-->

6 Manfaat Bersepeda

Assalamualaikum Wr. Wb



Selamat sore teman-teman blogger semua. Semoga selalu diberikan kesehatan dibulan syawal tahun ini. Mungkin anda masih ingat sekitar 2 tahun lalu bersepeda sangatlah booming hingga dari harganya maupun sparepart nya sangatlah tinggi. Itu dikarenakan selain efek pandemi corona yang menjadikan kita mencari alternatif berolahraga yang nyaman dan santai juga kesehatan. Selain itu juga olah raga bersepeda sangat cocok untuk semua kalangan dari yang muda hingga yang tua.








Dengan bersepeda pada dasarnya kita dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan menaikkan imun tubuh kita. Adapun beberapa manfaat dengan kita bersepeda antara lain:

1. Bersepeda dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan

Bersepeda secara rutin, terutama dengan intensitas yang tinggi, pada dasarnya dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh Anda dimana akan mendorong pengelolaan dalam hal berat badan anda.

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa selain sprint, bersepeda secara teratur dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembentukan otot untuk sementara, sehingga mungkinkan Anda untuk membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahatpun.




2. Membantu menguatkan kaki Anda

Dengan bersepeda dapat meningkatkan fungsi keseluruhan di tubuh bagian bawah dan akan memperkuat otot-otot kaki tanpa membebani sendi Anda. Ini dikhususkan pada bagian paha depan, glutes, paha belakang, dan betis Anda.

Untuk dapat membuat kaki Anda lebih kuat dan meningkatkan kinerja bersepeda Anda, cobalah melakukan latihan angkat besi, seperti squat, leg press, dan lunges. Silahkan untuk melakukannya beberapa kali dalam seminggu.




3. Bersepeda baik untuk pemula

Siapa yang tidak tahu cara bersepeda. Dari anak kecil hingga yang tua bisa mengendarai sepeda. Namun jika memang anda tidak pernah mencobanya alias tidak bisa bersepeda alternatif lain yang dapat anda tempuh adalah Degnan menggunakan speda statis yang bisa dilakukan di rumah.

Jika anda baru pulih, maka anda bisa lakukan Latihan bersepeda dengan intensitas yang rendah saja. Seiring waktu tingkat pemulihan anda sudah membaik, maka peningkatan intensitas dalam bersepeda dalat anda lakukan.




4. Dapat menurunkan kolesterol

Selalin itu juga efek yang diberikan dengan olah raga bersepeda ini adalah dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam darah. Dengan banyaknya Gerakan dan keringat yang diproduksi sehingga akan berdampat pada peningkatan imun pada tubuh dan salah satunya akan menurunkan tingkat kolesterol dalam darah.

Menurut satu review dari 300 penelitian, bersepeda dalam ruangan memiliki efek positif pada kolesterol. Maksudnya ini dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) sambil menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan trigliserida.




5. Bersepeda meningkatkan kesehatan mental dan kekuatan otak

Bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi, atau kecemasan. Dengan bersepeda akan memberikan peningkatan tingkat focus anda pada jalan yang sedang dilalui serta dengan mendengarkan lantunan lagu selama bersepeda maka dapat juga mengembangkan konsentrasi dan kesadaran anda.

Penelitian menunjukkan bahwa dengan bersepeda di luar dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kesejahteraan untuk orang dewasa yang lebih tua.

Jika Anda merasa lesu atau seperti merasakan otak Anda bergerak lambat, coba untuk lakukan bersepeda setidaknya sleama 10 menit dan setelah itu rasakan manfaatnya.

Olahraga dapat membantu pelepasan endorfin dalam tubuh Anda, yang membantu Anda merasa lebih baik dan juga dapat menurunkan tingkat stres yang anda alami.




6. Bersepeda dapat membantu penderita kanker

Bersepeda adalah salah satu alternatif yang bisa anda lakukan jika anda menderita atau sedang memulihkan diri dari kanker. Namun, banyak pula pasien kanker mengalami energi yang rendah dan rasa sakit selama perawatan, jadi hal yang bisa ditempuh adalah untuk bekerjasama dengan tim perawatan Anda, mungkin sepeda statis bisa jadi pilihan yang bisa diambil.

Bersepeda juga dapat membantu Anda tetap bugar, yang dapat mengurangi risiko jenis kanker tertentu, termasuk kanker payudara.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " 6 Manfaat Bersepeda "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel