Cara Untuk Keluar Dari Rasa Ngantuk Saat Bekerja


Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi para pembacara semua. Semoga selalu dalam keadaan sehat dan dimudahkan rejekinya. Amin

Jika Anda merasa mengantuk sepanjang hari, tubuh Anda mungkin mencoba memberi tahu sesuatu. Tidur sangat penting untuk kehidupan yang sehat. Menurut National Sleep Foundation, wanita berusia antara 30-60 rata-rata kurang dari tujuh jam tidur per malam. Berbagai macam masalah mencegah wanita tidur cukup lama atau tidur nyenyak. Menstruasi, kehamilan, kekhawatiran terhadap anak-anak, stres kerja, kecemasan hubungan dan masalah kesehatan lainnya semuanya dapat berkontribusi pada masalah tidur umum bagi wanita. 
Bahkan ketika wanita mendapatkan istirahat malam yang cukup, banyak dari mereka merasa mengantuk sepanjang hari, terutama di sore hari. Mengapa ini terjadi dan apakah itu tidak sehat?


Berbicara secara statistik
Ketika tiba saatnya tidur, National Sleep Foundation mencatat bahwa 43% orang Amerika tidur pada waktu di siang hari. Tidak mengherankan, beberapa dari orang-orang ini mengaku tidur di tempat kerja. Sementara di budaya lain, tidur siang dianggap sebagai bagian alami, sedangkan di Amerika Serikat, masih sering dipandang negatif. Di negara-negara di mana tidur siang terjadi setidaknya tiga kali seminggu, ada penurunan 37% pada penyakit jantung, sebagaimana dinyatakan oleh sebuah studi yang dibahas dalam Archives of Internal Medicine.

Apa yang menyebabkan kita merasa mengantuk di siang hari?
Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat berkontribusi pada keinginan untuk tidur siang maupun sore antara lain :

* Tidak Cukup / Terlalu Banyak Tidur
Bangun merasa lelah atau tegang adalah gejala terlalu sedikit tidur. Kehilangan waktu tidur yang parah bisa memengaruhi seseorang yang sama seriusnya dengan alkohol yang dapat merusak mental, mempersingkat waktu reaksi, meningkatkan kemarahan dan menciptakan kesulitan dalam hal kinerja fisik.
Namun merasa lelah saat bangun juga bisa jadi akibat terlalu banyak tidur. Orang-orang yang tidur lebih dari delapan jam per malam rata-rata tidak memiliki masa hidup selama mereka yang tidur nyenyak delapan jam per malam (menurut National Sleep Foundation).

* Tidur Buruk
Gelisah, berputar, khawatir dan masalah fisik semuanya dapat berkontribusi pada tidur malam yang buruk.

* Berlebihan karena Kafein dan Gula
Sementara kafein dan gula bisa memberikan peningkatan energi yang cepat, mereka menghasilkan kelelahan ketika tubuh dalam kondisi drop.

* Kebosanan
Menurut sebuah jajak pendapat oleh salah satu badan, satu dari tiga pekerja bosan dengan pekerjaannya saat ini.

* Kurangnya Aktivitas Fisik
Duduk di meja atau di depan komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan kelelahan yang hebat.

* Kebiasaan Makan Tidak Teratur
Makan makanan sehat secara teratur membantu menjaga metabolisme dalam tubuh dan tingkat energi tetap tinggi.

* Kebiasaan
Jika tubuh terbiasa tidur siang,  maka itu akan dirasakan saat siang hari berikutnya disetiap hari.

* Stres
Stres akan membuat seseorang tidak tidur nyenyak di malam hari dan pada waktu yang sama menyebabkan orang ingin tidur di siang hari sebagai pelepasan tubuh sesaat dari stres.

* Tidak Minum Air Yang Cukup
Kurangnya asupan air didalam tubuh akan membuat kita merasa ngantuk, maka dari itu perbanyaklah minum air putih guna mengantisipasi ngantuk dan sekaligus menyehatkan.

Bagaimana Kita Mengatasi Rasa Kantuk Di Siang Hari?


Ada perubahan gaya hidup yang secara otomatis dapat memengaruhi perasaan Anda di siang hari, baik rasa mengantuk atau berenergi.
Meskipun tidak selalu negatif untuk tidur siang di siang hari, namun mungkin bagi Anda ada beberapa hari di mana itu tidak mungkin dilakukan karena suatu hal. Jadi, pada hari-hari yang tidak memungkinkan itu pertimbangkan beberapa strategi berikut untuk tetap terjaga dan waspada.

* Tidur cukup di malam hari.
Untuk orang dewasa, rata-rata tujuh hingga delapan jam tidur per malam sangat ideal.

* Makan sianglah dengan makanlah kombinasi karbohidrat sehat dan makanan tinggi protein.
Makanan yang diisi dengan karbohidrat memiliki efek yang sama pada tubuh nantinya seperti gula dan kafein.

* Lakukan dulu bagian paling membosankan dari pekerjaan Anda di pagi hari, jika memungkinkan.
Menunda pekerjaan yang membosankan sampai sore pasti akan menghasilkan keinginan tidur siang. Pertemuan sore adalah yang terbaik ketika ada energi tinggi serta kreativitas yang terlibat.

* Berolahraga atau setidaknya berjalan di waktu tengah hari.
Olahraga membuat darah mengalir dan otak bekerja. Ini juga merupakan positif kesehatan secara keseluruhan untuk setiap orang. Berolahraga di siang hari memungkinkan kebanyakan orang tidur lebih nyenyak di malam hari.

* Makan teratur sepanjang hari.
Sangat sulit bagi tubuh untuk mengejar ketinggalan asupan di sore hari jika hanya satu kali makan yang dimakan.

* Atasi stres melalui olahraga dan / atau meditasi.
Seringkali ketika seseorang merasa lelah karena stres, meditasi tidak hanya membantu menghilangkan stres tetapi juga menyegarkan tubuh.

* Minumlah banyak air sepanjang hari.
Kareana air menyegarkan, maka air dapat menyegarkan tubuh yang lelah.

Jadi ... Apakah Buruk Tidur Siang di Siang Hari?
Seperti yang dinyatakan sebelumnya, tampaknya benar-benar positif untuk tidur siang seperti mencegah gejala penyakit jantung. Namun di negeri Paman Sam sendiri sayangnya tidak selalu memberikan waktu untuk tidur siang, apatah lagi yang namanya mempromosikan buat orang yang tidur singa.hmmmmmm....
Namun, jika ada kesempatan untuk tidur siang dan seseorang merasa lelah, sepertinya tidak ada alasan untuk tidak beristirahat.

Ketika ada waktu terbatas untuk tidur siang, tidur siang listrik (sementara) sangat ideal. Biasanya, itu dapat dicapai bahkan saat duduk di kursi. Waktu dari power nap sekitar 15-20 menit, meskipun bervariasi tergantung orang. Beberapa orang dapat menutup mata mereka selama 10 menit dan bangun dengan sangat segar. Orang lain harus mengatur alarm agar mereka tidak tidur lebih dari 20 menit. Kunci tidur siang yang kuat adalah bisa rileks segera dan dalam. Bagi kebanyakan orang, ini membutuhkan latihan. 

Selalu hindari kafein atau stimulan lain satu jam sebelum tidur siang. Musik latar dapat membantu mempercepat proses relaksasi. Tidur siang sekitar 2 malam di sore hari dapat memberi energi pada seseorang untuk mendapatkan banyak hal di kemudian hari.

Merasa Mengantuk Sepanjang Waktu
Ketika seseorang mengantuk sepanjang waktu, mungkin ada masalah yang lebih serius yang dialami, maka ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter. Kualitas tidur di malam hari secara langsung mempengaruhi perasaan seseorang sepanjang hari.
Insomnia sering terjadi di Amerika Serikat. Menurut National Sleep Foundation, 50% orang dewasa A.S. mengalami insomnia. Insomnia mungkin berhubungan dengan stres, masalah fisik seperti sleep apnea (ketika seseorang berhenti bernapas saat tidur), berjalan dalam tidur, sindrom kaki gelisah atau teror malam hari. Kemungkinan lain adalah depresi yang mungkin bisa terjadi.

Strategi untuk Tidur Yang Lebih Baik
Ketika mengalami masalah tidur, maka ada baiknya untuk mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:
1. Hindari kafein dan gula beberapa jam terakhir sebelum tidur.
2. Tetapkan waktu tidur dan rutinitas yang teratur. Tidur di waktu yang hampir sama setiap malam memungkinkan tubuh untuk mengembangkan rutinitas dan kemudian mengharapkan tidur.
3. Berolahraga secara teratur tetapi hindari olahraga dalam waktu dua jam sebelum tidur.
4. Tidurlah di lingkungan yang damai dan nyaman dengan sedikit atau tanpa pencahayaan dan tingkat kebisingan yang rendah. Tertidur saat menonton televisi atau mendengarkan musik keras adalah tidak sehat dan harus dihindari selama proses tidur.

Dengan mengikuti saran di atas, pola tidur yang sehat akan menghasilkan hidup yang lebih sehat dan lebih bahagia. Tidur siang tentunya bisa menjadi bagian dari pola itu dan tampaknya bermanfaat dalam jangka pendek maupun panjang. Seperti halnya semua masalah kesehatan lainnya, kombinasi diet seimbang, jumlah tidur yang tepat dan olahraga sangat ideal untuk semua orang.


Salam hormat,
Penulis

Belum ada Komentar untuk "Cara Untuk Keluar Dari Rasa Ngantuk Saat Bekerja"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel