6 Alasan Bersepeda Setiap Hari Dapat Merubah Hidup

Assalamuallaikum Wr. Wb.

 

Selamat malam teman-teman semua. Semoga selalu dimudahkan dalam segala hal oleh Allah SWT. Amin

Bagi sebagian besar orang, untuk melakukan aktifitas berolah raga setiap hari adalah suatu hal yang mungkin. Kebanyakan mereka akan beranggapan bahwa jika hal tersebut tidak dilakukan maka tubuh atau badan merasa gak enak dan lain sebagainya. Intinya hal tersebut akan berdampak pada gaya hidup sehat maupun cara dalam menikmati sesuatu didalam hidup anda.

Nah, pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang 6 manfaat bersepeda setiap hari yang dapat merubah gaya hidup anda.



1. Perjalanan Terasa Lebih Menyenangkan

Jika Anda ingin bersepeda setiap hari tetapi kekurangan waktu, salah satu cara paling logis untuk menyesuaikannya dengan jadwal Anda adalah menjadikannya bagian dari perjalanan Anda. Maksudnya “Bersepeda dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-hari, namun ini bukan dimaksudkan seperti anda berolah raga di Gym.

 

2. Bersepeda Dengan Percaya Diri

Jika perjalanan Anda sangat jauh, Anda dapat mencoba bersepeda dengan mengambil sebagian jarak tersebut untuk dilakukan dengan bersepeda, sedangkan sisanya menggunakan angkutan umum. Mungkin bisa dilakukan hingga kesalah satu stasiun kereta dan menitipkan sepeda yang anda bawa tadi di sana.

Mengutip dari beberapa sumber, bahwa bepergian dengan mobil telah dikaitkan dengan penambahan berat badan dan obesitas, bahkan bagi para pengemudi yang meluangkan waktu untuk berolahraga. Hmmmm...

Sedangkan untuk wanita yang bepergian dengan berjalan kaki atau bersepeda sekitar 30 menit setiap hari, beberapa sumber menyebutkan hal tersebut dapat menurunkan risiko kanker payudara.

 

Setelah Anda terbiasa berangkat kerja dengan bersepeda, Anda akan lebih siap untuk menghadapi hal-hal berikutnya, seperti memilih sepeda daripada mobil untuk melakukan aktifitas rutin dilingkungan rumah, seperti kepasar, kerumah teman dan lain sebagainya.

“Bersepeda adalah salah satu latihan terbaik yang bisa dilakukan. Bersepeda bisa menyehatkan persendian dan membantu menghilangkan stres.” Bersepeda juga terbukti dapat mengurangi kecemasan dan depresi.

 

3. Lebih Percaya Diri (juga kehidupan seks anda)

Kesehatan mental yang baik akan berdampak pada kepercayaan diri yang baik pula. Pria yang berolahraga enam atau tujuh hari per minggu terbukti mampu menyalurkan hasrat seksual mereka di atas rata-rata, atau jauh di atas rata-rata. (Wanita juga mengalami peningkatan, namun tidak drastis.)

Setidaknya ada beberapa alasan bagi mereka untuk menganggap kemampuan sexs diri mereka menjadi tinggi atau tidak seperti biasa. Olahraga telah terbukti menyebabkan peningkatan dorongan seksual dan penurunan disfungsi seksual. Banyak hal yang dapat menurunkan kadar testosteron pada pria, tetapi olahraga berat hanya 20 menit dapat membuat wanita lebih responsif secara seksual.

 

4. Menjadikan Kebiasaan Makan Tidak Berlebihan

Bersepeda secara teratur juga membantu Anda sedikit rileks. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Bath, ada dua kelompok pria yang memiliki gaya hidup makan secara berlebih, Namun satu kelompok rutin berolahraga setiap hari, meskipun masih mengonsumsi jumlah makanan yang sama. Namun setelah memperhitungkan apa yang dibakar dengan cara berolahraga, kelompok yang berolahraga setiap hari berhasil mengimbangi efek buruk dari pola makan yang berlebihan, seperti lonjakan gula darah dan perubahan metabolisme yang tidak sehat.

 

Menurut salah satu study, salah satu alasan mengapa olahraga setiap hari bisa sangat berguna adalah karena memungkinkan otot Anda bertindak sebagai 'penyangga' makanan yang kita makan. Saat Anda menggunakan otot, otot akan memecah simpanan karbohidrat dan lemak. Bahkan perjalanan singkat seperti perjalanan singkat ke kantor dapat membuat tubuh Anda lebih fress dan baik sepanjang hari.

 

5. Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Dengan semua tekanan zaman modern yang ada dan ditambah dengan waktu didepan layar yang terlalu lama, menjadikan kualitas tidur kita bisa berdampak buruk. Namun dengan bersepeda setiap hari akan membuat tubuh kita terbiasa dan pada akhirnya menjadikan kualitas tidur kita benar-benar baik dan terjaga. Meskipun itu juga harus disupport oleh kemauan dari diri kita sendiri untuk tidka melakukan kegiatan hingga larut malam.

 

6. Hidup Lebih Lama

Bersepeda setiap hari tidak hanya membuat Anda lebih sehat dan bahagia, Namun bersepeda juga membuat umur anda menjadi lebih panjang. Logika nya adalah olah raga. Dengan olah raga maka anda akan mendapatkan kesehatan dan terjauh dari banyak penyakit sehingga memperpanjang umur anda, Terlepas dari takdir yang sudah ditentukan. Bisa dibilang setidaknya kita sudah berusaha. Sebuah penelitian besar dari tahun 2015 di Norwegia, sekelompok pria tua berusia 70-an dan 80-an, menemukan bahwa hanya dengan 30 menit olahraga per hari membuat pria tersebut memiliki hidup yang lebih lama lima tahun dibandingkan dengan pria yang tidak melakukan aktivitas fisik apa pun.

Studi lainnya yang dilakukan dari tahun 2011 di Taiwan, yang menanyakan lebih dari 400.000 orang dewasa tentang seberapa banyak mereka berolahraga dan mengunpulkan jawaban tersebut selama delapan tahun. Mereka menemukan bahwa hanya 15 menit olahraga setiap hari akan berkorelasi dengan peningkatan harapan hidup selama tiga tahun. Tidak satu pun dari orang-orang ini yang masih muda dan sebagian besar tidak terlalu atletis saat memulai studi, jadi tidak ada kata terlambat untuk memulai nya sekarang.

1 Komentar untuk "6 Alasan Bersepeda Setiap Hari Dapat Merubah Hidup"

Anonim mengatakan...

apalagi sekarang, lagi gencar-gencarnya bersepeda di indonesia..
Mana mahal-mahal lagi tu harganya...wkwkwkwkwk

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel