Kekasaran Permukaan JIS B0601 (1994) dan JIS B 0031 (1994)

Assalamualaikum Wr. Wb.


Selamat malam para blogger semua. Semoga kita selalu menjadi manusia yang rendah diri dan selalu ikhlas dalam berbuat sesuatu ke sesama umat Nabi Muhammad SAW. Amin

Pada dasarnya kekasaran permukaan merupakan hal yang dibutuhkan dalam dunia industri karena dijadikan sebagai acuan dalam menentukan keberterimaan suatu produk. Saya ambil contoh, jika kita ingin menempatkan sebuah bearing pada sebuah shaft, maka pastikan area shaft yang akan kita proses machining tersebut harus benar-benar masuk kedalam standard yang ada. Jika tidak atau lebih kasar dari yang diijinkan, kemungkinan bearing tersebut akan cepat rusak atau lain sebagainya.

Dalam hal effisiensi juga kekasaran permukaan sangat berpengaruh sekali. Sebuah pompa yang memiliki ruang volute dengan nilai kekasaran permukaan yang kecil, maka akan semakin tinggi effisiensi pompa yang didapat. Sehingga pada akhirnya akan berpengaruh terhadap penggunaan daya perjam yang digunakan atau KWh akan lebih murah.


Kategori Kekasaran Permukaan

Kekasaran permukaan pada dasarnya dibagi kedalam 3 kategori. Ra, Ry dan Rz.

Ra atau Roughness average of the R-curve adalah Nilai kekasaran rata-rata dari suatu permukaan dengan panjang tertentu. Dalam hal ini adalah nilai dari sumbu X terhadap nilai rata-rata (tengah) dari puncak kurva hasil pengukuran.



Ry adalah nilai kekasaran permukaan yang didapat dari penjumlahan dari nilai ketinggian maksimum sebuah puncak terhadap nilai kedalaman maksimum sebuah lembah atau dalam kasus ini kita anggap Rp tinggi maksimum puncak dan Rv kedalaman maksimum lembah. Sehingga rumusnya menjadi Ry = Rp+Rv.


RZ adalah nilai kekasaran permukaan yang didapat dari nilai rata-rata dari lima puncak tertinggi dan lima lembah terendah. Maksudnya disini adalah total penjumlahan dari 5 buah puncak tertinggi ditambah dengan total penjumlahan 5 buah lembah terendah di bagi 5.

Untuk lebih mudah dalam pemahamannya saya akan memberikan rumusan. Anggap Yp adalah Tinggi puncak dan Yv adalah kedalaman lembah. Sehingga rumus yang didapat akan seperti ini :

Rz=(Yp1+Yp2+Yp3+Yp4+Yp5) + (Yv1+Yv2+Yv3+Yv4+Yv5)

                                             5



Belum ada Komentar untuk "Kekasaran Permukaan JIS B0601 (1994) dan JIS B 0031 (1994)"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel