Penyebab RAM I-Phone Lebih Kencang

Assalamualaikum Wr. Wb..

Selamat malam para blogger seua. Semoga selalu diberi kesehatan. Amin.

Seiring perkembangan jaman saat ini, banyak perusahaan ponsel mengeluarkan produk produk mereka dengan menawarkan segala macam kelebihan. Apakah itu dari Ram, Camera, Ukuran, Berat, Fitur dan lain sebagainya.
Namun dalam kesempatan kali ini penulis ingin berbagi dalam pengalaman saat memainkan mobile lagend yang pada saat itu menggunakan HP Xiaomi Redmi2 yang mempunyai kapasitas RAM 1GB.


Redmi 2

Pada awalnya memang HP tersebut bisa menginstal Game mobile lagend, namun saat applikasi dibuka hp menjadi error diam tidak bisa gigerakkan. Terkadang restart sendiri.
Karena kurang yakin, maka penulis melakukan Factory reset pada Xiaomi Redmi 2 tersebut. Namun hal yang sama terjadi lagi.
Beda halnya dengan teman penulis yang juga menggunakankan HP dengan kapasitas RAM 1GB, Dia dengan gampangnya membuka dan memainkan Mobile Lagend tanpa kendala apapun.
Perbedaannya hanya pada Brand dari Hpnya. Saat itu dia menggunakan I-Phone 5.
I-Phone 5

Saat itu penulis mencari tau, pada item apa nya yang membuat I-Phone lebih baik dibandingkan HP lain meskipun memiliki ram yang sama atau diatas nya sedikit.
Akhirnya ketemu juga jawabannya kenapa HP I-Phone yang memiliki Ram kecil masih mampu menjalankan program dengan lancar dibandingkan HP Android yang lain dengan kapasitas Ram yang sama.
1. Bahasa pemprograman yang digunakan Iphone adalah Objective C sehingga tidak membutuhkan memory yang terlalu besar, sedangkan pada Android adalah JAVA yang memerlukan memory ekstra yang disebut dengan Gerbage Collector.  Walaupun Gerbage collector membantu meringankan proses aplikasi, namun jika Android digunakan untuk membuka banyak aplikasi, maka kapasitas memory akan cepat terkuras dan performa HP akan menurun.
2. Pada dasarnya data informasi yang di proses oleh android itu lebih besar dibandingkan data informasi yang diproses oleh Iphone.
3. Iphone memiliki system yang mampu menghemat penggunaan memori berkali lipat dari Android

Dengan jawaban diatas dapat disimpulkan bahwa perbedaan mendasar yang membuat Iphone lebih kencang dibandingkan Android dengan kapasitas Ram yang sama adalah Peprograman yang digunakan pada system OS nya. Yaitu antara Objective C (lebih ringan) dan JAVA (bisa dibilang lebih berat dari Objective C).
Otomatis setiap file yang diolah oleh Iphone lebih ringan dibandingkan yang diolah oleh Android.



Salam hormat,
Penulis

Belum ada Komentar untuk "Penyebab RAM I-Phone Lebih Kencang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel