-->

Horizontal Split Case Pump

Assalamualaikum Wr.. Wb...

Halo para blogger's dunia....
Semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat...Amin.

Sesuai dengan judul diatas, hari ini penulis ingin berbagi pengalaman tentang pompa sentrifugal jenis yang lainnya, tepatnya type Split Case Pump.
Pada kesempatan kali ini kita akan mebahas tentang nama nama spare parts dari pompa split case pump untuk model Mechanical Seal dan Gland Packing.

Pompa split case pump ini juga merupakan pompa sentrifugal juga yaitu impeller yang bekerja pada pompa ini mengikuti prinsip gaya sentrifugal yaitu menjauhi titik pusat

Sedangkan type konstruksi dari pompa ini lebih ke inline flow.
Yaitu air yang masuk dan keluarnya berada pada satu arah namun tidak dalam satu garis.
Split case sendiri merupakan pengertian dari parts casing nya. maksudnya adalah jenis pompa ini upper casing nya bisa di copot pasang terhadap lower casingnya.

Sama seperti pembahasan penulis pada pompa sentrifugal end suction type. Pompa jenis ini juga memiliki 2 model seal antara lain model yang menggunakan Mechanical Seal (tanpa bocor) dan model yang menggunakan Gland Packing (bocor).
Penggunaan model pompa mechanical seal dan gland packing tergantung dari aplikasi pompa itu sendiri dilapangan, apakah mau digunakan untuk pompa transfer, pompa sirkulasi maupun pompa pemadam kebakaran.

Komponen utama pompa model mechanical seal dan gland packing
  1. Casing upper
  2. Casing Lower
  3. Side cover DE
  4. Side cover NDE
  5. Impeller
  6. Shaft
  7. Bearing support DE
  8. Bearing support NDE

Cut Model Horizontal Split Case Pump Mechanical SEAL TYPE

Memang terlihat sama untuk nama dari komponen utama pembentuk sebuah pompa model mechanical seal maupun gland packing, tapi yang berbeda terdapat pada komponen no 3,4, 7 & 8 atau pada komponen side cover DE, NDE, bearing support DE & NDE.
Bearing support memiliki fungsi sebagai dudukan untuk bearing DE dan NDE.
Untuk beberapa model pompa split case salah satu jenis bearing unit yang digunakan adalah seperti berikut:

Bearing Unit UCFC 211

Sama seperti pompa end suction, stationary mechanical seal akan duduk pada side cover sedangkan rotary partsnya akan menempel pada shaft.
Sedangkan untuk model gland packing, stuffing box yang diberikan pada side cover adalah sebagai dudukan dari parts gland packing sendiri. Gland packing akan duduk diam di casing cover meskipun posisi shaft berputar dan sebagai dudukan bearing unit nya adalah bearing support pada kedua sisi (DE & NDE).
Tingkat kekencangan dari gland packing dapat disetting pada 2 buah nut yang ada di gland bolt sesuai dengan standard yang ada.

Kedua pompa yang disebutkan diatas biasa disebut dengan bare pump, karena belum bisa beroperasi atau belum memiliki driver sebagai penggerak.



Salam hormat,
Penulis

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Horizontal Split Case Pump"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel