Manfaat Daun Pepaya

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat siang teman-teman semua. Semoga dihari ini kita diberikan Kesehatan dan dimurahkan rejekinya. Amin

Tidak asing lagi bagi kita dalam hal mengkonsumsi daun papaya. Mulai dijadikan oseng-oseng, campuran gado-gado maupun di jadikan sebagai lalapan dengan sambal belacan. Slurrrppp…



Namun apakah teman-teman tahu manfaat sebenarnya dari daun papaya buat Kesehatan kita? Salah satu manfaat dengan mengkonsumsi daun papaya adalah mengatasi gejala dari penyakit demam berdarah, dapat memperlancar fungsi pencernaan bahkan bisa menyehatkan kulit.

Namun walau bagaimanapun dalam hal mengkonsumsi daun pepaya usahakan jangan terlalu berlebihan karena bisa memicu masalah Kesehatan dari diri kita sendiri.

Melansir dari Healthline yang diambil dari sebuah peneilitian pada tahun 2014 terhadap hewan, ditemukan bahwa daun pepaya tidak memiliki efek toksik bahkan pada dosis yang lebih besar. Sedangkan penelitian yang di lakukan terhadap manusia, sangat sedikit efek samping atau negative yang dihasilkan.

 

Nutrisi yang terkandung

Sebagai informasi bahwa daun pepaya yang segar memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Berikut adalah kandungan nutrisi dari 100gr daun pepaya.

  • Vitamin A: 18,25 International Unit (IU)
  • Vitamin B: 0,15 miligram (mg)
  • Vitamin C: 140 mg
  • Kalori: 79 kalori
  • Protein: 8,0 g
  • Lemak: 2,0 g
  • Karbohidrat: 11,9 g
  • Kalsium: 353 mg
  • Air: 75,4 g

Namun perlu diketahui, jika memang anda termasuk orang yang alergi dengan mengkonsumsi daun pepaya, sebaiknya jangan dikonsumsi demi menjaga Kesehatan anda sendiri.


Hindari mengkonsumsi terlalu banyak

Meskipun saat ini belum ada data yang pasti dalam hal berapa banyak daun pepaya yang bisa dikonsumsi oleh manusia, namun dengan mengkonsumsi 30 mililiter ekstrak daun pepaya per hari masih dianggap aman dan baik dalam hal mencegah sekaligus pengobatan demam berdarah.

Sedangkan menurut beberapa sumber lainnya seperti SehatQ, dengan mengkonsumsi daun pepaya yang terlalu banyak dapat beberapa masalah Kesehatan dikarenakan papain yang masuk ke tenggorokan berpotensi merusak esofagus (tabung di tenggorokan).

Sama juga seperti yang terjadi pada kulit, dengan menempelkan daun pepaya yang mengandung papain dapat mengakibatkan iritasi pada beberapa orang penderita kulit sensitif.

Perlu diketahui juga bahwa bagi ibu hamil jika memang berkeinginan untuk mengkonsumsi daun pepaya,sebaiknya harus dalam keadaan matang. Karena daun pepaya mentah terbukti dapat meracuni janin dan menyebabkan cacat bawaan dari lahir. Jadi tolong dihindari.

Dilansir dari halaman Hello Sehat menyarankan untuk mengkonsumsi air dengan cukup jika anda sedang mengkonsumsi daun pepaya agar mudah di cerna oleh usus dan menghindari timbulnya sembelit.

Jadi, pesan dari postingan kali ini adalah sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter untuk lebih mengetahui seberapa banyak daun pepaya yang bisa dikonsumsi oleh anda.


Salam sehat selalu….

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Daun Pepaya"

Iklan atas artikel

Middle side 1

Middle side 2

Iklan bawah artikel