jadi pada akhirnya hal yang harus kita waspadai adalah, hindari orang yang memiliki penyakit hati yang tidak senang melihat orang lain sedang dalam bahagia. Itu akan anda temui sendiri dalam kehidupan anda sehari-hari.

Do'a saya semoga kita semua selalu dijauhkan dari sifat buruk tersebut agar kualitas hidup dan habluminanas kita selalu terjaga dan diberkahi oleh Allah SWT. Amin ya Allah.

Belum ada Komentar untuk "Sifat Iri Hati"

Iklan atas artikel

Middle side 1

Middle side 2

Iklan bawah artikel