Penemu dan Pendiri Yahoo! Inc.

 Assalamualaikum Wr. Wb.


Selamat malam teman-teman semua. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan dimurahkan rejekinya. Amin

Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya Yahoo. Salah satu diantara perusahaan internet yang berskala multinasional yang masih tetap eksis hingga saat ini. Sebelum disaingi dengan beberapa pesaingnya dahulu Yahoo merupakan salah satu jaya pelayanan berbasis internet yang paling utama hingga memiliki pengunjung lebih dari 700 juta visitor per bulannya.


Namun apakah anda tahu siapa pendiri Yahoo? Jerry Yang.

Jerry Yang

Iya, Jerry Yang adalah pendiri Yahoo! Ia merupakan pria imigran asal Taiwan yang pindah ke Amerika yang mana pada awalnya hanya bisa menggunakan 1 kosa kata dalam Bahasa inggris.

Jerry Yang lahir pada tahun 1968 di Taipei dengan nama Yang Chih Yuan. Sejak berumur 10 tahun Jerry Yang sudah merantau ke San Jose California, Amerika. Awal pertama Jerry Yang menetap di amerika, ia nya menajdi bahan bully dari teman-temannya karena ketidakmampuan berbahasa inggris meskipun ibu kandungnya merupakan guru Bahasa inggris. Satu kosa kata yang dikuasainya hanya Shoes atau Sepatu.

Hampir memakan waktu 3 tahun Jerry Yang belajar Bahasa inggris hingga bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Singkat cerita Jerry Yang mengenyam Pendidikan hingga mendapatkan gelar Sarjana muda dan Master dalam waktu 4 tahun. Tak sampai disitu Jerry Yang juga melanjutkan kuliahnya ke program Doktor dengan jurusan Electrical Engineering di Stanford University.

Sejak saat itu juga Jerry Yang sangat tertarik terhadap dunia internet bersama teman seperjuangannya dalam kuliah tersebut yaitu David Filo. Tahun 1994 mereka sudah mulai dan rajin mengumpulkan bank link dengan membuat indeks-indeks dan beberapa situr favoritnya yang mana sebenarnya inilah awal mulanya untuk terbentuknya Yahoo!.

David Filo

Nama pertama yang dibuat untuk situs buatannya adalah Jerry’s Guide to the Wide Web. Namun dikarenakan terlalu Panjang sehingga mereka merubahnya menjadi Yahoo! Yang merupakan singkatan dari Yet Another Hierarchical Officious Oracle.

Awalnya situs tersebut diperuntukkan untuk dirinya sendiri, namun tak diduga ternyata ramai pengguna internet yang telah mengakses situs Yahoo! tersebut. Hal tersebut dikarenakan pada situs Yahoo! yang Jerry Yang buat tersebut menggunakan berbagai macam software dan mesin pencari dalam rangka pengoperasiannya. Awalnya kegiatan tersebut hanya memanfaatkan fasilitas dari kampusnya yaitu di Standford University, namun seiring waktu Jerry dan David mulai serius dalam menekuni usaha mereka tersebut sehingga memutuskan untuk membeli layanan pribadi dan sejak saat itulah mereka mulai mengkomersilkan Yahoo!.

Tepatnya pada bulan April 1995, Yahoo! Inc resmi didirikan.

Sejak saat itu usaha Jerry Yang tersebut mulai berkembang pesat. Hampir semua pengguna internet menggunakan situs mereka dalam banyak hal, baik berupa pencarian berita, mengirim pesan, melakukan percakapan singkat dan lain sebagainya. Tak tanggung-tanggung Jerry Yang juga telah membuka Kantor pusat Yahoo! di Sunnyvale, hingga memiliki sekitar 25 kantor cabang diseluruh dunia yang pada akhirnya mendapatkan banyak keuntungan.


Sebagai menusia bahwa Jerry Yang juga memiliki hati yang sangat besar, terbukti bahwa Jerry dan David tidak pernah lupa dari mana awal mula mereka memulainya. Sehingga pada akhirnya mereka juga menggelontorkan dana sekitar 2 Juta dollar AS ke Standford University sebagai bentuk terimakasih mereka atas berdirinya Yahoo! Inc.

Belum ada Komentar untuk "Penemu dan Pendiri Yahoo! Inc."

Iklan atas artikel

Middle side 1

Middle side 2

Iklan bawah artikel