3 Cara Agar Akun Youtube Aman

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam para blogger semua. Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin.

Selama beberapa bulan terakhir kita telah melihat peningkatan pembajakan untuk beberapa akun pada saluran YouTube. Jika kita perhatikan keamanan akun yang kita miliki pada dasarnya bisa kita tingkatkan dengan beberapa langkah atau sama sekali tidak kita hiraukan dan pada akhirnya bisa menjadi target untuk dibajak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.


Adapun hal hal yang bisa kita lakukan untuk memastikan akun youtube kita dalam keadaan aman antara lain :

1. Buat kata sandi yang kuat dan jangan pernah membagikan atau menggunakannya kembali di situs lain.
Kata sandi yang aman dan informasi pemulihan yang diperbarui bisa seperti menambahkan nomor telepon Anda ke Akun Google Anda dimana dapat membantu melindunginya. Selain itu, jangan pernah memasukkan informasi kata sandi Anda pada halaman apa pun selain akun google.com karena itu salah satu cara kata sandi kita bisa dicuri. Jika Anda bekerja dengan tim, jangan pernah bagikan kata sandi Anda juga kepada anggota team.

2. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah di akun Google Anda untuk perlindungan tambahan selain memantau siapa yang memiliki akses ke akun Anda.
Ini jauh lebih mudah daripada yang Anda pikirkan, terutama bagi seseorang yang ingin mencuri kata sandi Anda baik melalui phishing, malware, pelanggaran data dan banyak lagi. 
Menambahkan Verifikasi 2 Langkah berarti Anda akan melindungi akun Anda dengan kata sandi dan informasi tambahan seperti konfirmasi pada ponsel Anda atau perangkat fisik seperti kunci keamanan untuk mengonfirmasi itu benar-benar Anda yang sedang mengakses.

Agar akun Anda bisa seaman mungkin, Anda harus memastikan semua akun Google yang ingin mengakses ke saluran Anda wajib melewati Verifikasi 2 Langkah. Ini termasuk semua orang yang terdaftar di bawah bagian izin saluran di pengaturan Anda. Juga pertimbangkan untuk menggunakan Program Perlindungan Lanjutan dalam hal tingkat keamanan ekstra.

3. Tetap waspada terhadap penipuan phishing dan malware.
Mengetahui apa yang harus dicari berarti Anda bisa mendahului potensi penipuan. Carilah email yang meminta informasi login akun Anda. Jika Anda menduga email yang mungkin merupakan penipuan phishing atau malware, jangan klik tautan apa pun sebelum memverifikasi apakah itu benar. Pastikan alamat email dan nama pengirim cocok dan cari semua unduhan atau lampiran, terutama yang sangat besar atau jalankan program bantuan di komputer Anda. 
Ini bisa berupa malware yang ketika diunduh dapat menyebabkan kerusakan besar pada data dan komputer atau dapat digunakan untuk mendapatkan akses tidak sah ke jaringan Anda.

Dengan 3 hal tersebut diatas semoga kita bisa menjaga secara baik keamanan akun yang kita miliki. Amin


Salam hormat,
Penulis

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Agar Akun Youtube Aman"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel