Tanda Ponsel Anda Sudah di Rayapi Malware

Assalamualaikum Wr. Wb.


Selamat siang teman-teman semua. Selamat ber weekend ria bersama keluarga dan orang yang anda kasihi dan semoga Allah selalu melindungi kita semua. Amin

Apakah anda pernah mendengan kata Hacker atau Hacked ?

source : legendaryhacks.com

Hacker sendiri adalah orang yang melakukan proses peretasan suatu jaringan sedangkan Hacked sendiri adalah sudah teretas atau perangkat yang anda gunakan sudah dilakukan proses peretasan oleh seseorang.

Akhir-akhir ini kalau diperhatikan banyak sekali berita tentang beberapa pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK yang melakukan peretasan untuk beberapa data yang ada pada ponsel sikorban. Sebut saja salah satu data yang paling sering diincar adalah no.kontak yang ada dihp si korban.

Dengan dalih pembayaran yang meleset dan apalah itu, maka HP sikorban akan diretas dan diambil beberapa data yang diperlukan untuk di tindaklanjuti lebih jauh. Kita ambil saja beberapa kejadian belakangan ini. Dengan adanya tunggakan oleh si peminjam, maka ada beberapa korban yang kontaknya diretas oleh pemberi kredit tadi. Setelah mendapatkan nomor kontak dari HP sikorban, maka di pemberi kredit tadi akan melakukan pengiriman pesan keseluruh nomor kontak yang ada di HP korban yang berisikan bahwa si korban memiliki hutang sebesar sekian rupiah dan tolong diingatkan dan bla bla bla.

Nah terkadang disini sikorban merasa bingung, kenapa sampai si pemberi kredit atau oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut memiliki atau mengetahui kontak yang ada di HP nya? Terkadang ada yang bilang dari aplikasi yang diunduh sebelumnya, ada yang bilang dari akun Gmail dan ada juga yang bilang dari No. Imei yang ada di peranghat ponsel anda.

Semuanya adalah benar. Dan pada postingan kali ini saya akan membahas tanda-tanda yang terjadi jika ponsel anda sedang diretas oleh malware. Dengan mengetahui tanda-tanda tersebut, maka setidaknya anda sudah bisa melakukan action apa yang harus anda lakukan saat itu.

Berikut adalah tanda-tanda ponsel anda sudah diretas oleh seseorang:

Kapasitas pemakaian kapasitas batre yang turun secara drastic

Dalam kasus ini harap anda meyakini dahulu bahwa batre yang anda miliki adalah dalam kondisi baik sebelumnya. Setelah itu dipastikan, maka jika kapasitas batre anda menurun dengan drastis untuk satu waktu dan biasanya disertai dengan kondisi HP yang panas, maka patut anda curigai bahwa HP anda sedang bekerja namun anda tidak mengetahui.

Biasanyanya malware melakukan proses pemindaian atau juga sedang mengirimkan dokumen atau informasi dari HP anda ke server si pembajak. Jika hal tersebut anda alami, salah satu action pertama yang dilakukan adalah segera matikan koneksi semua jaringan yang terhubung di HP anda atau juga matikan HP anda. Setelah itu baru dipikirkan tindakanb berikutnya.

 

Perfoma HP yang lambat

Performa HP ditentukan dari spec HP dan aplikasi yang diinstal oleh user nya sendiri. Namun jika anda sudah mengetahui spec dan aplikasi yang terinstal di HP anda semua dan sudah dipastikan bahwa semuanya dalam koridor yang normal, maka jika anda merasa performa HP menjadi lamban, maka bisa dipastikan bahwa HP anda sedanbg di rayapi oleh malware yang sedang bekerja didalam system HP anda tersebut.

Hal ini layaknya jika HP anda membuka beberapa program sekaligus atau juga membuka program yang berat, maka sudah dipastikan performa menjadi lamban dan HP menjadi panas.

 

Panggilan keluar atau SMS dikirim dengan sendirinya

Jika suatu saat anda melihat adanya panggilan keluar atau juga SMS keluar kenomor yang tidak anda kenal, sebaiknya segera periksa tagihan pulsa anda. Bisa dibilang ini cara malware dalam melakukan kerjanya untuk menguras pulsa atau meningkatkan tagihan bulanan anda.

 

Penggunaan Kuota yang Tinggi

Jika anda tidak merasa melakukan penggunaan internet diluar batas, maka anda perlu waspada ada aplikasi lain yang sedang berjalan dan menggunakan kuota dari akun anda. Segera periksa performa HP saat itu, apa ada aplikasi yang sedang berjalan dan tidak anda kenal. Jika ada, maka segera hentikan atau matikan HP segera.

 

Adanya Aktifitas Akun Tanpa Dikenali

Maksud disini adalah, jika anda pernah mengalami mendapatkan email pemberitahuan dari google atau sms yang dikirimkan dengan isi bahwa ada perangkat lain yang ingin log in atau juga memberikan 4 digit nomor untuk berifikasi, maka bisa dipastikan ada pihak ketiga yang sedang mencoba untuk masuk kesalah satu akun yang anda miliki. Jika itu terjadi, sebaiknya jangan pernah melanjutkan perintah-perintahnya jika pun harus, maka lakukan pilihan dengan pilihan “tidak mengenal aktifitas ini” Dengan demikian secara otomatis si Google akan mengamankan akun anda.

 

Jadi sebaiknya pilah-pilih lah terlebih dahulu pada aplikasi apapun yang akan anda unduh. Pastikan aplikasi yang anda unduh tersebut bersumber dari Aplikasi atau Web yang terpercaya. Bisa aja anda mendapatkan aplikasi apapun dengan mudah di Google, namun bisa saja aplikasi yang anda unduh .apk tersebut sudah tersusupi oleh banyak malwate.

So… Bijaklah Bertindak.

Belum ada Komentar untuk "Tanda Ponsel Anda Sudah di Rayapi Malware"

Iklan atas artikel

Iklan bawah artikel