Perbedaan Tethering, Hotspot & WIFI

Assalamualaikum Wr. Wb..



Selamat malam para blogger dunia.
Semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat. Amin.

Pernah dengar yang namanya Tethering, Hotspot dan Wifi ???
Nah kali ini penulis akan memberikan informasi terkait perbedaan maksud diatas secara singkat dan jelas.



1. Tethering
Tethering artinya menambat atau mengait.
Maksudnya adalah suatu metode dalam mengakses internet pada suatu device dengan bantuan koneksi internet dari device lain.
Contoh yang paling mudah ditemukan adalah jika kamu melakukan akses internet pada laptop atau dekstop kamu dengan menggunakan model nah itu bisa dibilang dengan kamu sudah melakukan proses tethering.
Paham kan.
Tethering bisa dilakukan dengan berbagaimacam cara seperti dengan menyambungkan perangkat HP atau Laptop kita dengan wifi, dengan bluetooth bahkan secara langsung dengan menggunakan kabel USB.
Tethering sendiri jangkauannya tidak terlalu luas dengan jumlah perangkat yang tidak banyak pula.

2. Hotspot
Pasti kamu tidak asing dengan istilah Hotspot. mungkin pada saat mendengar kata hotspot kamu langsung terpikir, Internet, HP, Kuota dan Password.
Hotspot sendiri mempunyai arti Suatu penyedia akses internet yang memberikan koneksinya tanpa sambungan kabel (wireless system) ke device lainnya seperti smartphone, dekstop, laptop dan lain sebagainya.

Contoh teman sebelah kamu tidak bisa mengakses internet, nah karena kebaikan hati mu, kamu memberikan akses internet ke temanmu dengan menggunakan kuota kamu.
Saat kamu membuka akses internet dengan mengaktifkan hotspot di HP kamu, maka teman kamu bisa mengakses internet dengan bantuan mu.
Dengan kata lain hp mu sudah menjadi penyedia akses internet untuk teman mu dan itu lah disebut hotspot. Bahkan kamu juga bisa memberikan keteman liannya juga tidak hanya 1 teman.

Area hotspot sedikit lebih luas dari tethering, radius nya bisa mencapai 30meter.

3. WIFI
Secara umum wifi adalah suatu proses pertukaran data dengan menggunakan gelombang radio (nirkabel) yang menggunakan bantuan peralatan elektronik seperti Dekstop, laptop, smartphone, tablet dll.
Saat proses pertukaran itu sendiri mewajibkan kedua device (pemberi dan penerima) harus berada dalam radius yang sudah ditentukan. Jika berada diluar radius yang ditentukan maka secara otomatis jaringan nya akan hilang.
Wifi sendiri merupakan kepanjangan dari wireless fidelity.
Beberapa fungsi wifi antara lain:
 - Menghubungkan perangkat kedalam jaringan
 - Bisa berbagi data antar perangkat
 - Bisa menjadi modem dari smartphone, dan
 - Kecepatan intenetnya lebih pesat.



Salam hormat,
Penulis

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Tethering, Hotspot & WIFI"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel