Apa Itu Telephone Satelit Dan Kegunaannya

 Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat malam senin semuanya. Semoga kita semua selalu diberikan kekuatan dan keberkahan dalam mencari rejeki. Amin

Mungkin anda pernah mendengar Telephone Satelit. Namun apakah anda paham sebenarnya apa, bagaimana dan untuk apa telephone satelite itu digunakan.


source : mat.id


Telepon satelit adalah sebuah perangkat seluler yang tidak menerima sinyal dari menara terestrial (berbasis darat), melainkan langsung dari satelit yang mengorbit di sekitar Bumi. Outfitter Satellite menawarkan telepon / terminal satelit Iridium, Globalstar, Thuraya, Inmarsat, Inmarsat BGAN, dan Inmarsat FleetBroadband. 

Fungsionalitas telepon satelit yang ditawarkan oleh Penjual Outfitter Satellite akan berbeda-beda menurut merek, Namun walalupun demikian setidaknya ada satu fitur yang akan sesuai dengan kebutuhan yang anda perlukan.

 

Di mana Anda dapat menggunakannya?

Telepon satelit dirancang untuk bekerja di area outdoor pada banyak tempat di mana Anda tidak dapat menggunakan telepon seluler. Beberapa jenis dari telephone satelite dirancang untuk bisa digunakan secara global namun tetap dengan fitur keselamatan dan keamanan sesuai standard yang tidak dapat disediakan oleh telepon seluler pada umumnya. 

Biasanya anda akan melihat dan menemukan penggunaan telephone satelite digunakan di dunia militer, pecinta alam dan lain sebagainya. Ini dimaksudkan adalah agar saat mereka berada diwilayah yang tidak memiliki signal, mereka tetap bisa terhubung untuk melakukan komunikasi ke orang lain.


Cara kerja Telephone Satelite

Telepon satelit mengirim sinyal radio ke satelit, kemudian memancarkan kembali ke bumi di mana stasiun kemudian akan mengarahkan panggilan ke Public Switched Telephone Network (PSTN). Dalam beberapa kasus, penyedia telepon satelit akan memancarkan dari satu satelit ke satelit lain yang memiliki koneksi ke stasiun bumi. Panggilan keluar yang dilakukan oleh telephone satelite akan diteruskan ke salah satu satelit dalam garis pandang. Selanjutnya panggilan diteruskan dari satu satelit ke satelit lainnya di mana ia mencapai satelit yang benar untuk kemudian terhubung kembali ke stasiun bumi yang sesuai. Panggilan tersebut kemudian dialihkan ke jaringan suara publik atau Internet saat mencapai ke penerima.


Biaya Panggilan Telephone Satelite

Biaya yang terkait dengan panggilan suara dari telepon satelit akan bervariasi dari mulai dari $ 0,15 hingga $ 2 per menit.  Beberapa penyedia juga menawarkan tarif yang lebih murah dengan ketentuan yang ada seperti berada di dalam wilayah geografis tertentu yang sudah ditentukan sebelumnya. Jika anda sedang berada dirumah dan ingin melakukan panggilan ke telephone satelite, maka dijamin biaya yang akan anda keluarkan lumayan mahal sekitar $ 15 per menit. Namun sebagian besar jaringan telepon satelit saat ini sudah memberikan pilihan dalam beberapa paket seperti paket prabayar, dengan nominal mulai dari $ 100 hingga $ 5,000.



Fitur Telephone Satelite

Seiring perkembangan teknologi, telephone satelite saat ini sudah menawarkan banyak fitur layaknya pada telephone seluler biasa. Seperti pemberitahuan baterai lemah, tampilan kekuatan sinyal, penerusan panggilan, buku telepon, pesan suara, dan pesan teks.

Sumberdaya atau batery yang digunakan perangkat ini biasanya bisa digunakan hingga 4 Jam waktu bicara dan 36-40 jam waktu standby. Namun juga masih banyak fitur lainnya yang dimiliki telephone satelite yang sudah diproduksi oleh berbagai macam perusahaan seperti :

  1. Kompatibilitas GSM memungkinkan telepon digunakan sebagai telepon seluler.
  2. GPS menampilkan arah bujur dan lintang.
  3. Panel surya untuk pengisian baterai jarak jauh.
  4. Kemampuan paging, transmisi data dan faks.
  5. Dibuat untuk lingkungan yang keras dengan tahan air, guncangan dan debu.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Telephone Satelit Dan Kegunaannya"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel