Biaya Pemasangan Fork Double Crown Pada Sepeda

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat malam para blogger semua. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat. Amin

Postingan kali ini penulis akan berbagi pengalaman tentang apa saja yang dibutuhkan untuk mengganti fork depan sepeda bawaan pabrik yang standard ke fork double crown untuk downhill pada MTB.


Awalnya saya mengira bahwa cukup dengan membeli fork double crown saja sudah cukup dan sudah PnP terhadap sepeda standard yang ada. Namun setelah fork double crown Zoom datang, mulai lah pekerjaan dis-assembling fork lama dilakukan. Demi menghemat pengeluaran, maka saya memutuskan untuk semaksimal mungkin menggunakan spare part pada fork yang lama pada fork double crown yang baru.

Satu hal yang lumayan sulit dalam proses dis-assembly fork lama adalah saat mau melepaskan Rase crown pada fork yang lama. Saat melihat di beberapa chanel youtube yang ada, tampak nya sangat mudah dan gampang dalam melepaskan rase crown tersebut, namun kenyataannya setengah mati, karna mulai merusak si rase crown plus material dari fork tersebut ikut rusak.

Pada akhirnya lepas juga tu rase crown, kemudian nut jangkar matahari juga diperlukan untuk fork yang baru karena masih kosong melompong yang didapat dari penjual. Tapi karena hasil dari pelepasan nut jangkar matahari tersebut nantinya akan merusak bentuk dari nut jangkar matahari tersebut (meskipun bisa diperbaiki dengan palu) tapi saya memutuskan untuk mengecek kembali harganya di online. Ternyata harganya mulai dari Rp8000,- hingga Rp150,000,-

nut jangkar matahari - Neco

Bedanya pada harga Rp150,000,- namanya adalah stem lock. Memang biasanya untuk fork yang upgrade-an pada rider lebih menggunakan jenis yang satu ini (stem lock) karena kemudahan dalam pemasangan. Namun dikarenakan harganya yang lumayan mahal, maka saya memutuskan untuk tetap menggunakan jenis nut jangkar matahari dan saat itu didapat disalah satu toko sepeda seharga Rp25,000,- merk Neco.

stem lock - Neco

Selanjutnya mulai lah proses assembly dari fork double crown tersebut. Baru saya mengetes ban depan sepeda pada fork yang baru, masalah muncul kembali. Jenis hub yang ada disepeda saya tidak sesuai dengan fork yang baru tersebut alias tidak PnP. Hmmmmm....kacauuu.

Akhirnya dengan berat hati mulai lah bergeser langsung kebengkel. Karena kalau tidak begitu ada saja kekurangan yang timbul tapi tahunya tidak sekaligus. Melainkan bertahap dan tentunya makan waktu yang lama dalam proses assembly fork baru tersebut.

Setelah sampai di bengkel sepeda, mulai lah proses assembly dilakukan. Ternyata jenis fork double crown tersebut memang tidak bisa PnP terhadap hub sepeda penulis. Jenis hub yang bisa PnP adalah TA 20 atau Raze. Harga 1 set Hub dan Free hub tersebut untuk Raze sendiri saja sudah hampir Rp780,000,- hmmm....maklum jangkrik.

Namun si bengkel menawarkan solusi lain yang itu dengan hanya menambahkan adaptor pada kedua sisi fork dan mengganti Skewer yang ada menjadi lebih panjang agar dapat di kunci. Akhirnya saya pun menyetujuinya. Setelah terpasang kabel rem depan terlalu tegang dikarenakan dimensi fork yang baru lebih panjang dari sebelumnya dan dengan terpaksa harus mengganti kabel dari rem depan. Akhirnya kabel rem depan pun diganti.

Jadi kalo di list parts apa saja dan biaya dalam pemasangan fork double crown yang baru adalah sebagai berikut :

1 set nut jangkar matahari   Rp25,000,-

1 kabel rem                        Rp35,000,-

2 pcs spacer stang               Rp25,000,-

1 set adaptor TA20              Rp95,000,-

1 unit skewer merah            Rp100,000,-

Biaya pasang fork               Rp40,000,-

Total                                 Rp320,000,-

Jadi harga fork double crown sendiri Rp2,500,000,- + biaya pemasangan Rp320,000,- = Rp2,820,000,-

Nah, dari harga tersebut disini penulis sedikit mengoreksi. Yang pertama adalah untuk harga skewer depan 1 pcs sendiri sebenarnya penulis bisa dapatkan di toko online seharga Rp 20,000,- hingga Rp30,000,-. Dan yang kedua ada baiknya untuk berkunjung ke toko-toko sepeda yang lumayan besar dan tanyakan langsung apakah mereka ada fork double crown. Jika ada biasanya harga yang ditawarkan tersebut sudah termasuk jasa pemasangan. Jadi tidak ada lagi tambahan biaya apa pun alias terima beres.

 

Salam hormat,

Penulis

Belum ada Komentar untuk "Biaya Pemasangan Fork Double Crown Pada Sepeda"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel