Cara Mengajar Anak Berbahasa Inggris Dirumah

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam para blogger semua. semoga selalu diberikan kesehatan dan dijauhkan segala penyakit, Amin

Banyak orang tua ingin mengajar anak-anak mereka bisa berbahasa Inggris di rumah, tetapi sayangnya banyak sekali yang tidak mengetahui bagaimana cara dan kapan harus memulainya.



Bagaimana saya mulai mengajar anak-anak saya untuk berbahasa Inggris di rumah?

Banyak orang tua ingin mengajar anak-anak mereka bahasa Inggris di rumah, tetapi tidak tahu bagaimana cara memulainya. Tidak masalah jika bahasa Inggris Anda sendiri tidak sempurna. Yang paling penting adalah Anda antusias dan memberi banyak dorongan dan pujian kepada anak-anak Anda. Anak Anda akan memahami antusiasme Anda terhadap bahasa tersebut. Jangan khawatir jika anak Anda tidak segera berbicara bahasa Inggris. Mereka akan membutuhkan sejumlah waktu untuk menyerap bahasa. Bersabarlah, dan mereka akan mulai berbicara bahasa Inggris di waktu mereka sendiri.


Menetapkan Rutinitas

Tetapkan rutinitas atau hari wajib untuk berbicara bahasa Inggris di rumah. Lebih baik memiliki sesi pendek, sering daripada sesi panjang, jarang. Lima belas menit sudah cukup untuk anak-anak kecil. Anda dapat secara bertahap membuat sesi lebih lama seiring bertambahnya usia anak dan rentang konsentrasi mereka meningkat. Buatlah kegiatan singkat dan bervariasi untuk menarik perhatian anak Anda.

Cobalah untuk melakukan kegiatan tertentu pada waktu yang sama setiap hari. Anak-anak merasa lebih nyaman dan percaya diri ketika mereka tahu apa yang diharapkan. Misalnya, Anda dapat memainkan permainan bahasa Inggris setiap hari setelah sekolah, atau membaca cerita bahasa Inggris dengan anak-anak Anda sebelum tidur. Jika memiliki ruang di rumah, Anda dapat membuat sudut bahasa Inggris tempat Anda menyimpan segala sesuatu yang terhubung dengan bahasa Inggris, misalnya buku, permainan, DVD, atau benda-benda yang dibuat anak-anak Anda. Pengulangan sangat penting - anak-anak perlu secara sering dalam mendengar kata-kata dan frasa berkali-kali sebelum mereka merasa siap untuk memproduksinya sendiri.


Belajar Melalui Permainan

Anak-anak belajar secara alami ketika mereka bersenang-senang. Flashcards adalah cara yang bagus untuk mengajar dan merevisi kosa kata dan ada banyak permainan yang dapat Anda mainkan dengan flashcards, seperti Memory, game Kim, Snap atau Happy Families. Anda dapat menemukan flashcards yang juga dapat didownload secara gratis di google.

Ada banyak jenis permainan lain yang bisa Anda mainkan dengan anak-anak Anda untuk membantu mereka berlatih bahasa Inggris. Seperti :

  • Permainan aksi - misalnya, saya akan kembali atau i’ll be back.
  • Permainan papan - Ular tangga. Cukup dengan mengatakan up and down selama permainan
  • Permainan kata – misalnya saya apa ? kamu apa ? dan berikan penghargaan saat anak anak berhasil dalam 10 atau 20 kata, dll



Menggunakan situasi sehari-hari

Keuntungan mengajar bahasa Inggris di rumah adalah Anda dapat menggunakan situasi sehari-hari dengan menggunakan benda nyata dari sekitar rumah untuk melatih bahasa secara alami dan dalam konteks. Sebagai contoh:

Bicaralah tentang pakaian saat anak Anda berpakaian, atau saat Anda sedang menyortir pakaian cucian ('Mari kenakan kaus kaki biru Anda', 'Kaos Ayah', dll. Yang semuanya diucapkan dalam bahasa inggris).

Berlatihlah kosa kata untuk mainan dan furnitur ketika Anda membantu anak Anda merapikan kamar tidur mereka ('Ayo letakkan boneka teddy bear Anda di tempat tidur!', 'Di mana mobil biru itu?' dan kesemuanya bisa menggunakan bahasa inggris atau bisa juga di kombinasikan dengan bahasa indonesia juga).

Ajarkan kosakata makanan saat Anda memasak atau berbelanja. Ketika Anda pergi ke supermarket, beri anak Anda daftar barang untuk ditemukan (gunakan gambar atau kata-kata tergantung pada usia mereka).


Menggunakan cerita

Anak-anak kecil suka buku-buku dengan warna-warna cerah dan ilustrasi menarik. Lihatlah gambar-gambar itu bersama dan ucapkan kata-kata itu saat Anda menunjuk ke gambar-gambar itu. Kemudian Anda dapat meminta anak Anda untuk menunjuk ke berbagai hal, misalnya ‘Di mana kucingnya (where is the cat) ?’ Setelah beberapa saat mendorong mereka untuk mengucapkan kata-kata dengan bertanya 'Apa itu?' Mendengarkan cerita akan membuat anak Anda terbiasa dengan suara dan ritme bahasa Inggris.

Cerita animasi di LearnEnglish Kids adalah cara terbaik bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan mendengarkan dan membaca. Anak yang lebih besar dapat menyelesaikan kegiatan yang dapat diunduh dengan mudah serta untuk memeriksa pemahaman mereka.


Menggunakan lagu

Lagu adalah cara yang sangat efektif untuk mempelajari kata-kata baru dan meningkatkan pengucapan. Lagu-lagu dengan aksi sangat baik untuk anak-anak yang sangat muda karena mereka dapat bergabung meskipun mereka belum dapat menyanyikan lagu itu. Tindakan sering sekali menunjukkan arti kata-kata dalam lagu (setuju kan?).

Ada banyak lagu animasi yang menyenangkan di LearnEnglish Kids yang dapat Anda dengarkan bersama anak-anak Anda.


Tata bahasa mengajar

Dengan anak-anak yang lebih kecil, tidak perlu mengajarkan aturan tata bahasa secara eksplisit, tetapi sebaliknya biasakan mereka untuk mendengar dan menggunakan struktur tata bahasa yang berbeda dalam konteks, misalnya 'sudah' ketika Anda berbicara tentang penampilan seseorang, atau 'harus / tidak boleh 'Ketika berbicara tentang aturan sekolah mereka. Mendengar tata bahasa yang digunakan dalam konteks sejak usia dini akan membantu anak Anda menggunakannya secara alami dan benar ketika mereka lebih tua.

Untuk anak-anak yang lebih besar, Anda dapat menggunakan bagian latihan tata bahasa di LearnEnglish Kids. Video, kuis, dan permainan membantu anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan dan santai.


Apa Kata dan frasa mana yang harus saya ajarkan untuk pertama kali?

Pertimbangkan minat dan kepribadian anak Anda ketika memutuskan topik mana yang akan diajarkan, dan biarkan anak Anda membantu Anda dalam memilih. Mungkin beberapa topik dibwah bisa membantu anda dalam memilih kata maupun frasa yang tepat :

  1. angka (1–10; 10–20; 20–100)
  2. warna
  3. kata sifat (mis. besar, kecil, tinggi, bahagia, sedih, lelah)
  4. tubuh
  5. mainan
  6. pakaian
  7. hewan (misalnya hewan peliharaan, hewan ternak, hewan liar)
  8. makanan, dll

Penting juga bagi anak Anda untuk membiasakan diri dengan bahasa 'english time', Coba gunakan kata tersebut saat anda ingin memulai mengajari buah hari anda. Let’s seat, Which song will we start for today, help atau kata lain dalam bahasa indonesianya, tolong, Terima kasih, Bolehkah saya mau …?; Dimana …?; Arahkan ke …; Apa warnanya ?; Itu ...; Saya suka …; Saya tidak suka ...

Apa pun pendekatan Anda, hal terpenting adalah belajarnya dengan bersantai, bersenang-senang, sehingga akan menjadikan belajar bahasa Inggris buah hati anda menajdi sebagai pengalaman yang menyenangkan.

1 Komentar untuk "Cara Mengajar Anak Berbahasa Inggris Dirumah"

guest28011 mengatakan...

Terimakasih informasinya...

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel