Sensasi Saat Membersihkan telinga

 Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat pagi teman-teman semua. Semoga di hari sabtu ini kita selalu diberikan kesehatan dan dimurahkan rejekinya. Amin

Bisa dikatakan hamper semua orang mengetahui cara membersihkan kuping dengan menggunakan cotton bud. Kebanyakan dari mereka merasa enak saat melakukannya. Sensasi geli yang diterima saat melakukan pembersihan kotoran ditelinga memberikan kesan tersendiri bagi pengguna.

Namun bagi saya sendiri lebih senang menggunakan pembersih telinga yang memiliki bentuk seperti sendok kecil. Sensasi pada saat benda tersebut masuk ke telinga sangat enak, geli dan nyaman. Hahahahhaaa…

Namun apakah teman-teman semua tahu apa yang membuat sensasi tersebut timbul saat melakukan hal tersebut?



Penyebab

Menurut Benjamin Tweel, MD, asisten profesor otolaryngology di Icahn School of Medicine, kemungkinan itu terjadi bisa karena adanya zona erotis beberapa orang. Khususnya pada telinga memiliki sistem saraf dan ujung saraf yang memiliki bentuk lebih kompleks. Sehingga, hal tersebut juga di katakan oleh ahli otolaryngology di Johns Hopkins Medicine, Seth Pross MD, bahwa tiap oranhg akan memiliki sensasi yang berbeda jika melakukan pembersihan terhadap telinganya. Apakah itu, geli, gatal, enak, bersih dan lain sebagainya.

Selain itu juga adanya kemungkinan pada saraf vagus dengan struktur yang bercabang di sepanjang otak sampai bokong. Nah, saraf vagus bisa terstimulasi melalui telinga. Sehingga, ada saat kita melakukan hal tersebut akan timbul sensasi geli-geli yang menyenangkan.

Tweel juga menambahkan, disamping itu juga dikarenakan telinga merupakan area yang sangat jarang disentuh, sehingga saat tersentuh maka akan terjadi sensasi yang tak biasa dialami oleh seseorang.

Nah, bagaimana dengan pemakaian cotton bud untuk membersihkan telinga, apakah itu aman atau tidak dan apakah itu dianjurkan? Menurut asisten profesor THT di Weill Cornell Medical College, Maria Suurna, MD saat anda menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga, maka sebenarnya akan mengganggu proses pengeluaran kototrang itu sendiri dan perontokan alami sel kulit mati yang ada ditelinga hingga pada akhirnya menyebabkan lebih banyak kotoran telinga yang dihasilkan.

Hidrogen Peroksida

Penggunaan cotton bud sebenarnya juga malah bisa mendorong kembali kotoran ke dalam saluran telinga sehingga menyebabkan penyumbatan. Hal lain yang bisa dilakukan untuk membersihkan kotoran telinga adalah dengan menggunakan hidrogen peroksida. Caranya, gunakan satu atau dua tetes hidrogen peroksida dengan waktu sekitar 10 menit sebelum mandi. Peroksida tersebut nantinya akan mencairkan kotoran telinga sehingga bisa memudahkan kotoran telinga keluar pada saat anda sedang mandi. Namun metode tersebut bisa dilakukan sebulan sekali.

Pada dasarnya kulit di telinga yang kering juga bisa memicu produksi kotoran telinga yang berlebih. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan minyak mineral guna membantu kulit telinga tetap lembap.

Belum ada Komentar untuk "Sensasi Saat Membersihkan telinga"

Iklan atas artikel

Middle side 1

Middle side 2

Iklan bawah artikel