Siapa yang menciptakan Upin & Ipin?

 Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat pagi teman-teman semua. Semoga selalu dalam lindunga Allah SWT dalam kegiatan sehari-hari. Amin

Sejarah Upin Ipin



Hampir sebagian besar bagi orang-orang khususnya diNegara Malaysia, Indonesia, Singapura dan Brunai Darussalam tahu ap aitu Upin Ipin.

Upin ipin adalah serial animasi anak-anak yang sangat popular yang awalnya di Malaysia dan Indonesia. Pada awalnya animasi kartun ini ditayangkan pada TV9 Malaysia dan MNCTV Indonesia tanggal 14 september 2007. Serial film kartun ini diproduksi oleh Les’ Copaque Production yang mana film animasi kartun ini memberikan pesan-pesan moral dan edukasi khususnya bagi anak-anak.

Pada awalnya animasi kartun ini diproduksi di tahun 2007 dengan tujuan untuk memberikan edukasi ke anak-anak terkait pentingnya Ramadhan. Selain itu juga ingin melihat bagaimana tanggapan dan reaksi dari masyarakan terkait animasi kartun yang satu ini.

Dengan konsep tetap memperlihatkan kehidupan tradisional masyarakat melayu khususnya di Malaysia, mereka berharap akan bisa sama seperti layaknya kartun animasi Doraemon dari Jepang yang sangat terkenal hingga saat ini yang mana dilatar belakangi oleh kehidupan di jepang sendiri. Sehingga mereka memutuskan untuk membuat episode animasi kartun tersebut selama bulan Ramadhan ditahun 2007 dan melihat tanggapan dari para penonton.

 

Software



Perangkat lunak atau software yang digunakan oleh Ketua Perancang Les' Copaque, Fuad Md. Din adalah CGI Autodesk Maya. Perangkat tersebut dipilih karena didasarkan bahwa mereka sudah memiliki pengalaman yang baik dalam penggunaannya saat membuat beberapa animasi kartun sebelumnya.

 

Alur Cerita

Upin Ipin adalah anak laki-laki kembar yang berusia belia dengan status yatim piatu yang sudah sejak bayi ditinggal meninggal oleh kedua orang tuanya dan kini tinggal bersama Kakak perempuannya yang bernaka Kak Ros dan seorang nenek yang biasa dipanggil Opah dan bertempat tinggal di kampung dengan nama Kampung Durian Runtuh.

Mereka berdua bersekolah di Tadika Mesra yang berada didalam kapung Durian Runtuh tersebut. Teman-teman mereka yang selalu bersama selama episode tersebut antara lain adalah Mei-mei, Jarjit Singh, Ehsan, Fizi, Mail dan salah satu anak perempuan pindahan dari Indonesia yang Bernama Susanti.

 

Komik



Tepatnya dibulan December 2009 pertama kalinya komik upin ipin di terbitkan dalam rentang 1 bulan sekali. Komik tersebut di terbitkan oleh Nyla Sdn Bhd. Isi dari komik tersebut salah satunya adalah cuplikan dari beberapa episode dalam animasi kartun Upin Ipin yang ada di TV.

 

Tanggapan

Ibarat seperti di siram air di tengah gurun pasir, tanggapan yang didapatkan dari masyarakat terkait animasi kartun Upin Ipin ini sangat luar biasa hingga mendapatkan penghargaan pertama sebagai Film “Animasi Terbaik” di festival film International Kuala Lumpur.

Menurut data yang ada, setidaknya pada Ramadhan 2008 di laporkan ada sekitar 1,5 juta orang menonton animasi kartun tersebut di TV9 Malaysia yang mana menempatkan Upin Ipin menjadi peringkat ke dua untuk animasi kartun dengan penonton terbanyak didunia setelah Doraemon. Yang memiliki penonton sebanyak 1,6 juta orang.

Sebagai peringkat kedua animasi kartun Malaysia yang paling popular diketahui bahwa selama tujuh minggu upin ipin ditayangkan di bioskop, setidaknya penghasilan dari film itu mencapat hingga RM6.31 Juta yang merupakan pencapaian film animasi kartun yang paling spektakuler sepanjang sejarah diMalaysia.

Tujuan Ekspor utama dari Animasi Kartun Upin Ipin ini adalah Indonesia. Tanggapan dari beberapa kritikus saat animasi kartun ini masuk keindonesia juga sangat bagus karena dalam animasi kartun ini banyak mengandung Pendidikan dan unsur Islami. Selain itu juga unsur untuk menghormati toleransi baik suku, bangsa dan agama pun sangat tinggi di animasi kartun ini terbukti dengan banyaknya watak-watak yang ada di animasi ini seperti Melayu, Hindia dan Cina.

Belum ada Komentar untuk "Siapa yang menciptakan Upin & Ipin?"

Iklan atas artikel

Middle side 1

Middle side 2

Iklan bawah artikel