Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Nomor IMEI di Ponsel Anda

Assalamuallaikum Wr. Wb


Selamat malam para blogger tersayang. Saya doakan semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan dimurahkan dalam mendapatkan rejeki oleh Allah SWT. Amin

Seiring perkembangan teknologi saat ini, berbagai macam penemuan sudah bisa ditemukan dan digunakan. Mulai dari perangkat keras maupun perangkat lunak. Mungkin beberapa dari anda pernah mendengar jika kita memiliki pinjaman online yang tidak dibayarkan, maka hutang kita akan di sebar ke beberapa nomor HP yang ada di HP kita. Namun mungkin juga anda pernah berpikir, bagaimana cara mereka mengetahui nomor-nomor yang ada di HP kita???

Ada yang mengatakan bahwa mereka mengetahui dari nomor IMEI yang ada di HP kita dan mengakses saat kita sedang terhubung dengan internet dan tanpa sepengetahuan kita. Namun, apakah itu benar???

 


Apa Itu Nomor IMEI

International Mobile Equipment Identity atau di singkat dengan IMEI adalah Nomor Identitas Peralatan Stasiun Seluler Internasional yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat yang menggunakan jaringan seluler terestrial.

Nah, apakah jaringan seluler terestrial itu? Jaringan seluler terestrial adalah jaringan yang Anda gunakan ketika Anda melakukan panggilan di ponsel Anda atau mengakses koneksi Internet yang disediakan oleh operator seluler Anda melalui paket data Anda. Sedangkan yang disebut "terestrial" sendiri adalah karena menggunakan antena sisi planet, bukan satelit, untuk menghubungkannya.

 

Fungsi Nomor IMEI

Nomor IMEI memiliki satu fungsi utama, yaitu untuk mengidentifikasi perangkat seluler sendiriSelain itu juga untuk mengantisipasi jika ada niat atau mencegah pencurian. Jika perangkat seluler dapat dikenali secara universal, maka ponsel tersebut tidak dapat mengganti SIM Card dengan yang baru. Nomor IMEI di hardcode ke dalam perangkat keras HP tersebut, sehingga hampir tidak mungkin untuk mengubahnya tanpa merusak perangkat hp tersebut.

Sehingga bentuk tindak lanjut dari fungsi no IMEI tersebut adalah jika kita mengetahui bahwa HP kita telah dicuri, maka kita dapat meminta bantuan operator untuk memasukkan kode IMEI HP kita ke dalam daftar hitam dan langsung menguncinya dari jaringan. Lalu kita juga bisa meminta jaringan seluler lain untuk melakukan hal yang sama.

 

Dapatkah Nomor IMEI Melacak Keberadaan Kita

YA. Dengan mudah keberadaan kita akan terlacak dengan bantuan Nomor IMEI yang ada di HP kita.

Namun bisa juga sedikit sulit, itu dikarenakan jika data awal yang kita masukkan saat registrasi kartu menggunakan nama orang lain atau data yang tidak valid sehingga menyulitkan untuk mendapatkan informasi yang dicari. Biasanya sering terjadi bagi pengguna HP Prabayar.

Namun jika anda merupakan pelanggan Pasca Bayar dan sudah menandatangani beberapa dokumen dengan operator seluler sebelumnya, pemerintah dapat menggunakan surat perintah penggeledahan untuk mengakses informasi IMEI Anda dengan tujuan untuk pelacakan nomor dan lokasi anda saat ituMeskipun Anda berpikir untuk langsung menukar kartu SIM Anda dengan kartu prabayar, tapi anda tetap masih dapat dilacak.

 

Apakah semua HP memiliki Nomor IMEI ?

Seharus nya semua HP wajib memiliki nomor IMEI, namun pada kenyataannya banyak juga beberapa ponsel palsu yang diproduksi dengan tidak mengikuti aturan pemerintah yang mewajibkan untuk menyertakan nomor IMEI pada tiap HP. Salah satu negara yang pernah mengalami hal tersebut ditahun 2010 adalah India.

 

Nah dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa jika memang ada niat tertentu dari seseorang untuk mendapatkan data di HP kita menggunakan nomor IMEI yang ada pada HP kita, Jawabannya adalah Mungkin.

Belum ada Komentar untuk "Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Nomor IMEI di Ponsel Anda"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel