Anti Karat Nox Rust R-823S

Assalamuallaikum Wr. Wb.

Selamat pagi para blogger’s dunia. Semoga selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT. Amin
Anti karat adalah salah satu bahan material yang sangat dibutuhkan dalam industri. Penggunaan nya sangat dibutuhkan guna memastikan parts yang diproduksi maupun selama proses pengiriman tidak mengalami karat. Pada dasarnya terdapat berbagai macam jenis anti karat yang ada diproduksi diseluruh dunia. Namun pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi pengalaman tentang beberapa produk anti karat yang sudah penulis lakukan proses trial sebelumnya.

Ilustrasi Parts Karat

Pada tahun 2018, kita menerima claim dari beberapa customer tentang produk yang dikirimkan mengalami karat. Claim yang datang bukan hanya dari customer selaku end user dari produk yang dijual, namun juga claim dari subkon yang membantu kita dalam proses produksi sebelum barang siap dikirimkan ke customer.

Saya persempit untuk salah satu parts yang diproduksi itu mengharuskan adanya tambahan proses pekerjaan lagi diluar, sehingga parts tanpa cat tersebut dikirim namun dilapisi dengan oli SAE10 (hanya digunakan untuk beberapa jam saja awalnya). Memang viskositas dari oli tersebut sangat encer, namun itu diputuskan karena lebih mudah dibersihkan pada saat akan dilakukan proses pekerjaan berikutnya oleh si subkon disamping itu juga, itu adalah masukan dari subkon.

Nah, hari demi hari terlihat bahwa dikarenakan viscositasnya yang encer, mengakibatkan ketidaktahanan sebagai pelindung karat terhadap parts yang dilapisinya. Terkadang baru 2 hari disimpan saja sudah terlihat mulai karat, bahkan yang lebih ekstremnya jika terkena tampias hujan 1 hari juga sudah terlihat karatnya.

Memang saat dibersihkan dengan penghilang karat akan hilang, tapi jika tidak benar dalam pembersihan karatnya maka biang karat tadi yang sebelumnya sudah ada pada parts tersebut akan timbul kembali. Meskipun sudah di lakukan pengecatan yang sebagai anti karat juga (primer).

Sampai saat ini juga kita masih menggunakankan anti karat lain dengan nama Nox Rust R-823S, namun untuk jenis parts yang lain. Saat itu kita mulai melakukan trial anti karat yang mudah di bersihkan namun kuat sebagai pelindung karat.


Nox Rust R-823S

Nox Rust R-823S adalah salah satu produk anti karat yang diproduksi di indonesia dan cocok digunakan pada mesin, roda gigi, shaft, batangan steel, kawat dll. Cara penggunaan nya juga cukup mudah yaitu dengan spray, celup maupun dikuas.

Saya mencoba ke 4 jenis brand yang berbeda dari anti karat dan dibandingkan terhadap Nox Rust R-823S. Hasil dari proses trial yang kami lakukan (methode kami sendiri) menunjukkan bahwa Nox Rust R-823S tersebut mengalami karat lebih lama dibandingkan dengan 4 produk lain yang saya uji. Oleh karana itu kita mencoba untuk mendiskusikan ke subkon, apakah mereka bisa membersihkan produk anti karat tersebut sebelum mereka melakukan proses kerja berikutnya terhadap parts yang kami kirimkan nanti.

Alhamdulilah jawaban yang diberikan nya pun datang, mereka bisa melakukan pembersihan anti karat tersebut dan sejak saat itu kami sudah mulai menggunakan Nox Rust R-823S sebagai anti karat untuk salah satu jenis parts yang kami buat.

Claim karat baik dari luar maupun dari dalam juga sudah tidak ada lagi.



Salam hormat,
Penulis

Belum ada Komentar untuk "Anti Karat Nox Rust R-823S"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel