Go!SCAN SPARK - Creaform

Assalamualaikum Wr. Wb.


Selamat malam para blogger semua. Semoga selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Amin

Seiring perkembangan zaman dan teknologi yang semakin mutakhir saat ini, banyak metode-metode pekerjaan yang dahulunya dilakukan secara manual, kini sudah merambah kearah digital atau robot. Salah satu contoh adalah metode pengukuran.

Sebelumnya pengukuran dilakukan secara manual baik dengan menggunakan penggaris, sigmat, outside/ inside micrometer, bore gauge dll. Namun perlahan-lahan hal tersebut sudah ditinggalkan dan diganti dengan metode yang lebih modern seperti CMM, Scanner dan lain-lain. Tak hanya itu data yang dahulu didapat dengan ditulis secara manual juga, kini perlahan-lahan sudah diganti menggunakan jaringan bloototh maupun wifi. Seperti contoh jika kita melakukan pengukuran sudatu dimensi pada benda kerja, maka secara otomatis setiap data hasil pengukuran yang kita lakukan itu akan langsung masuk ke dalam file excel melalui system bloototh maupun wifi.

Untuk postingan kali ini saya akan membahas salah satu alat ukur yang banyak menggantikan dalam penggunaan alat ukur manual. Sebagai contoh sebelumnya untuk mengukur suatu dimensi benda kerja, kita menggunakan sigmat, bore gauge, inside dan outside micrometer, penggaris, penggores. Namun kesemua alat ukur manual yang digunakan tadi diganti dengan menggunakan 1 alat ukur dan sebuah software dalam mencari dimensi suatu benda kerja.

Go!SCAN SPARK. Itu lah nama alat ukur tersebut. Mungkin beberapa orang lebih familiar menyebutnya dengan nama Scanner. Alat ukur tersebut merupakan produk dari Creaform dengan negara asal Canada. Creaform didirikan pada bulan May 2002 dan sampai saat ini terus berkembang sebagai salah satu produsen alat ukur scanner portable yang paling nyaman.




Cukup dengan melakukan scanner pada benda kerja, maka kita akan mendapatkan semua ukuran dengan mudah.

 

Pada bulan April 2019, Creaform mengeluarkan produk terbarunya yaitu Go!SCAN SPARK. Produk tersebut memiliki banyak kelebihan dari produk-produk sebelumnya. Seperti pada generasi-generasi sebelumnya scanner ini juga cocok untuk berbagai aplikasi dan industri, termasuk desain CAD, pembuatan prototipe, perkakas dan banyak lagi. Go!SCAN SPARK mengedepankan dalam hal kemudahan penggunaan, portabilitas, kecepatan, akurasi dan kualitas. Go! SCAN SPARK menggunakan teknologi cahaya berstruktur putih seperti pada dua pendahulunya yaitu Go! SCAN 20 dan 50.

 

Fitur utama Go! SCAN SPARK

Mudah digunakan: Go!SCAN SPARK lebih cepat dan mudah digunakan. Sebagai contoh adalah jika benda kerja tersebut berwarna putih atau transparan maka bisa langsung dilakukan proses scanner tanpa perlu adanya proses pengecatan pada benda kerja terlebih dahulu.

Pelacakan hybrid yang kuat: Point-and-shoot, akuisisi data warna menggunakan geometri dan / atau tekstur dan / atau positioning target. Sehingga hasil yang scanner yang didapatkan lebih tajam dan sempurna.

VXelements: Sama seperti pendahulunya, scanner ini juga dilengkapi dengan software Vxelements dalam hal memproses dan menganalisa hasil dari proses scan.  Selain itu juga sudah bisa  disandingkan ke perangkat ketiga seperti jika ingin menggunakan software Autodesk, 3D Systems, Dassault dll.

 

Spesifikasi Teknis

Akurasi (1)  = Hingga 0,050 mm (0,0020 inci)

Akurasi volumetrik (2) = (berdasarkan ukuran bagian) 0,050 mm + 0,150 mm / m (0,0020 inci + 0,0018 inci / kaki)

Akurasi volumetrik dengan MaxSHOT Next ™ | Elite = (3) 0,050 mm + 0,015 mm / m (0,0020 inci + 0,00018 inci / kaki)

Resolusi pengukuran = 0,100 mm (0,0039 inci)

Resolusi mesh = 0,200 mm (0,0078 inci)

Laju pengukuran = 1.500.000 pengukuran / s

Sumber cahaya = Cahaya putih (99 garis)

Metode penentuan posisi = Geometri dan / atau warna dan / atau target

Area pemindaian = 390 x 390 mm (15,4 x 15,4 inci)

Jarak stand-off = 400 mm (15,7 inci)

Kedalaman bidang = 450 mm (17,7 inci)

Kisaran ukuran bagian (disarankan) = 0,1–4 m (0,3–13 kaki)

Resolusi tekstur = 50 hingga 200 DPI

Warna tekstur = 24 bit

Software = VXelements

Format keluaran = .dae, .fbx, .ma, .obj, .ply, .stl, .txt, .wrl, .x3d, .x3dz, .zpr, .3mf

Perangkat lunak yang kompatibel = Sistem 3D (Solusi Geomagic®), Perangkat Lunak InnovMetric (PolyWorks), Metrologic Group (Metrolog X4), New River Kinematics (Spatial Analyzer), Verisurf, Dassault Systèmes (CATIA V5, SOLIDWORKS), PTC (Creo), Siemens (NX, Solid Edge), Autodesk (Penemu, PowerINSPECT)

Berat = 1,25 kg (2,7 lb)

Ukuran (PxLxT) = 89 x 114 x 346 mm (3,5 x 4,5 x 13,6 inci)

Standar koneksi = 1 X USB 3.0

Kisaran suhu pengoperasian = 5-40 °C (41-104 °F)

Kisaran kelembaban pengoperasian (tanpa kondensasi) = 10-90%

Sertifikasi : Kepatuhan EC (Electromagnetic Compatibility Directive, Low Voltage Directive), kompatibel dengan baterai isi ulang (bila berlaku), IP50, WEEE.

Belum ada Komentar untuk "Go!SCAN SPARK - Creaform"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel