Kepiting Lada Hitam - Melayu

Assalamuallaikum Wr. Wb.


Selamat malam teman-teman semua. Semoga selalu diberikan rejeki dan kesehatan disetiap harinya. Amin

Buat teman-teman yang berasal dari Kepualuan Riau pasti sudah terbiasa dengan yang namanya makanan laut atau Seafood. Apapun jenis makanan nya pasti akan menggugah selera sama seperti saya saat menuliskan postingan ini dimalam ini.

Kebanyakan kepiting (Ketam bahasa Melayu) sangat mudah dijumpai di pinggiran pohon bakau. Saat air surut, maka jika kita menyusuri hutan bakau tersebut, maka akan banyak sekali yang dapat kita temukan seperti, ikan yang terjebak, kepiting maupun siput.

 


Kepiting yang paling populer dihutan bakau tersebut adalah kepiting bakau. Size nya yang lumayan besar menjadikan pengalaman dalam menangkap kepiting tersebut sangat menakjubkan. Yang paling penting siapkan peralatan selama kita berburu kepiting Bakau tersebut, karena kepiting yang satu ini terkenal dengan capitan nya yang sungguh menyayat hati jika terkena. Hehehe...

Nah, biasanya hal yang dilakukan setelah berburu kepiting adalah mengolah dan menyantap bersama teman-teman dilokasi yang tak jauh dari hutan bakau tersebut. Otomatis saat melakukan perburuan kepiting, alat-alat masak dan bahan-bahannya semua sudah dibawa dan dipersiapkan.

Namun perlu diperhatikan juga, dalam mengkonsumsi kepiting jangan terlalu berlebihan. Karena kepiting terkenal dengan kandungan kolestrolnya yang lumayan tinggi. Dimana dalam 100 gram daging kepiting, terdapat kandungan kolestrol sebanyak 55-59 miligram. Jadi makanlah dengan bijak.

 

Lewat postingan kali ini, saya ingin berbagi resepi tentang bagaimana membuat menu Kepiting Lada Hitam yang sangat masyur ini. Adapun bahan dan cara nya adalah sebagai berikut :

 


Bahan-bahan

1 Kg peiting

Bawang bombay (iris kasar)

1 buah telor ayam

Bumbu yang dihaluskan

5 siung bawang putih

7 siung bawang merah

10 buah cabe merah kering

1 ruas jari kunyit

1 ruas jari jahe

Lada hitam, perasan air asam jawa, garam, gula dan air secukupnya

 

Cara Membuat

Bersihkan kepiting dari lumpur maupun tanah

Panaskan minyak makan, lalu tumis bawang bombay hingga harum

Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, lalu tumis hingga harum

Kemudian masukkan kepiting yang sudah dibersihkan tadi sambil diaduk rata.

Lalu tambahkan air dan perasan air asam jawa sambil tetap diaduk rata.

Terakhir masukkan telur sambil diaduk hingga rata. Tunggu sebentar, dan setelah matang, siap di santap.

 

Mudahkan, biasanya saat menikamti kepiting ini saya membuatnya dalam posi yang lumayan banyak, karna jumlah Crab Hunter alias pemburu kepiting sekitar 3 or 4 orang. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Amin  

Belum ada Komentar untuk "Kepiting Lada Hitam - Melayu"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel