Apa Itu Backlink, Pengertian Dan Manfaat

 Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat malam teman-teman semua. Semoga kita selalu diberikan keberkahan dalam menjalani disetiap hariNya. Amin

Backlink



Mungkin beberapa dari anda pernah mendengar dengan Backlink dan mungkin juga baru pertama kali mendengar kata tersebut. Dalam dunia blog Backlink adalah sebuah link yang ditempatkan dalam sebuah artikel yang mana jika kita mengkliknya maka kita akan langsung diarah kan ke artikel tertentu atau alamat artikel lainnya. Bisa artikel yang ada didalam sebuah blog tersebut maupun diluar atau disebuah situs tertentu. Namun perlu anda ketahui bahwa Backlink sendiri sebenarnya terdiri dari dua jenis, DO Follow & No Follow. Namun sebelum masuk ke penjelasan tersebut kita bahas terlebih dahulu perbedaan antara backlink Internal dan backlink external.

Backlink Internal

Yang dimaksud dengan Backlink internal adalah sebuah link yang ditempatkan dalam sebuah postingan yang mana jika kita mengklik link tersebut maka kita akan diarahkan ke postingan yang lain namun masih didalam satu blog tersebut.

Backlink Eksternal

Sedangkan untuk Backlink external adalah sebuah link yang dikaitkan kedalam postingan yang kita buat, yang mana jika link tersebut di klik, maka kita akan diarahkan bisa kesebuah blog lainnya, sebuah situs, salah satu iklan maupun kesalah satu jejaring sosial.

Biasanya backlink eksternal tersebut lebih sering kita jumpai seperti jika kita ingin mendownload sesuatu dan sesaat kita mengklik download maka kita akan dialihkan ke beberapa situs entah berantah yang bukan itu tujuan utama kita.

Do Follow & No Follow

Secara umum backlink terdiri dari dua jenis, Do Follow & No Follow. Backlink Do Follow adalah backlink yang mengikuti atau lebih simple nya dimana suatu blog tersebut mengikuti secara langsung dari link yang ditautkan padanya. Sedangkan Backlink No Follow adalah tidak mengikuti atau sebuah blog yang tidak mengikuti dari link yang sudah ditautkan. Itu berarti bahwa pihak google tidak akan melakukan crawl pada postingan tersebut atau bisa juga tidak diindexs oleh google.


Bagaimana Mendapatkan Backlink

Sebelumnya saya ingin sedikit memberikan penjelasan. Begini, jika anda memiliki sebuah blog yang sedang dijalani dan saat ini mungkin visitors yang anda dapatkan masih sedikit, maka anda bisa meminta sebuah blog besar atau yang sudah memiliki visitor yang lumayan banyak (seperti budakmelayu.com) untuk menempatkan link blog anda pada salah satu postingan yang dibuatnya.

Itu berarti ada Kerjasama yang terjadi antara anda dan pemilik blog budakmelayu.com. Biasanya Kerjasama yang terjalin tersebut terdiri dari dua jenis. Yang pertama adalah Kontrak dan yang kedua adalah permanent.

Kontrak

Biasanya jika Kerjasama sudah terjalin dengan kesepakatan harga yang sudah disepakati bersama maka link blog anda akan ditempatkan pada salah satu postingan di blog milik budakmelayu.com dengan waktu tertentu. Bisa 1 minggu, 1 bulan atau beberapa bulan kedepan.

Permanent

Disini biasanya si pemilik blog dari budakmelayu.com akan melakukan ulasan baik dari isi blog yang anda ingin kerjasamakan maupun lainnya. Dan dalam ulasan dari postingan tersebut akan diselipkan backlink dari alamat blog yang anda tekuni berupa artikel placement. Sedangkan waktu yang diberikan adalah tidak terhingga alias selamanya. Biasanya jenis ini selalu terjadi antar 2 orang yang sudah mengenal baik satu sama lain, apakah itu dalam pertemanan atau lain sebagainya.


Namun pasti anda juga akan bertanya, apa yang di dapat dengan melakukan backlink terhadap salah satu blog yang memiliki jumlah visitor yang banyak? Nah, berikut adalah beberapa hal yang didapat dari melakukan kegiatan backlink.

1. Dapat membangun sebuah web maupun blog menjadi lebih terkenal

Tujuan dibuatnya sebuah blog maupun website adalah untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa yang mana nantinya usaha atau jasa yang ditawarkan tersebut mendapatkan pesanan atau order. Nah untuk itulah kita membutuhkan backlink agar usaha yang kita jalankan dapat dikenal dengan cara menempatkan link kita ke salah satu akun blog yang banyak pengunjungnya.

2.   2. Meningkatkan traffic visitor pada blog

Jika link dari blog yang kita jalani ada di salah satu postingan artikel milik orang lain yang memiliki banyak visitor, besar kemungkinan untuk visitors tersebut melakukan klik untuk mengetahui link apa yang sedang di bahas tersebut. Sehingga sesaat setelah mereka melakukan klik atas backlink tersebut, maka visitor tersebut akan diarahkan langsung ke akun blog milik kita. Otomatis nilai visitors kita juga meningkat.

3.   3. Mendapatkan visitor dalam jangka Panjang

Pada dasarnya visitor yang paling baik adalah visitor yang bersumber dari yahoo, bing, search engine google dan lain sebagainya. Visitor tersebut dapat membuat blog kita mendapatkan pengunjung dalam jangka waktu yang lama selama blog yang kita jalani masih aktif.

4.   4. Pengakuan terhadap blog

Maksudnya adalah, jika sebuah blog dengan jumlah visitors yang lumayan banyak telah memberikan link sebuah blog untuk sebagai referensi bagi para visitorsnya dalam hal baru, maka bisa dikatakan bahwa link anda tersebut sudah diakui atau bukan blog kaleng-kaleng lagi karena sebuah blog dengan jumlah visitor yang banyak juga merekomendasikan link blog anda pada postingannya. Terlebih lagi jika link tersebut adalah Do Follow dimana akan berdampak pada kemungkinan besar untuk naik peringkat menjadi page one google.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Backlink, Pengertian Dan Manfaat"

Iklan atas artikel

Middle side 1

Middle side 2

Iklan bawah artikel