Asinan Mangga Muda

 Assalamaualaikum Wr. Wb.


Selamat malam para blogger semua. Semoga kita selalu dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dilapangkan rejekinya. Amin

Tak terasa musim mangga sudah tiba, dan seperti biasa yang namanya maniak mangga muda asam (yang manis or tawar no), langsung bertanya ke salah satu teman yang mempunyai pohon mangga muda yang super asam.



Sekedar info, sebenarnya salah satu teman saya tersebut memiliki kebun yang lumayan luas, namun tanaman utamanya adalah Belimbing bintang. Sedangkan mangga bukan tanaman utama dan hanya satu-satunya trus asam lagi.

Nah, alhamdulilah karena asam maka jarang sekali dilirik orang seperti mangga-mangga yang manis.

 

OK Lanjut.

Biasanya saya menyebut buah yang satu ini saat dikampung dengan sebutan Pelan atau Mempelam. Nah kalo mangga jarang di gunakan mungkin karena terbiasa dengan bahasa melayu yang digunakan sehari-hari. Seperti biasanya Dinar (teman saya) memberikan mangga muda kerumah. Mangga yang diberikan tersebut bisa dibilang Buanyaaak sekali dan tak menunggu waktu lama, proses pembuatan sambal rujak ala saya dan ala umum juga mulai dilakukan. Sampailah dengan waktu habisnya mangga tersebut saya nikmati.

Beberapa hari yang lalu, saya melihat di salah satu stasiun televisi ada yang sedang menikmati asinan mangga saat siang hari. Nah spontan saya bangun dari tempat tidur dan melihat kedapur dan ke kulkas. Apakah mangga saya masih ada. Ternyata sudah habis. Hmmmm....

Lantas lanjut naik ke tempat tidur lagi dan niat hati ingin melihat siaran asinan mangga itu kembali. Namun siaran tersebut juga sudah selesai. Amsyong.....

Namun karena saat dikampung saya pernah juga beberapa kali membuat asinan mangga, maka bisa dibilang saya juga mahir dan paham benar dalam membuat asinan mangga yang super mantab.

 

Melalui postingan kali ini, saya ingin berbagi tentang bagaimana cara membuat asinan mangga yang bisa dinikmati oleh siapa saja terutama diwaktu disiang hari. Menu asinan mangga yang akan saya bagikan ini rasanya lebih ke Pedas dan Manis. Silahkan teman-teman ikuti dan coba dirumah.

Bahan

½ kg mangga muda dan dipotong sesuai selera

5 butir cabe merah kering

5 butir cabe rawit / cabe setan (jika tidak ingin pedas, silahkan dikurangi menjadi 3 atau 2 saja)

150 Gr gula pasir

½ liter air

Garam secukup rasa

Asam jawa secukup rasa

 


Cara membuat

Cuci bersih mangga yang sudah dipotong tersebut 3-5 kali.

Tumbuk cabe merah kering dan cabe rawit, lalu masuk kan kedalam air bersama gula, garam dan asam jawa sambil diaduk.

Kemudian rebus hingga mendidih. Lalu biarkan kuah tersebut hingga hangat.

Siapkan wadah sebagai tempat mangga yang sudah dipotong tersebut kemudian siram kuah tadi kedalam wadah yang berisi mangga

Setelah dingin, masukkan ke kulkas. Tunggu beberapa jam dan siap dinikmati

 


Note.

Ada beberapa orang lebih menyukai saat mencuci mangga muda tersebut ditaburi dengan garam dan didiamkan 1 hari didalam kulkas. Dengan tujuan untuk menghilangkan rasa asam di mangga tersebut. Silahkan dicoba sesuai selera.

Belum ada Komentar untuk "Asinan Mangga Muda"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel