Postingan Terbaru

Cara Mengajar Anak Berbahasa Inggris Dirumah

11 Cara Merawat Kulit Tanpa Produk Bantuan

Assalamuallaikum Wr. Wb.

Selamat malam para blogger semua. Semoga selalu diberikan oleh Allah SWT. Amin.
Baik di dalam industri kecantikan maupun media sosial, pasti kita sering menemukan banyak iklan iklan yang menawarkan berbagai macam produk kecantikan. Faktanya, mereka akan berlomba lomba dalam memaerkan sebuah produk yang sudah mereka beli dengan brand brand tertentu melalui media sosial yang mereka miliki.
Tapi pada dasarnya pembelian produk tersebut hanya memiliki satu tujuan. Yaitu agar kulit si pengguna sesuai dengan yang diharapkan dan diiklankan oleh produk tersebut. Namun produk tersebut tidak juga serta merta menyelesaikan semua permasalahan pada kulit kita. Apakah cara pemakaian yang belum benar hingga memang khasiat atau efek yang diberikan produk tersebut tidak memuaskan.

Berikut adalah cara lain yang sederhana yang bisa anda terapkan dalam merawat kulit Anda.


1. Batasi waktu Anda di bawah sinar matahari
Diperkirakan 90 persen penuaan kulit disebabkan oleh matahari, khususnya untuk orang-orang dengan kulit yang lebih terang. Dan belum lagi risiko kanker kulit yang mungkin diterima. Sehingga sebaiknya adalah membatasi paparan sinar matahari secara langsung terhadap kulit anda dengan cara mencari tempat berteduh saat berada dibawah sinar matahari.
Lindungi juga mata anda secara benar, tidak berarti bahwa dengan meyipitkan mata maka anda dapat dengan benar melindungi mata anda. Pada dasarnya menyipitkan mata tidak benar-benar melindungi mata Anda dari sinar matahari bahkan jika Anda terus melakukannya dan diikuti dengan sesekali mengintip mungkin akan berakibat pada terdapatnya garis dan kerutan yang lebih banyak di sekitar mata dan area dahi Anda.

2. Tidur di atas sarung bantal sutra atau satin
Jarang orang mengetahui bahwa saat kita tidur juga bisa menyebabkan kerutan terjadi khususnya dibagian wajah. Saat anda tidur dengan posisi miring maupun terlungkup maka area pada wajah anda secara tidak sengaja akan bergesekan dengan sarung bantal selama masa tidur. Ini merupakan penyebab lain yang bisa membuat keriput pada kulit anda.
Namun jika Anda tidur di atas sarung bantal sutra, maka efek yang ditimbulkan dari kain itu akan membuat kulit Anda "tergelincir," dimana dapat meminimalkan kemungkinan timbulnya kerutan. Juga bagus untuk mencegah rambut keriting.

3. Minumlah air
Walaupun air minum tidak secara langsung melembabkan kulit, ia membantu semua sistem tubuh berfungsi lebih baik.
Ini membantu hati dalam menghilangkan racun dari tubuh, mengurangi bengkak, membantu fungsi ginjal (yang pada gilirannya membantu lingkaran hitam pada maa tampak lebih terang) dan bahkan dapat membantu kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim.
Dengan memeriksa warna kencing, maka kita akan mengetahui apakah hari ini kita cukup minum atau tidak. Jika warnanya kuning tua, sudah waktunya untuk minum. Warna limun adalah tujuannya.

4. Memilih gula
Terkadang kulit membutuhkan waktu dalam memberikan efek terhadap asupan yang sudah kita berikan ke dalam tubuh minggu lalu. Jika sumber energi Anda ditambahkan gula dan karbohidrat olahan, mungkin anda akan mulai melihat efeknya pada kulit Anda.
Namun, terlalu banyak penambahan asupan tersebut akan membuat tubuh dan kulit menjadi tegang. Terlalu banyak asam dapat menghilangkan pelindung kulit Anda, seperti halnya terlalu banyak gula dapat menyebabkan lonjakan insulin (hormon yang diproduksi oleh pankreas yang mengatur jumlah gula dalam darah) dan peradangan.
Proses ini menghasilkan enzim yang menempel pada serat kolagen yang memecahnya dan menyebabkannya kehilangan kekuatan dan fleksibilitas.
Jika Anda memperhatikan kulit Anda menjadi lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari, hilangnya elastisitas, produksi jerawat dan lebih banyak terjadi kerutan dan garis, periksa sendiri, asupan apa yang anda berikan untuk tubuh anda dalam beberapa minggu sebelumnya.
Studi menunjukkan bahwa jerawat  dapat menjadi lebih baik atau lebih buruk tergantung dari apa yang anda makan. Sehingga itu kemungkinan besar berhubungan dengan pola hidur bagi kalian yang sedang melakukan prgram diet.
Lonjakan insulin dapat membuat over pada kelenjar minyak Anda, seperti menciptakan tempat berkembang biak bagi jerawat. Untungnya, ada beberapa produk untuk mengatasi itu.

5. Jangan memecahkan jerawat dan tidak menyentuh wajah Anda
Meskipun tergoda untuk memecahkan jerawat, Pada dasarnya anda dapat membuat kerusakan yang lebih lama pada kulit anda dibandingkan dengan nilai kepuasan yang instan saat memecahkannya. Pertama, ada jenis jerawat yang disebut acne mechanica, yang disebabkan oleh gesekan dari menyentuh wajah dan mendorong minyak dan bakteri kembali ke pori-pori.
Kedua, saat memecahkan jerawat tersebut dapat menyebabkan bekas luka atau bercak coklat yang disebut hiperpigmentasi paska inflamasi. Anda mungkin lebih suka menangani bekas luka karena jerawat, tetapi ini bukan skenario atau skenario. Anda bisa hidup tanpa keduanya.

6. Mandilah dan basuh wajah Anda dengan air hangat (tidak panas)
Minyak di kulit kita memiliki konsistensi seperti lilin dan dengan menggunakan air panas untuk mencuci wajah atau mandi itu seperti “melelehkan” minyak yang melucuti kulit anda dari kelembaban yang sangat dibutuhkan.

7. Cuci kuas makeup Anda
Selain proses makeup yang lama, tentu saja, bakteri, minyak, debu dan keringat menumpuk di kuas makeup anda. Jika tidak dibersihkan secara teratur maka semua sampah itu pada dasarnya dioleskan kembali di sekitar wajah Anda setiap anda makeup. Ini dapat menyebabkan peradangan, pori-pori yang tersumbat dan jerawat.

8. Temukan cara untuk mengelola stres
Ketika kita stres atau cemas, tubuh kita melepaskan hormon yang disebut kortisol. Hormon ini mengaktifkan respons pelarian atau melawan (baik) Tetapi stres yang berkelanjutan dapat membuat respons ini menjadi berlebihan (buruk).
Khusus untuk kulit kita, peningkatan kadar kortisol dapat menyebabkan kita kehilangan kilauan pada kulit dan dapat mengurangi kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembaban serta mendorong produksi minyak secara berlebih.
Kortisol tingkat tinggi
Menyebabkan kulit kering dan kelabu, terlihat kusam
menyebabkan peningkatan produksi minyak, yang dapat menyebabkan jerawat
kerutan dini dan pengembangan garis
kemerahan dan peradangan
Memperburuk kondisi kulit seperti rosacea, eksim dan psoriasis
Saat anda merasa cemas atau khawatir, biasanya terlihat kemerahan atau bengkak di wajah Anda. Ini adalah hasil dari peningkatan aliran darah, seperti pembuluh darah yang melebar tepat di bawah permukaan kulit Anda.

9. Berolahraga
Kita semua tahu bahwa berkeringat sangat baik untuk seluruh tubuh, juga memiliki beberapa manfaat kulit.
Ketika kita bergerak, kita mengedarkan darah kita yang membawa oksigen dan nutrisi ke semua sel kita. Ini  dapat membantu kulit kita untuk memperbaiki dirinya sendiri dengan lebih cepat.
Manfaat lain dari berolahraga adalah membantu mengurangi stres dan pada gilirannya, mengurangi kadar kortisol.

10. Hindari berada di sekitar asap rokok
Ketika tembakau dipanaskan melalui rokok atau bahkan vaping, maka pada dasarnya tembakau akan melepaskan radikal bebas yang merusak DNA pada sel-sel kulit. Ini akan menghasilkan pemecahan kolagen dan elastin.
Ini juga dapat menyempitkan pembuluh darah yang menguras kulit dari oksigen, vitamin dan nutrisi yang sangat dibutuhkan. Ketika kepulan asap beracun dihembuskan, dan itu mengenai kulit wajah anda maka pada dasarnya dapat menyebabkan komedo, terutama di sekitar mulut dan daerah pipi.
Seiring waktu, ini menyebabkan penuaan yang cepat, dehidrasi, lingkaran hitam, pembuluh darah yang pecah dan kulit yang tampak kusam secara keseluruhan. Studi juga menunjukkan bahwa perokok sembuh lebih lambat daripada bukan perokok. Itu berarti ketika Anda mendapatkan jerawat, butuh waktu lebih lama untuk sembuh yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi pasca inflamasi.

11. Tidur
Pada kenyataannya saat kita tidur, maka tubuh kita menyembuhkan dan meregenerasi sel.
Tidur mengurangi hormon stres kortisol yang menyebabkan perubahan warna kulit, penipisan kulit dan stretch mark. Untuk hal lain, tidur juga dapat meningkatkan hormon tidur melatonin yang bertindak sebagai antioksidan untuk melawan garis-garis halus, keriput dan kanker kulit.

Salam hormat,
Penulis

0 Response to "11 Cara Merawat Kulit Tanpa Produk Bantuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel