Mie Lendir – Kepulauan Riau

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat malam para pembaca semua. Semoga selalu diberikan curahan rahmat dan nikmat oleh Allah SWT. Amin

Bagi orang-orang yang berasal dari Kepulauan Riau pasti tidak asing lagi dengan nama Mie Len atau Mie Lendir. Terdengar aja dengan nama yang satu itu, pasti langsung nelan air liur. Memang mie yang satu ini tidak ada tandingannya. Rasa kuah yang kaya dengan rempah membuat kita selalu teringat dimana pun kita berada.

Saat berada di Tanjung Balai Kerimun, Saya paling ingat dengan salah satu kedai kopi dengan nama “Kedai Kopi Slamat”. Letaknya di pasar Tanjung Balai Karimun yang bersebelahan dengan Masjid. Tempat itu masih sama seperti beberapa puluh tahun yang lalu saat saya masih kecil. Yang paling saya ingat adalah saat itu Papi mengajak saya untuk makan Mie Lendir disana. Rasanya sampai hari ini masih saya ingat. Rinduuuuuuu sekali dengan masa-masa saat itu. Biasanya saat saya ke Tanjung Balai bersama Papi, Maka perut pasti kenyang..Hahahahah.....I Love You Papi.

Nah singkat cerita, kemarin istri saya diminta Mami untuk membuat Mie Lendir. Nah karena istri bukan asli orang Melayu, maka dia hanya bisa mencari resep dari Mbah Google. Namun saat selesai memasak, sang istri tidak tahu, apakah rasa yang dibuatnya tersebut benar atau salah. Saat itu saya memberikan nilai 65 terhadap rasa dari Mie Lendir buatan istri. Karena kuahnya sedikit kental dan rasanya juga sedikit beda.

Namun keesokan harinya entah apa yang dilakukannya terhadap sisa kuah yang masih ada dan BOOOOMMM....nilainya berubah menjadi 95.

2 Hari kemudian saya meminta dibuatkan lagi, kali ini Subhanallah...100% sama seperti rasa yang selama ini saya terima. Spontan saya langsung keingat dengan masa kecil di kedai kopi slamat yang salah satu menu makanan nya adalah Mie Lendir.

 


Bagi teman-teman yang rindu dan ingin membuat sendiri mie lendir Kepri tersebut, berikut caranya :

Bahan

1 Bungkus Mie Lidi (direbus)

3 batang daun bawang

1 ons Touge

1 butir telur

15 Biji Cabe Rawit (yang suka pedas)

 

Bahan yang Dihaluskan

1 biji ubi jalar

2 lembar daun kencur

2 ons kacang tanah yang di gongseng

 

Cara Membuat

  1. Semua bumbu yang dihaluskan diatas, dimasak dengan air. Kira-kira 4 gelas. Lalu ditambahkan seai dan daun salam yang di geprek.
  2. Masak hingga mendidih dan jangan lupa koreksi rasa dengan menambahkan garam dan sasa untuk menambah rasa nikmat dari kuah tersebut.

 

Penyajian

  • Masukkan mie lidi dan tauge ke dalam air panas sebentar, lalu angakt dari tempatkan diatas piring
  • Kemudian berikan telur rebus yang telah dipotong 2 (kalau saya 4 telur rebus dan 1 telur matasapi) diatas mie tersebut.
  • Lalu siram dengan kuah yang sudah jadi tersebut.
  • Terakhir taburi daun sop dan bawang goreng diatas nya dan siap dinikmati.

Belum ada Komentar untuk "Mie Lendir – Kepulauan Riau"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel