-->

10 Gunung Tertinggi Di Dunia

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam para blooger semua. Semoga selalu dalam lindunganNya. Amin
Mungkin semua orang sudah mengetahui bahwa Gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Everest. Namun tahu kan anda gunung tertinggi didunia no.6 atau No.8 ? Nah itu lah salah satu tujuan penulis kali ini ingin berbagi pengetahuan tentang 10 daftar gunung tertinggi didunia yang didapat dari beberapa sumber.

1) Gunung Everest


Seperti yang sudah kami katakan, dan seperti yang Anda tahu, Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia. Puncaknya adalah 8.848 meter di atas permukaan laut, membuatnya delapan kali lebih tinggi dari gunung tertinggi di Wales (Snowdon, 1.085 meter di atas permukaan laut).
Everest terletak di perbatasan antara Nepal dan wilayah otonom Tibet. Secara resmi, pendaki Everest pertama yang berhasil adalah Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay pada tahun 1953. Diperkirakan ada lebih dari 200 mayat di Everest, semuanya sangat terawat dengan baik oleh es karena suhu yang sangat dingin.
Everest adalah bagian dari Tujuh Puncak. Tujuh Puncak adalah daftar yang terdiri dari gunung tertinggi di masing-masing dari tujuh benua di dunia. Mendaki ketujuh dari Tujuh Puncak adalah salah satu pencapaian utama dalam olahraga mendaki gunung dan menjadi kebanggaan tersendiri buat climbers.
Dalam beberapa tahun terakhir, banyak para pendaki mengunjungi gunung tersebut, sehingga terjadi kepadatan dan kemacetan lalu lintas manusia di gunung Everest. Satu foto khususnya, yang diambil oleh pendaki gunung Nirmal Purja pada tahun 2019, menggambarkan betapa buruknya masalah dengan kepadatan penduduk. Bahaya antrian di Everest yang mana banyak menyerukan 'Zona Kematian' yang menakutkan dan telah digaris bawahi oleh angka kematian rata-rata di gunung yang lebih tinggi dari rata-rata tahun lalu.

2) K2


K2 dikenal secara resmi sebagai Gunung Godwin-Austen atau Chhogori, memiliki puncak 8.611 meter di atas permukaan laut. Terletak di perbatasan antara Cina dan Pakistan dan menduduki peringkat gunung tertinggi ke-2 di dunia. Sisi gunung Cina secara luas dianggap sebagai sisi yang lebih sulit dan berbahaya, sehingga puncaknya biasanya dicoba dari sisi Pakistan.
Di belakang Annapurna, K2 memiliki tingkat kematian tertinggi kedua dari setiap gunung dengan ketinggian lebih dari 8.000 meter. Kononnya terdapat satu kematian untuk setiap empat pendakian yang berhasil. Sehingga gunung ini diberi julukan sebagai "Gunung Savage."
Pernah bertanya-tanya bagaimana rasanya mendaki K2 tanpa oksigen tambahan? Prestasi ketabahan manusia yang luar biasa ini telah ditangkap dengan gemilang dalam film dokumenter baru - Breathtaking: K2 - Gunung Paling Berbahaya di Dunia.

3) Kangchenjunga


Kangchenjunga, gunung tertinggi ketiga di dunia. Kangchenjunga adalah gunung yang mustahil untuk diucapkan saat mulut kita sedang dipenuhi dengan air. Gunung ini terletak di perbatasan antara Nepal dan India, dan memiliki ketinggian 8.586 meter.
Terletak sekitar 125 kilometer dari Everest, Kangchenjunga adalah gunung tertinggi kedua di Himalaya (dengan K2 duduk di Karakorum yang berdekatan). Hingga 1852, itu dianggap sebagai gunung tertinggi di dunia. Namun setelah beberapa perhitungan yang dilakukan kembali dengan teknologi yang modern untuk memastikan, diumumkan bahwa Everest sebenarnya adalah gunung tertinggi di dunia dan Kangchenjunga harus puas di tempat ketiga.
Ada tradisi ketika naik Kangchenjunga untuk berhenti tepat di puncak. 

Pendakian pertama yang berhasil di gunung tersebut dilakukan oleh pendaki yang bernama Joe Brown dan George Brand pada tahun 1955. Brown dan Brand, yang merupakan bagian dari ekspedisi Inggris, mereka membuat janji kepada para raja daerah yang dikenal sebagai Chogyal bahwa puncak gunung akan tetap murni selama proses pendakian mereka lakukan. Setiap pendaki sejak saat itu telah mengikuti aturan ini dengan penuh hormat hingga saat ini.

4) Lhotse


Lhotse memiliki ketinggian - 8.516 meter dari permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi keempat di dunia. Ini tetangga Gunung Everest, dan merupakan bagian dari massif Everest. Puncak Lhotse berada di perbatasan antara wilayah Khumbu Nepal dan Tibet. Pertama kali dilakukan pendakian pada tahun 1956 ketika tim Swiss terdiri dari Ernst Reiss dan Fritz Luchsinger melakukan bisnis.
Menariknya, Lhotse Middle (puncak subsidi Lhotse dengan ketinggian 8.410 meter) tidak dijumlahkan sampai tahun 2001. Middle adalah puncak delapan ribu meter terakhir yang akan dijumlahkan dan, meskipun lebih rendah dari puncak Lhotse utama, secara luas dianggap menjadi pendakian paling sulit lebih dari delapan ribu meter di dunia. Ini, sebagian besar, karena bentuk seperti menara yang mengintimidasi di bagian atasnya.

5) Makalu


Dengan ketinggian 8.485m, Makalu secara resmi menjadi gunung tertinggi kelima di dunia. Terletak 19km tenggara Everest, di perbatasan antara Nepal dan Cina, Makalu terkenal karena bentuk piramida ikonik puncaknya. Makalu pertama kali dirangkum pada tahun 1955 oleh Lionel Terray dan Jean Couzy, yang merupakan bagian dari ekspedisi Prancis.
Karena posisi gunung yang terisolir, yang membuatnya memiliki punggungan ujung pisau dan bagian bagian curam, Makalu dipandang oleh banyak orang di komunitas pendakian gunung sebagai salah satu tempat pendakian paling sulit di dunia. Tahap terakhir pendakian, khususnya, melibatkan panjat tebing dan es yang sangat sulit.

6) Cho Oyu


Cho Oyu, gunung tertinggi keenam di dunia. Satu gunung di bawah daftar ketinggian dari Makalu yang memiliki ketinggian 8.188 meter. Cho Oyu dipandang oleh banyak orang sebagai yang "paling mudah" dari pendakian gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 8.000 m karena aksesibilitasnya dan umumnya memiliki bentuk lereng yang moderat .
Cho Oyo, yang berarti "Dewi Turquoise", berdiri di perbatasan Cina-Nepal. Pendakian pertama dilakukan oleh pendaki yang berkewarganegaraan Austria Joseph Jöchler dan Herbert Tichy, serta Pasangan Dawa Lama dari Nepal, pada tahun 1954.

7) Dhaulagiri


Dengan ketinggian 8.167 meter, Dhaulagiri adalah gunung tertinggi ketujuh di dunia. Itu terletak di Nepal, dan pertama kali dirangkum pada tahun 1960 oleh upaya gabungan Swiss, Austria & Nepal.
Pada 1808, Dhaulagiri ditandai dalam buku rekor sebagai gunung tertinggi di dunia yang belum disurvei. Itu terdaftar sebagai gunung tertinggi di dunia sampai Kangchenjunga mengambil posisi teratas pada tahun 1838, setelah itu Everest secara resmi menjadi nomor satu pada tahun 1858.

8) Manaslu


Nomor delapan dalam daftar gunung tertinggi sepanjang masa adalah Manaslu. Manaslu dapat ditemukan di bagian barat-tengah Nepal, dan memiliki puncak yang terletak 8.163 m di atas permukaan laut.
Pendakian Manaslu yang sukses pertama terjadi pada tahun 1956, ketika pendaki Jepang Toshio Imanishi dan Sherpa Gyalzen Norbu dari Nepal berhasil mencapai puncak. Gunung itu, yang tertinggi di Distrik Gorkha, adalah bagian penting dari sejarah pendakian gunung Jepang.
Dengan cara yang sama bahwa beberapa orang Inggris menganggap Everest sebagai gunung mereka, pendakian Imanishi dan pendakian selanjutnya oleh petualang Jepang lainnya telah melihat Jepang mengklaim Manaslu sebagai milik mereka.

9) Nanga Parbat


Nanga Parbat adalah gunung tertinggi kesembilan di dunia. Puncaknya adalah 8.126 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di wilayah Gilgit-Baltistan Pakistan. Berada di titik paling barat Himalaya dan juga merupakan barat terjauh dari semua delapan ribu meter puncak dunia.
Pada tahun 1953, Hermann Buhl, yang merupakan bagian dari tim ekspedisi Jerman & Austria, menjadi orang pertama yang naik Nanga Parbat. Nanga Parbat adalah bukit yang terkenal berbahaya untuk didaki, dan telah diberi label "Gunung Pembunuh" oleh mereka yang berurusan dengan nama panggilan dan sejenisnya. Secara lokal, gunung ini dikenal sebagai Deo Mir. Diterjemahkan secara harfiah, ini berarti "Gunung Huge."
Salah satu icon paling menonjol dari Nanga Parbat adalah Rupal Face, yang menjulang 4.600 meter dari bawah ke atas. Wajah Rupal, yang terletak di sisi selatan gunung, sering disebut sebagai wajah gunung tertinggi di dunia.

10) Annapurna


Mengakhiri daftar 10 gunung tertinggi di dunia ini adalah Annapurna. Secara teknis Annapurna sebenarnya adalah sebuah massif di Himalaya, terdiri dari 30 gunung lebih dari 6.000 meter. Pada umumnya setiap kali kita mendengar atau mengatakan "Annapurna", sebenarnya kita mengacu pada satu-satunya gunung di massif dengan ketinggian di atas 8.000 meter (Annapurna I - 8.091 m).
Annapurna adalah satu dari beberapa gunung paling sulit dan berbahaya di dunia untuk didaki. Rasio fatalitas terhadap KTT di Annapurna, misalnya, adalah 32% yang benar-benar menakutkan. Gunung ini terletak di utara-tengah Nepal, dan pertama kali dirangkum pada tahun 1950 oleh ekspedisi Prancis yang dipimpin oleh Maurice Herzog dan Louis Lachenal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Gunung Tertinggi Di Dunia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel