-->

Sahabat Pena

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat sore teman-teman semua. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin

Mungkin anda pernah tahu beberapa belas atau puluh tahun yang lalu dengan namanya Sahabat Pena. Hahahahah… Kalau diingat istilah tersebut ingin rasanya kembali ke Zaman itu lagi. Masa-masa yang indah, bebas bermain dan bersenda gurau.

Namun apakah dari anda tahu sebenarnya ap aitu sahabat pena sendiri?



Pengertian

Sahabat pena adalah kelompok orang yang saling bertukar surat dengan orang lain yang mana orang tersebut belum pernah ia temui sebelumnya. Memang sedikit aneh sih, namun pada masanya hal tersebut sangat trendi dilakukan oleh orang-orang pada masa itu.

Kegiatan yang dilakukan dalam pengiriman surat menyurat tersebut adalah dengan menggunakan pengiriman POS. Awal mula sahabat pena dikenalkan biasanya di bangku sekolah SD. Kita akan diberikan minimal nama dan alamat orang lain yang bersekolah di suatu tempat atau propinsi. Nah kegiatan yang dilakukan dalam menulis surat tersebut adalah memperkenalkan diri, memberikan informasi apa saya yang sekiranya dipandang perlu oleh si penerima disana dan lain sebagainya.


Sesaat surat tersebut dikirimkan ke orang tersebut, maka kita tinggal menunggu surat balasan dari si penerima awal surat kita atau dari sahabat pena kita tersebut. Biasanya saat menerima surat tersebut kita akan merasa bangga karena telah menerima surat dari sahabat pena yang kita miliki tersebut.


Tujuan

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk membangun hubungan dengan orang lain melalui surat menyurat. Biasa nya ditujukan kepada orang yang berbeda wilayah/ daerah dari kita agar kita mengetahui budaya dan lain sebagainya dari sahabat pena kita tersebut. Bahkan tak sampai disitu ada juga beberapa sahabat pena yang memiliki teman hingga ke luar negeri.

Akhirnya

Sahabat pena sama seperti beberapa aktifitas lainnya yang memiliki konsistenitas kegiatan yang tidak terlalu lama. Pada akhirnya hal tersebut ditinggalkan begitu saja oleh para pelaku sahabat pena tersebut. Karena kegiatan tersebut biasanya dilakukan atas dasar salah satu mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia.

Namun kini kegitan tersebut bisa dibilang sudah sangat jarang dilakukan karena sudah diganti dengan media sosial. Dengan media sosial kita juga bisa berinteraksi dengan beberapa orang yang berbeda wilayah bahkan negara yang belum kita ketahui sebelumnya.

Pada akhirnya penulis hanya bisa mengatakan bahwa INDAHNYA SAAT ITU.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sahabat Pena"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel