Jenis-Jenis Sepeda

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam para blogger semua. Semoga selalu diberikan kesehatan dan dimudahkan pintu rejekinya. Amin

Apa anda sedang mencari sepeda baru? Mungkin tidak pernah ada waktu dalam membelinya ? Dalam beberapa waktu terakhir saat ini, hampir diseluruh pelosok tanah air sedang maraknya melakukan olah raga bersepeda. Mulai dari menggunakan merk, Thrill, Trex, Poligon dll. Nah dari berbagai macam merk atau brand yang ditawarkan tersebut juga, masing masing pabrik tersebut juga mengeluarkan berbagai macam model nya. Mulai yang cocok digunakan didalam kota, down hill hingga adventures.

Tetapi dengan banyaknya pilihan itu akan membuat kita menjadi bingung dan ingin mengetahui sebenarnya model sepeda apa yang cocok untuk kita gunakan saat berolah raga di jalanan datar, bukit dll.

Kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang beberapa jenis sepeda yang ada dan sering digunakan dalam kegiatan olah raga, hobi bahkan harian. Dengan demikian harapannya adalah anda dapat menentukan model sepeda yang cocok untuk anda gunakan sesuai dengan medan yang akan anda hadapi nanti.

Road Bikes. Sepeda yang ringan dan efisien dengan stang drop dan ban yang ramping dan cocok untuk dikendarai saat berekreasi kesuatu tempat atau bahkan di trotoar.

Mountain Bikes. Sedikit berat dengan setang datar dan ban besar juga lebar. Cocok untuk dikendarai dengan kondisi medan tanah dan sempit. Memiliki single suspension maupun full suspension (depan belakang).

Gravel / Adventure Bikes. Drop-bar bikes dengan clearance untuk berbagai ukuran ban untuk berbagai pengalaman berkendara di dalam dan di luar jalan. Medan yang dapat ditempuh seperti termasuk kerikil, bikepacking, dan cyclocross.

Sepeda Utilitas. Sepeda yang dirancang untuk utilitas, seperti perjalanan atau tugas, termasuk bisa digunakan untuk membawa anak-anak atau kargo. Gaya sepeda ini termasuk dalam kategori komuter, fixie, ekor tengah, dan kargo.

Sepeda Kenyamanan / Kebugaran. Bisa digunakan oleh semua kalangan. Mulai dari menjelajahi keindahan pantai hingga bersepeda flat-bar dengan jalur putaran dan juga di jalur multi guna. Model sepeda ini termasuk hibrida, kebugaran, kenyamanan, dan penjelajah.

E-Bikes. Sepeda elektronik dapat menjadi sebagai sepeda yang multiguna dan bisa dikategorikan kesemua jenis sepeda yang ada disini, dirancang dengan motor listrik kecil dan ringan untuk membantu pengendara. Modelnya termasuk sebagai komuter, kargo, gunung, dan jalan.

Sepeda Gemuk. Sepeda ini memiliki ban selebar 3,8 inci atau lebih lebar untuk pengapungan dan biasanya lebih sering untuk medan  berpasir, salju, atau jejak. Gayanya termasuk dalam sepeda gunung.

Triathlon Bikes. Sepeda bergaya sebagai sepeda jalanan yang dibuat untuk mengoptimalkan aerodinamika. Dengan kerangka berbentuk sayap, penampang roda, dan posisi pengendara yang agresif membuat keepatan menjadi keunggulan dari sepeda yang satu ini.

Tandem Bikes. Tandem adalah sepeda yang dibuat untuk dua pengendara, dan karenanya sering dibangun dengan kerangka dan komponen yang diperkuat untuk menangani bobot ekstra. Pengendara di depan disebut pilot. Sedangkan dibagian belakang disebut sebagai stoker. Sepeda tandem hadir dalam beberapa gaya, bisa digunakan dijalan raya, menjadi sepeda gunung. Namun lebih sering digunakan pada jalan umum.

Park Bikes. Sepeda yang dibuat khusus ini dibuat untuk berbagai kegunaan yang berbeda, tetapi dua kesamaan menghubungkan mereka. Mereka dibuat untuk digunakan di medan yang terawat seperti jalur taman sepeda atau taman skate, dan jenis sepeda ini sangat hebat dalam melakukan berbagai gayafre style seperti yang dilakukan oleh BMX.

Sepeda Anak-Anak. Sepeda jenis ini didesaign biasanya dengan penuh warna maupun gambar kartun. Fungsi warna dan gambar diharapkan agar si pengguna merasa ngaman dan senang selama mengendarai sepeda tersebut. Beban yang didesain sendiri untuk sepeda ini adalah ringan, itu karena memang sepeda ini dikhususkan untuk anak-anak.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Sepeda"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel