Tips Untuk Trader Pemula

 Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat malam teman-teman semua. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan dimurahkan rejekinya. Amin

Beberapa waktu ini investasi sedang gencar diperbincangkan dimana saja. Apakah itu mulai dari jangka Panjang maupun jangka pendek. Namun dalam semua jenis investasi yang paling gencar atau heboh berita saat ini khususnya di Indonesia adalah Trading atau berinvestasi dengan cara trading apakah itu dalam jangka waktu pendek maupun lama.

Pada dasarnya hampir semua orang bisa dengan mudah untuk memulai suatu proses investasi saham dengan trading. Hal yang paling utama dibutuhkan adalah Modal. Tanpa modal berarti tidak akan bisa kita untuk melakukan trading. Namun apakah semudah itu saja dan apakah ada ilmu yang dibutuhkan untuk melakukan hal tersebut agar bisa provit?

Pada dasarnya jika seseorang pemula memutuskan untuk melakukan investasi saham dengan carab er-trading, maka seperti yang saja jelaskan diatas adalah mereka membutuhkan modal. Nah selanjutnya bagi seorang trader (sebutan bagi mereka yang melakukan trading) mereka sangat membutuhkan pengetahuan, apakah itu informasi terkait saham yang mereka beli, Bahasa candle, tren yang sedang berlangsung maupun beberapa alat bantu lainnya agar dengan modal yang kecil bisa menghasilkan provit yang sebesar-besarnya.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seorang trader pemula jika ingin memulai ber-trading agar sukses.



1. 1. Menentukan jenis saham yang ingin dibeli

Pada dasarnya terdapat banyak jenis saham yang diperdagangkan di BEI (Bursa Efek Indonesia). Saham-saham yang diperdagangkan tersebut memiliki banyak dukungan dari beberapa perusahaan yang besar dan terkenal. Nah pada posisi ini hal yang perlu anda pertimbangkan adalah saat memulai untuk membeli salah satu saham, maka sebaiknya cari tahu dulu prospek kedepannya saham tersebut. Apakah dalam 3 atau 5 bulan kedepan akan meningkat karena sesuatu hal atau tidak.

 

2. 2. Perbanyak Sabar

Perlu diketahui buat anda semua yang namanya trading ini adalah kemungkinan-kemungkinan. Maksudnya disini adalah, hal yang anda yakini jika memang terbukti maka anda akan mendapatkan profit namun sebaliknya jika tidak, maka kerugian atau penantian Panjang yang anda dapatkan. Nah sebaiknya buat anda sebagai seorang trader pemula ada baiknya anda lakukan proses trading dengan nilai yang kecil dahulu. Seiring waktu anda akan tahu atau bisa membaca prediksi-prediksi jalannya sebuah pasar saham yang anda beli apakah akan naik atau bahkan menjadi turun.

 

3. 3. Memilih sekuritas yang tepat

Buat anda yang sebagai pemula, pada awal dalam melakukan proses pembelian saham, maka disini anda membutuhkan yang namanya pialang saham. Disini anda akan dikenakan biaya untuk setiap transakasi yang ingin anda lakukan. Nah sebaiknya pilihlah pialang saham yang menawarkan biaya tersebut serendah-rendahnya namun tetap lihat dari history pialang tersebut tentunya.

Bisa diambil contoh memilih biasaya yang rendah itu sekitar 0,2% dari total pembelian saham nantinya. Sehingga tujuan untuk mendapatkan profit yang bsesar dapat terlaksana.

4  4. Mental

Sebaiknya siapkan mental dan psikologis anda jika sudah memulai dengan yang namanya investasi trading. Pada dasarnya mental maupun psikologis anda akan terganggu saat anda mendapatkan provit maupun loss. Maksudnya disini adalah, Jika anda mendapatkan provit yang bisa dikatakan lumayan besar, maka anda tidak segan-segan untuk tetap melakukan proses trading selanjutnya dengan kemungkinan tanpa informasi atau prediksi apapun yang mungkin berdampak buruk pada akhirnya. Begitu juga jika anda mengalami loss, hal yang bisa terjadi dipikiran anda adalah, anda akan melakukan trading kembali dengan memberikan modal yang baru dengan tujuan agar kekalahan sebelumnya bisa kembali. Namun hal yang anda inginkan tersebut tidak tercapai dan pada akhirnya anda akan tetap mengalami loss pada trading-trading berikutnya.

Nah hal yang bisa dilakukan disini adalah, pastikan anda menetapkan nilai stop provit & stop loss. Jangan tamak atau serakah. Lakukan perhitungan yang matang tiap kali akan memulai pembelian salah satu saham.

5.  5. Menetapkan time frame

Dalam dunia trading ini dibagi dalam 2 macam. Trading jangka pendek dan trading jangka Panjang.

Biasanya jika anda melakukan trading jangka pendek, resiko yang anda dapatkan kemungkinan besar baik provit atau loss. Sedangkan jika anda ingin melakukan trading jangka Panjang, hal yang paling penting anda perhatikan atau siapkan adalah kesabaran.

1.   7. Ikuti trend

Bagi anda seorang trader pemula, jika anda melakukan trading dengan time frame yang cepat atau biasa disebut dengan bermain scalping maka sebaiknya anda ikuti trand yang sedang terjadi apakah sedang naik atau turun. Jangan pernah melawan trand jika ingin untung

1.   8. Copy Trading

Jika anda memiliki link, chanel atau teman yang sudah pro dalam bertrading, maka anda bisa melakukan copy trad terhadap mereka. Ini berarti jika mereka melakukan pembelian sisatu saham maupun penjualan, maka dengan waktu yang sama anda akan melakukan hal yang sama terhadap akun yang anda miliki atau bisa dikatakan contek abis mereka.


Semoga dengan postingan kali ini bisa membantu anda semua sebagai trader pemula. Jaga psikologis saat anda memulai proses trading. Semoga berhasil.

Belum ada Komentar untuk "Tips Untuk Trader Pemula"

Iklan atas artikel

Middle side 1

Middle side 2

Iklan bawah artikel