Waktu Puasa Terpanjang dan Terpendek Di Dunia


Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam para blogger semua. Semoga selalu dalam keadaan sehat dan selalu dimurahkan rejekinya. Amin

Perintah untuk melaksanakan puasa sudah ada tercantum dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 183 sebagai berikut :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.
Sejarah puasa Ramadhan sebenarnya sudah ada sejak jaman sebelum Nabi Muhammad SAW, tepatnya saat jaman jahiliah. Allah SWT menyuruh kaum jahiliah untuk melakukan ibadah puasa Ramadhan namun mereka menentangnya.

Dengan berpuasa diharapkan umar islam bisa menahan diri dari segara hawa nafsu yang bisa membatalkan puasa. Lamanya waktu puasa harian tergantung dari jam mulai matahari terbit hingga terbenam.

Kemiringan sumbu bumi mengubah posisi matahari di langit dan hal tersebut menyebabkan perdedaan waktu dalam tiap negara. Pada bulan-bulan di musim panas, waktu terbit dan terbenamnya matahari terbilang lebih lama, sehingga memperpanjang waktu berpuasa bagi umat islam di daerah tersebut. Sedangkan dimusim dingin sendiri waktu berbuka puasa sedikit terasa lebih cepat. 

Nah, ditahun 2020 ini Ramadhan jatuh antara bulan April dan May. Beberapa umat muslim didunia akan berpuasa selama 20 Jam dan ada juga yang berpuasa hanya 11.5 Jam.
Adapun negara negara yang memiliki waktu puasa terpanjang dan terpendek didunia antara lain :

source : curadio.com



1. Timur Tengah
Mereka yang menjalani ramadhan di timur tengah akan berpuasa antara 15 dan 16 Jam.

2. Afrika
Di seluruh wilayah benua Afrika, waktu puasa akan berkisar antara 11,5 jam (Afrika Selatan), 13 jam (Kenya), 14 jam (Ethiopia dan Yaman), 14,5 jam (Sudan), 15,5 jam (Mesir) hingga 16 jam (Maroko) .

3. Eropa
Negara-negara Nordik akan berpuasa untuk periode waktu terpanjang. Norwegia, Greenland dan Finlandia semuanya akan memiliki 20 jam waktu siang hari, sementara negara-negara Eropa lainnya seperti Spanyol, Prancis dan Italia semua memiliki waktu puasa antara 16,5 dan 18 jam.

4. Eropa Timur
Negara-negara Eropa Timur akan berpuasa selama 17 hingga 17,5 jam.

5. Amerika Utara & Amerika Selatan
Orang Amerika Utara akan berpuasa selama 16 hingga 17 jam tahun ini. Sedangkan di Amerika Selatan, yang mengalami bulan-bulan musim dingin, puasa akan berkisar antara 11,5 jam (Argentina dan Chili) dan 12,5 jam (Brasil).

6. Asia dan Australia
Di Cina, periode puasa akan berlangsung sekitar 16,5 jam, sementara negara-negara Asia Tenggara seperti Singapura (13,5), Malaysia (13,5), Indonesia (13), dan Thailand (14) akan berpuasa selama beberapa jam lebih sedikit.

7. Muslim di India, Bangladesh, dan Pakistan akan berbuka puasa setelah 16 jam.

8. Australia dan Selandia Baru
Kedua negara tersebut akan menjadi salah satu negara yang mengalami puasa terpendek di tahun ini, yaitu 11,5 jam.


Demikian beberapa negara dengan waktu puasa terpanjang dan terpendek di seluruh dunia.
Semoga tulisan kali ini bisa bermanfaat. Amin

Salam hormat,
Penulis

1 Komentar untuk "Waktu Puasa Terpanjang dan Terpendek Di Dunia"

Anonim mengatakan...

Terimakasih atas informasinya :-)

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel