Fork Dauble Crown 26” (Zoom) Menggunakan Ban 27.5

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

DIRGAHAYU NKRI yang ke-75, semoga negara kita selalu dalam lindungan Allah SWT, aman, tentram dan sejahtera selalu. Amin

Tidak asing lagi di telinga kita mendengar yang namanya shock downhill pada sepeda, yang pada dasarnya mempunyai nama Fork Double Crown. Pada dasarnya pemilihan dimensi fork sendiri harus diikuti dengan kesesuaian dimensi ban sepeda yang kita gunakan. Namun pada kenyataannya bentuk sepeda bagian depannya akan terlihat naik yang dikarenakan dimensi Travel dari fork tersebut lebih tinggi dari sebelumnya.



Sebagai contoh kita ambil dimensi Travel untuk fork depan sepeda Thrill Oust 3.0 sekitar 130-140mm. Nah pada saat kita menggunakan fork double crown (Zoom) baik untuk ukuran 26 maupun 27.5 inch memiliki tinggi travel 170mm. Jadi pada dasarnya penggantian fork tersebut akan menyebabkan posisi akhir dari stang kita akan terlihat naik sekitar 30-40 mm dari sebelumnya.

Memang sih keliatan keren, karena seperti standing gitu bentuk sepeda. Namun pada dasarnya untuk medan tanjakan akan terasa berat dalam mengendarai nya. Terkecuali medan yang disikat adalah turunan atau seperti namanya sendiri, DOWNHILL. Nah kalo itu memang specialis fork yang satu ini.

Hanya perlu diingat saat melahap medan downhill, dalam keadaan kencang posisi pengendara harus terlihat seperti mundur kebelakang. Itu dimaksudkan untuk menahan lajunya dari si sepeda pada saat dikendarai selain rem yang digunakan. Karena jika posisi pengendara yang duduk tegak dalam keadaan kencang dimedan donwhill dan hanya mengandalkan rem saja untuk menahan laju sepeda, maka kemungkinan yang akan terjadi hanya 2. 

Pertama sepeda membutuhkan waktu berhenti yang lumanyan lama karena posisi pengendara yang tidak benar dan yang kedua jika salah dalam pengereman kemungkinan pengendara akan terbalik kedepan. Maka posisi pengendara pada medan downhill adalah sebagai salah satu fungsi tambahan dalam pengereman dan pengendalian sepeda seutuhnya.


Ban 27.5 menggunakan Fork 26 inch

Jawabannya BISA. Hanya ada tapi nya...hehehehe..

Pada dasarnya dimensi pada ban 27.5 inch memiliki dimensi yang lebih kecil dari dimensi fork double crown 26 inch. Bingung ??

OK Saya jelaskan.

Faktanya setelah diukur untuk ukuran ban 27.5 x 2.10 memiliki radius 355 mm (ukuran dari centre ban ke ban terluar). sedangkan untuk radius fork double crawn ukuran 26 inch hingga "pembatas" bawah ban sepeda sekitar 360 mm. Nah dengan demikian antara batas paling atas ban 27.5” terhadap batas bawah dari pembatas ban pada fork double crown 26” masih memiliki jarak sekitar 5 mm. dengan demikian posisi sepeda tidak terlalu keliatan menanjak atau naik.



Hal yang paling penting dalam modifikasi tersebut adalah, pastikan untuk mengukur semua dimensi yang diperlukan yang berhubungan dengan proses assembly. Karena jika tidak dilakukan pengukuran terlebih dahulu, kemungkinan salah sangat bisa terjadi.

 

Salam hormat,

Penulis

Belum ada Komentar untuk "Fork Dauble Crown 26” (Zoom) Menggunakan Ban 27.5"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel