Perbedaan Antara Nama Domain dan Web Hosting

Assalamuallaikum Wr. Wb.


Selamat malam para pembaca semua. Semoga selalu diberikan kesehatan dan dimurahkan rejekinya oleh Allah SWT. Amin

Mungkin ada banyak dari kita yang sudah pernah mendengar yang namanya hosting maupun domain. Namun apakah kita benar-benar tahu apa arti dari makna kata tersebut dan apa fungsi nya ?

 


Apa itu Domain atau Nama Domain?

Nama domain adalah alamat situs web Anda yang diketik oleh orang di menu URL browser untuk mengunjungi situs web Anda. Dengan kata lain, jika situs Anda adalah rumah, maka nama domain Anda akan menjadi alamatnya. Masih bingung?

OK, kita sedikit kedalam. Internet pada dasarnya adalah jaringan komputer raksasa yang terhubung satu sama lain melalui kabel. Untuk mengidentifikasinya dengan mudah, maka setiap komputer diberi serangkaian nomor yang disebut Alamat IP.

Alamat IP ini adalah kombinasi angka yang dipisahkan dengan titik. Biasanya, alamat IP terlihat seperti ini: 66.249.66.1 dan lain sebagainya.

Komputer tidak memiliki masalah dalam mengidentifikasi dan mengingat angka-angka ini. Namun, mustahil bagi manusia untuk mengingat dan menggunakan nomor tersebut untuk terhubung ke salah satu situs web yang ada di internet. Maksudnya disini adalah jika alamat IP 66.249.66.1 adalah untuk blog masakan, kemudian IP 66.249.67.3 adalah web nya moto GP dan lain sebagainya. Nah otomatis akan sangat banyak alamat IP yang dibutuhkan untuk mengunjungi suatu website tertentu dan pastinya akan sangat sulit diingat oleh manusia.

Sehingga untuk mengatasi masalah ini, nama domain pun diciptakan.

Nama domain dapat memiliki kata-kata yang memudahkan untuk mengingat alamat situs web. Dengan kata lain saat anda ingin mengunjungi salah satu situs yang ada diinternet, anda tidak perlu mengingat angka-angka dari alamat IP lagi, namun cukup dengan kata-kata yang mudah diingat, seperti budakmelayu.com.

 


Apa itu Web Hosting?

Hosting web adalah rumah atau tempat semua file situs web Anda berada. Ini berarti semua situs web yang ada diinternet membutuhkan sebuah Web Hosting.

Saat seseorang memasukkan nama domain Anda di browser, nama domain akan diterjemahkan langsung ke dalam alamat IP komputer perusahaan hosting web Anda. Komputer ini berisi file situs web Anda, dan mengirimkan file tersebut kembali ke browser pengguna sehingga web tersebut bisa dibuka.

Perusahaan web hosting mengkhususkan diri dalam menyimpan dan melayani situs web. Mereka menawarkan berbagai jenis paket hosting kepada pelanggan mereka.

 

Hubungan Nama Domain dan Web Hosting?

Nama domain dan web hosting adalah dua jenis layanan yang berbeda. Namun, mereka bekerja sama untuk membuat situs web menjadi bekerja. Bisa dikatakan bahwa tanpa nama domain, tidak mungkin orang bisa menemukan situs web Anda dan tanpa hosting web, maka tidak ada tempat penyimpanan bagi data yang anda miliki.

Saya contohkan disini pada blog budakmelayu.com. Awalnya saya memiliki nama akun budakmelayu.blogspot.com, namun karena ingin lebih berkembang dan ada beberapa hal, maka saya memutuskan untuk membeli nama domain langsung dari Mbah Google.

Selanjutnya setelah selesai pembayaran dan proses, nama domain saya yang awalnya budakmelayu.blogspot.com berubah menjadi budakmelayu.com dan itu wajib diperpanjang 1 tahun sekali dengan harga saat itu Rp169.000,- per tahunnya.

Nah, sedangkan untuk web hostingnya sendiri apakah saya beli lagi? Jawabannya tidak. Untuk web hosting saya kelihatannya masih menginduk ke blogspot or google. Jadi tiap tahun yang akan saya bayar adalah biaya nama domain dari budakmelayu.com tersebut ke mbah google.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Antara Nama Domain dan Web Hosting"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel