Pengertian Teori Konspirasi

 Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Selamat pagi teman-teman semua. Semoga kita semua selalu diberikan Kesehatan dan dijauhkan dari mara bahaya. Amin

Beberapa waktu belakangan ini sering sekali kita mendengar baik dari media sosial maupun elektronik tentang orang-orang yang berbicara “Teori Konspirasi”. Namun apakah teman-teman semua mengetahui sebenarnya apa yang dimaksud dengan Teori Konspirasi atau ap aitu Teori Konspirasi.

Nah, Pada postingan kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang apa itu pengertian dari Teori Konspirasi yang selalu di ucapkan beberapa orang melalui akun media sosial, elektronik dan lain sebagainya.

Dalam Bahasa inggris disebut juga dengan Conspiracy theory. Kata tersebut memiliki arti Teori konspirasi atau Teori persekongkolan. Teori tersebut berusaha untuk menjelaskan tentang penyebab yang paling dominan dari suatu rangkaian peristiwa (biasanya politik, sosial, budaya maupun kerahasiaan suatu Lembaga) yang mana diduga telah direncanakan secara diam-diam oleh sekelompok orang atau organisasi yang sangat berkuasa atau berpengaruh demin mencapai tujuan yang diinginkannya.

Mungkin sampai disini teman-teman sudah mengetahui tentang pengertian dari Teori Konspirasi. Atau bisa juga disebut dengan Isu yang berkembang tanpa data (yang katanya-katanya).

Teori ini biasanya dijumpai mulai dari lingkungan tempat tinggal kita, wilayah, negara bahkan seluruh dunia. Yang hebatnya teori ini tidak serta merta muncul tanpa adanya sekelompok orang atau organisasi yang telah lebih dulu menciptakan polanya.



Kelompok Teori Konspirasi

Para penganut teori ini biasanya di bagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah meraka yang akan mempercayai semuanya jika didukung dengan argumentasi, fakta dan data yang bisa diverifikasi kebenarannya.

Sedangkan untuk kelompok kedua adalah mereka yang mempercayai suatu isu tanpa ada syarat apapun, alias langsung percaya. Biasanya kelompok ini lebih menghubungkan beberapa peristiwa, kejadian dan lain sebagainya terhadap mitos, legenda, supranatural dan lain sebagainya.


Nah, sampai disini saya yakin teman-teman sudah sangat paham apa yang dimaksudkan dengan Teori Konspirasi. Sebagai contoh saya ambil tentang salah satu isu yang pernah berkembang di Indonesia dahulu, bahkan isu tersebut tersebar hingga ke daerah Kepulauan Riau. Isu tersebut adalah Kolor Ijo. Dalam hal ini, silahkan teman-teman berpendapat pada kelompok mana teman-teman berada terkait isu Kolor Ijo tersebut?

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Teori Konspirasi"

Iklan atas artikel

Middle side 1

Middle side 2

Iklan bawah artikel