Sejarah Bom Atom

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam para blogger semua. Semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat. Amin

Hingga saat ini tidak ada yang bisa mengalahkan kekuatan bom atom maupun nuklir sebagai senjata yang menggunakan reaksi nuklir sebagai energi ledak nya. Petama kali senjata nuklir dikembangkan oleh para ilmuan adalah pada masa perang dunia II dan sejarah mencatat bahwa penggunaan bom atom hanya dilakukan semasa perang dunia ke II oleh Amerika Serikat saat perang melawan Jepang. Kota yang menjadi tujuan bom atom tersebut adalah Nagasaki dan Hiroshima.

 


Bom Nuklir dan Bom Hidrogen

Tepatnya pada tahun 1938 disalah satu laboratoriun yang ada di Berlin, Jerman, sebuah penemuan paling berharga didunia ditemukan oleh fisikawan nuklir. Mereka menemukan fisi nuklir yang mampu membuat sebuah bom atom menjadi mungkin dilakukan. Mereka adalah Otto Hahn, Lise Meitner dan Fritz Strassman.

Secara singkat jika atao yang ada pada bahan reaktif terpecah, maka akan menjadi atom yang lebih ringan dan akan mengakibatkan terjadinya pelepasan energi yang sangat kuat. Lalu setelah dihubungkan dengan fisi nuklir, maka membuka kemungkinan dibuatnya teknologi nuklir. Salah satunya persenjataan.

Bom aton sendiri adalah senjata yang mendapatkan energinya dari reaksi fisi. Sedangkan untuk senjata berjenis termonuklir atau bom hidrogen lebih mengandalkan fisi nuklir dan fusi nuklir. Dimana dalam reaksi ini akan terjadi dua buah atom yang lebih ringan bergabung untuk melepaskan energinya.

 

Penemu Bom Atom


Di tahun 1930-an terdapat sebuah proyek yang dilakukan di Los Alamos, New Mexico yang bernama proyek Menhattan dibawah pimpinan fisikawan teoritis J. Robert Oppenheimer atau dikenal juga sebagai Bapak Atom. Mereka melakukan segala penelitian dan pengujian dalam proyek tersebut. Alhasil pada tanggal 16 Juli 1945 dilakukan uji tritunggal atas penemuan mereka tersebut disebuah lokasi gurun terpencil dekat Alamogordo, new Mexico. Hasil dari pengujian mereka tersebut menciptakan awan jamur yang besar setinggi 40,000 kaki dan untuk pertama kalinya mengantarkan dunia pada zaman atom.

 

Hasil Proyek Menhattan

Proyek yang dilakukan tersebut menghasilkan 2 jenis bom atom yang berbeda ditahun 1945. Yang pertama berbasih uranium yang dikenal dengan nama “Little Boy atau anak kecil” dan yang berbasis plutonium yang di sebut degnan “Fat Man atau manusia gendut”.

6 Agustus 1945 untuk pertama kalinya si “Anak kecil” terjun bebas dari atas langit kota Hiroshima menuju daratan Hiroshima. Hasilnya? Anak kecil tersebut meledak dengan kekuatan sekitar 13 Kiloton, meratakan lima mill persegi kota hiroshima, menewaskan 80,000 orang seketika dan puluhan ribu akan mati secara perlahan dikarenakan paparan radiasi yang dihasilkannya.

 Namun sepertinya Jepang belum menyerah juga, dan pada hari ke tiga, si Manusia Gendut akhirnya yang melakukan terjun bebas dari langit Nagasaki menuju daratan Nagasaki. Hasilnya? Kaisar Jepang Hirohito langsung mengumumkan Jepang menyerah pada tanggal 15 Agustus 1945 sehingga perang dunia ke II juga berakhir.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Bom Atom"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel