Cara Mengecek Perangkat yang Terhubung dengan WIFI di Rumah

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat siang menjelang sore semua. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin ya Robalallamin.

Diera Pandemi ini hampir semua sekolah sudah melakukan proses belajar secara online dengan berbagai macam aplikasi sebagai jembatan dalam proses belajarnya. Namun untuk melaksanakan proses pembelajaran tersebut dibutuhkan jaringan agar bisa terhubung dengan baik selama proses belajar.

Kecepatan jaringan yang dimiliki juga sangat berpengaruh terhadap koneksi yang kita dapat nantinya. Saat ini hampir sebagian besar orang sudah mulai beranjak memasang jaringan wifi dirumah agar bisa dikoneksikan ke seluruh perangkat yang digunakan. Namun jangan lupa, semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut maka akan berdampak ke kecepatan yang didapat dari masing masing perangkat.

Sebagai contoh jika kita memiliki jaringan wifi dirumah sebesar 10 mbps, dan kita paksakan untuk di koneksikan ke banyak perangkat maka kemungkinan slack akan terjadi dimasing masing perangkat yang terhubung. Kemungkinan tidak terjadi jika kita hanya menggunakan perangkat tersebut untuk membuka media social mungkin WA atau Line dan sebagainya. Namun akan sangat terasa jika salah satu atau beberapa perangkat mulai membuka aplikasi online yang lumayan berat, katakan lah beberapa perangkat menonton online. Maka slack akan langsung dirasakan.

Mungkin anda lupa sesuatu.

Apakah saat itu anda yakin perangkat yang terhubung di wifi yang anda miliki tersebut adalah yang anda ijinkan atau apakah password anda tidak bocor dan tanpa sepengetahuan anda jaringan anda digunakan oleh pihak yang tidak diketahui?

Nah, kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana cara untuk mengetahui perangkat apa saja yang sedang terhubung ke jaringan wifi yang kita miliki, mengecek kecepatan upload, download serta menghapus perangkat yang tidak kita kenali yang sedang terhubung dengan jaringan wifi kita.

Sebagai contoh disini saya menggunakan jaringan Bnetfit dan akan melakukan proses pengecekan terhadap jaringan yang saya miliki tersebut.

Pertama-tama kita harus menginstal salah satu aplikasi tambahan di Play Store yang bernama FING.


Setelah dilakukan proses download danb install di HP anda silahkan mendaftar dan ikuti proses nya hingga selesai.

Setelah selesai coba buka aplikasi Fing tersebut. Anda akan menemukan tulisan “Scan for device” dan “Test speed now”.


Saat anda meng-klik scan for device, maka aplikasi tersebut akan melakukan proses scanning terhadap device atau perangkat apa saja yang sedang terhubung dengan jaringan wifi anda saat ini. Jika anda menemukan adanya perangkat yang tidak anda kenali dan sedang terhubung saat itu dengan jaringan wifi anda, maka silahkan geser kebawah pada layar hp anda dan anda akan menemukan menu dengna tulisan “Remove device”.


Selanjutnya saya rekomendasikan anda untuk mengganti password anda sesegera mungkin dengan cara menghubungi wifi provider untuk mendapatkan link, user id dan password untuk mengganti password yang kita miliki sebelumnya.

Sedangkan jika anda meng-klik test speed now, maka aplikasi tersebut akan mengecek kecepatan proses download dan upload dari jaringan yang anda miliki saat itu.


Dengan cara diatas tersebut harapannya adalah kita bisa mendapatkan kecepatan wifi sesuai yang diharapkan dan tidak ada perangkat yang terhubung ke jaringan wifi yang kita miliki tanpa sepengetahuan dan seijin kita selaku pemilik jaringan.

 

Salam hormat,

Penulis

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengecek Perangkat yang Terhubung dengan WIFI di Rumah"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel